You & I

You and I ,merupakan film dokumenter yang memperkaya ekosistem perfilman di Indonesia

74

You & I, saat ini sudah bisa ditonton melalui bioskop online

Baca juga:Ini Dia Official Trailer Film ‘You & I’

Dalam media gathering “You & I” yang dihadiri oleh sutradara, produser dan juga perwakilan dari bioskop online disampaikan beberapa pointers yang melatar belakangi proses pembuatan film ini yaitu selain salah satu tujuan pembuatannya adalah untuk memperkaya ekosistem perfilman genre dokumenter di Indonesia, juga dikarenakan kisah yang terjalin dalam film ini, sangat relevan dengan kehidupan manusia itu sendiri. Cinta dan persahabatan terasa sangat nyata dan tertuang dalam gambar demi gambar yan tertangkap dalam kamera. Selain itu ada kedalaman konteks sejarah yang sepatutnya menjadi sesuatu yang diingat oleh manusia, sebelum selamanya terlupakan.

FANNY CHOTIMAH

Film dokumenter You and I arahan sutradara Fanny Chotimah berhasil menyabet berbagai penghargaan
dari luar dan dalam negeri. Film yang menyorot persahabatan antara Kaminah dan Kusdalini itu berhasil memenangkan penghargaan luar negeri seperti Asian Perspective Award dari 12th DMZ International
Documentary Film Festival dan terpilih mendapat Official Selection di Asian Vision dari Singapore International Film Festival 2020. Dari dalam negeri, film You and I juga memenangkan Film Dokumenter Panjang Terbaik dari Festival Film Indonesia 2020.

You & I

Kisah persahabatan yang unik dari sepasang mantan tahanan politik ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri, bahkan mampu menguras air mata penonton. Fanny Chotimah, sebagai sutradara ingin menyuarakan keadilan.

Bahwa apa yang dialami Kaminah dan Kusdalini adalah bentuk ketidakadilan, yang mungkin dialami siapa saja. Kisah mereka adalah sebuah ironi kehidupan.
Saya tidak pernah bisa membayangkan bagaimana menemukan belahan jiwa di tempat yang mengerikan, di mana tak ada seorang pun mau mengalaminya. Mereka bertemu di masa muda mereka yang gemilang di penjara dan kemudian melalui hidup dengan mimpi yang telah hancur selama lebih dari 50 tahun. Terlepas dari keyakinan politik mereka, dipenjara tanpa proses peradilan seperti yang telah mereka alami adalah bentuk ketidakadilan. Jika itu terjadi pada mereka, bukan tidak mungkin juga terjadi pada kita. Ini yang menjadi perhatian saya. Saya percaya pada keadilan dan kemanusiaan. Banyak perasaan yang tertuang dalam film dokumenter ini, termasuk rasa kehilangan di saat salah satu dari mereka pergi lebih dulu. Semua perasaan ini sangat manusiawi, dan ini adalah kami, Anda dan saya. Film ini bukan hanya tahun terakhir hubungan mereka, tetapi juga tahun terakhir kehidupan mereka,” ujar sang sutradara.

Baca Juga:  Kenali 5 Detektif Moojin Bokbu dalam Drakor Mouse

You & I

Ajeng Parameswari selaku President Digital Visinema Group menuturkan bahwa Bioskop Online sangat
mengapresiasi karya-karya anak bangsa dan menjadi wadah para sineas Indonesia untuk membagikan
karya mereka dalam berbagai format. Mulai dari film panjang, film pendek, hingga film dokumenter. Salah
satunya adalah film You and I yang sudah terbukti meraih beragam penghargaan baik di dalam negeri
maupun internasional.

Film You and I telah dirilis di aplikasi Bioskop Online, dengan tiket seharga mulai dari Rp 10.000,-. Saat ini
aplikasi Bioskop Online juga sudah bisa diunduh melalui App Store dan Google Play Store.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.