Twitter Menghapus Akun Palsu untuk Kampanye Misinformasi Terhadap Boikot Mulan

1645

Menurut laporan dari The Hollywood Reporter, Facebook dan Twitter mengatakan mereka telah menghapus jaringan akun palsu yang digunakan oleh China untuk menabur perselisihan politik atas protes kebrutalan anti-polisi yang dilakukan oleh kelompok pro-demokrasi Hong Kong.

Akun-akun tersebut juga digunakan untuk berbagi retorika pro-Beijing dalam menanggapi boikot yang diprakarsai Hong Kong terhadap film Mulan.

Boikot Mulan (#BoycottMulan) dimulai akhir pekan lalu setelah bintang film itu, Liu Yifei, memposting pesan dukungan di media sosial Tiongkok untuk kepolisian Hong Kong. Pos itu menyulut badai api baik di Hong Kong maupun di antara simpatisan pro-demokrasi di luar negeri, mengingat banyak tuduhan oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia internasional bahwa polisi telah menggunakan kekuatan berlebih dalam konfrontasi mereka dengan para pemrotes dan masyarakat.

Pihak Twitter mengatakan bahwa mereka menutup 936 akun provokatif, banyak di antaranya mendorong teori konspirasi tentang pengunjuk rasa Hong Kong dan motivasi mereka.

“Akun-akun ini sengaja dan secara khusus berusaha menabur perselisihan politik di Hong Kong, termasuk merusak legitimasi dan posisi politik gerakan protes di lapangan,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Twitter menambahkan bahwa ia memiliki “bukti yang dapat diandalkan untuk mendukung bahwa ini adalah operasi yang didukung oleh negara yang terkoordinasi.”

Banyak akun yang dihapus diklaim sebagai pengguna yang berbasis di Amerika Serikat, di tempat-tempat mulai dari New York dan ke kota-kota kecil seperti Berrien Springs, Mich. Beberapa akun dibuat bertahun-tahun yang lalu, dan perlahan-lahan mengumpulkan pengikut dengan men-tweet tentang tidak berbahaya budaya pop, seperti hit show NBC, This Is Us – taktik umum yang digunakan untuk menyelubungi kampanye informasi yang salah dalam kredibilitas.

Baca Juga:  Lihat Klip Behind the Scene Guardians of the Galaxy Vol. 2

Facebook juga merespons langkah Twitter tersebut dengan memblokir 16 akun yang katanya terkait dengan operasi yang sama.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.