Wah, Ternyata Black Widow Menjadi Film Korban Pembajakan yang Paling Laris

168

Film Black Widow milik Marvel Studios baru-baru ini membuat prestasi yang cukup ironis dan mengkhawatirkan karena film ini menempati peringkat 1 sebagai film paling banyak dibajak di era pandemi. Hal ini terungkap ketika Torrent Freak merilis daftar film yang paling banyak dibajak minggu ini, dan Black Widow ternyata telah menduduki posisi pertama selama dua minggu berturut-turut setelah “mengalahkan” Gunpowder Milkshake dan The Tomorrow War. Meskipun berita ini tidak mengejutkan karena relevansi budaya yang sangat besar yang dimiliki Black Widow, fakta tersebut juga menyoroti salah satu masalah utama yang dimiliki film streaming di era modern ini, yaitu pembajakan.

Black Widow sebelumnya telah memecahkan rekor di box office selama pandemi COVID-19. Film ini menghasilkan $80 juta di akhir pekan pembukaannya di AS, dan juga merajai box office global. Namun sayangnya, film tersebut juga merupakan film MCU pertama yang juga dirilis secara bersamaan sebagai film akses premier berbayar di Disney+. Disney melaporkan bahwa Black Widow menghasilkan sekitar $60 juta melalui penayangan akses utamanya di saluran streaming mereka itu, yang jika benar adalah angka yang cukup mengesankan. Karena pandemi dan kehadiran streaming online, Black Widow pendapatan box office turun drastis di box office di akhir pekan kedua. Dan salah satu masalah besar yang dihadapinya adalah pembajakan, dan sekarang ada bukti bahwa sebuah film kehilangan cukup banyak uang melalui pembajakan.

Black Widow

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu masalah paling utama yang dihadapi streaming film adalah pembajakan. Alasan mengapa film streaming menghadapi masalah ini lebih langsung daripada rilis bioskop eksklusif adalah karena kualitas. Ketika sebuah film dirilis untuk streaming, jauh lebih mudah untuk menyalin film dan menyediakan versi HD dari film untuk dibajak. Film yang hanya tayang di bioskop, bagaimanapun, menghadapi risiko yang lebih rendah karena tidak ada salinan HD dari film tersebut yang artinya akan lebih mudah menghalangi potensi pembajak. Lihat saja sebagian besar film yang paling dibajak minggu ini ada atau tersedia di platform streaming.

Baca Juga:  Trailer House of Gucci Menggoda Intrik dan Skandal Keluarga Gucci

Namun sepertinya Marvel Studios tidak perlu terlalu khawatir, karena Black Widow masih menghasilkan jumlah yang mengesankan dari bioskop dan streaming, meskipun pembajakan cukup agresif. Film ini baru-baru ini melampaui $100 juta di box office AS (sejauh ini film tercepat yang melakukannya sejak pandemi), dan berjalan sangat baik di penayangan globalnya.

Kabar baiknya adalah Presiden Marvel Studios, Kevin Feige mengatakan bahwa Black Widow kemungkinan akan menjadi satu-satunya film MCU yang mencoba strategi rilis bersamaan dengan streaming. Masih ada tiga film Marvel Studios yang direncanakan untuk tahun 2021, tetapi semuanya akan dirilis secara eksklusif di bioskop.

Black Widow dibintangi oleh Scarlett Johansson sebagai pemeran Natasha Romanoff, David Harbour sebagai Red Guardian, Florence Pugh sebagai Yelena Belova, Rachel Weisz sebagai Melina dan O-T Fagbenle sebagai Rick Mason. Disutradarai oleh Cate Shortland, film ini mengambil setting setelah peristiwa Captain America: Civil War dan mendapati Natasha bergulat dengan masa lalu yang selalu ia hindari.