Komunitas Order 66 SITH

Yuk Kita Tengok Komunitas StarWars Merayakan May 4th di Tengah Pandemi Virus Corona

522

Komunitas berbasis hobi, khususnya film, menjadi salah satu komunitas yang sangat aktif berinteraksi dan berbagi di Facebook.

Salah satunya adalah komunitas penggemar film Star Wars, yakni 501st Legion Garuda Garrison Indonesia, Order 66 S.I.T.H, dan Mando’an Bounty Hunter Tribes.

Setiap tahunnya, komunitas ini merayakan Star Wars Day pada tanggal 4 Mei, atau sering disebut dengan ‘May the 4th’ – yang diadopsi dari jargon khas Star Wars: May the Force Be with You.

501st Legion Garuda Garrison Indonesia memperingati May 4th dengan merilis video dari tiap cabang 501st Legion di seluruh dunia yang akan dikompilasi oleh tim 501st Legion pusat.

Video ini berisikan ucapan dan juga kilasan kegiatan komunitas 501st Legion di tiap negara tersebut.
Di tengah pandemi seperti ini, kegiatan offline komunitas juga dialihkan menjadi virtual conference setiap hari Jumat bersama para anggota.

Meski kunjungan ke rumah sakit anak-anak sementara ini ditiadakan demi menjaga jarak, komunitas 501st Legion tetap menggalang donasi untuk pemberian APD bagi para petugas kesehatan di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Komunitas StarWars

Komunitas Order 66 S.I.T.H. juga mengalihkan perayaan Star Wars Day ke ranah digital.
Pada tahun- tahun sebelumnya, Order 66 menyambut May 4th ini dengan mengadakan meet-up dan kompetisi costume-play.
Selain itu, kegiatan ‘nonton bareng’ juga menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan bersama anggota komunitas.
Tahun ini kondisinya sangat berbeda, Order 66 berkolaborasi dengan @America untuk mengadakan sesi live streaming yang akan mengulas tentang karakter dan film-film Star Wars.
Serupa dengan 501st, kegiatan rutin komunitas Order 66 juga diubah menjadi video conference, yang juga dihadiri oleh afiliasi komunitas di luar Indonesia, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Ekuador.

Baca Juga:  Trailer Anyar The Old Guard Membawa Charlize Theron dalam Pertempuran Penuh Aksi

 

Pertama kali didirikan pada tahun 2006, Order 66 S.I.T.H. kini telah memiliki 7.101 anggota di Facebook Group.

Edbert, perwakilan dari Order 66 S.I.T.H mengatakan bahwa dengan banyaknya jumlah anggota ini, penting bagi Admin untuk memoderasi percakapan dan anggota dengan bijak, agar percakapan di dalam grup sesuai dengan tujuan dan aturan yang disepakati.

Fitur Post Approval dan Member Approval di Group sangat membantu Admin untuk menyaring siapa saja yang ingin bergabung ke Order 66. Percakapan pun dapat kami kendalikan agar tetap kondusif dan sesuai dengan tujuan dari komunitas ini,” jelas Edbert.

Berbeda dengan komunitas Star Wars lainnya, komunitas Mando’an Bounty Hunter Tribes dibentuk secara khusus bagi penggemar karakter Boba Fett dan bangsa Mandalorian.

Uniknya, komunitas yang satu ini mengadopsi nama komunitas mereka dari tempe mendoan yang khas dengan Indonesia.

Kenapa namanya Mando’an? Ya, karena kita Indonesia, yang paling mendekati kata itu adalah tempe mendoan,

ujar Oddie, salah satu anggota sekaligus pendiri komunitas tersebut.

Selain mengadakan virtual gathering bersama penggemar Star Wars lainnya dalam rangka merayakan “May the 4th” tahun ini, Mando’an Bounty Hunter Tribes juga turut membuat konten edukasi publik mengenai COVID-19 di Facebook mereka, serta tetap terhubung dan aktif berdiskusi bersama anggota-anggota lainnya.

“Jadi, ada postingan dari beberapa member memakai kostum Mandalorian mereka sambil ngajak cuci tangan pakai masker. Kemudian, minggu ini postingannya tentang ngapain di rumah, ada yang main video games, ada yang sama kucingnya,” jelas Oddie.

Lebih lanjut, Oddie menambahkan bahwa komunitas ini kerap terlibat dalam kegiatan bakti sosial termasuk juga dalam masa Ramadan dan pandemi COVID-19.
Agar interaksi dengan sesama anggota komunitas maupun penggemar Star Wars lebih seru dan menyenangkan, gunakan serangkaian fitur Messenger edisi terbatas bertema Star Wars yang disertai dengan tema obrolan, reaksi, stiker, dan efek AR.

Baca Juga:  Amazon Studios Akan Membawa Game Fallout ke Layar Televisi dengan Bantuan Jonathan Nolan

Fitur-fitur ini merupakan hasil kerja sama Facebook dan Disney dalam mempromosikan film Star Wars: The Rise of Skywalker yang telah dirilis Desember silam.

Pada era digital dan di tengah kondisi yang sulit seperti ini, kehadiran media sosial dapat membantu seseorang atau komunitas untuk melakukan hal-hal positif, baik bagi anggotanya maupun masyarakat.

Facebook terus berupaya mewujudkan platform yang aman dan nyaman bagi komunitas di Indonesia untuk tetap terhubung dan berperan aktif dalam menciptakan interaksi yang bermakna.

Berikut beberapa foto komunitas yang diambil dari acara festival, kunjugan, atau perayaan May the 4th pada tahun-tahun sebelumnya.

501st Legion Garuda Garrison Indonesia_MayThe4th_2017

501st Legion Garuda Garrison Indonesia_MayThe4th_2017

 

Komunitas Mando'an Bounty Hunter Tribes

Komunitas Mando’an Bounty Hunter Tribes

 

Komunitas Order 66 SITH

Komunitas Order 66 SITH




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.