Tujuh Kolaborasi Unik Antara Batman dan Joker

1165

Semua pencinta komik mengetahui bahwa Joker merupakan musuh Batman yang paling berbahaya. Sosok berjuluk Clown Prince of Crime ini sering membuat pahlawan kita kesulitan, dengan rencana-rencana jahatnya yang sulit ditebak. Bahkan, ia tidak segan-segan melakukan beragam tindakan nan kejam! Meski begitu, dalam beberapa situasi tertentu, kedua sosok yang bermusuhan ini ternyata pernah bekerja sama, lho. Tidak percaya? Berikut adalah beberapa contohnya.

BEKERJA SAMA MENCARI OBAT PENAWAR


Where to read: Batman: Europa
Ketika mendapati bahwa dirinya terkena virus Colossus yang berbahaya, Batman berusaha untuk menemukan obat penawarnya. Berdasarkan petunjuk yang didapat dari hacker bernama Nina, sang Caped Crusader berpetualang menjelajahi Eropa demi mencari sosok yang telah meracuninya. Uniknya, Batman tidak sendirian dalam mencari penawar, karena ia didampingi oleh pengidap virus Colossus lainnya: Joker!

MEMBONGKAR TIPUAN PENGUIN


Where to read: The Brave and the Bold #191
Tewasnya Penguin di tangan Joker, bahkan ditayangkan di televisi, membuat sang Clown Prince of Crime menjadi incaran pihak berwajib. Namun, setelah Batman menemuinya, pahlawan kita menyadari bahwa musuh bebuyutannya tidak bersalah. Lewat kerja sama mereka, terungkap bahwa Penguin ternyata masih hidup, dan ia memalsukan kematiannya untuk memfitnah Joker.

MEMBANTU MENGALAHKAN RED SKULL


Where to read: Batman & Captain America
Walaupun ia adalah seorang psikopat, tapi ternyata Joker mempunyai jiwa patriotisme yang tinggi. Dalam crossover ini, Clown Prince of Crime sangat marah setelah mendapati bahwa “rekan kerjanya” yakni Red Skull, adalah anggota Nazi. Bahkan, ia membantu Batman dan Captain America melenyapkan bom nuklir, yang hendak dijatuhkan oleh Red Skull ke Washington DC.

MEMBENTUK JUSTICE LEAGUE OF ARKHAM

Baca Juga:  Syfy Ungkap Jadwal Rilis Serial Krypton


Where to read: Justice Leagues: Justice League of Arkham
Saat semua anggota Justice League membentuk timnya sendiri, Batman dan Nightwing juga melakukan hal yang serupa. Uniknya, ia merekrut lima musuh besarnya, termasuk Joker, dan membentuk Justice League of Arkham! Bersama, mereka berhasil menghentikan sosok yang menamakan dirinya Advance Man, yang berusaha meracuni seluruh persediaan air kota Gotham.

BERTARUNG MELAWAN PUNISHER


Where to read: Punisher/Batman: Deadly Knights
Demi mengejar musuh besarnya yakni Jigsaw, Frank Castle pun datang ke Gotham City, menyebabkan terjadinya baku-tembak yang intens. Ia mendapat bantuan dari Batman, yang berhasil melumpuhkan sasarannya, sementara Punisher memburu Joker yang ikut terjun dalam peperangan. Namun, Batman muncul saat Punisher mencoba membunuh sang Clown Prince of Crime, dan memilih untuk menyelamatkan musuh bebuyutannya.

MENYELAMATKAN SANG VILLAIN DARI HUKUMAN MATI


Where to read: The Joker: Devil’s Advocate
Kematian aneh menimpa para pembeli prangko model baru, di mana para korbannya menunjukkan gejala terpapar Joker Venom. Hal tersebut jelas membuat Joker menjadi tersangka utama, bahkan pengadilan menjatuhkan hukuman mati bagi sang Clown Prince of Crime. Namun, Batman yang merasa curiga akhirnya berhasil membuktikan kalau Joker tidak bersalah, tepat sebelum sang villain menjalani eksekusi!

VERSUS THE BATMAN WHO LAUGHS


Where to read: Dark Nights: Metal
Di penghujung kisah, Batman berhadapan dengan The Batman Who Laughs, bawahan Barbatos yang berusaha menyeret multiverse ke dalam kegelapan. Meski awalnya sempat kewalahan, akhirnya Batman bisa mengalahkan lawannya yakni The Batman Who Laughs, setelah Joker datang dan membantunya. Berkat kolaborasi antara keduanya, rencana Barbatos pun bisa digagalkan.

Baca lebih lengkap tentang Joker di majalah Cinemags! Pesan dan dapatkan segera majalah Cinemags terbaru. Untuk pemesanan via online, silakan klik banner Joker di sini. Untuk pemesanan langsung via Whatsapp, silakan hubungi 0812-1257-1688.

Baca Juga:  Chris Evans Ingin Captain America Tampil di Spider-Man: Homecoming

Mau majalah Cinemags 227 gratis? Caranya gampang: asah pengetahuan kalian tentang Joker di sini. Selain dapat majalah gratis, kalian juga bisa mendapatkan voucher OVO, GoPay, dan puluhan hadiah menarik lainnya di kuis Joker. Yuk ikutan! [Aseek]




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.