The Secret Garden , sebuah karya adaptasi oleh Jack Throne

408

The Secret Garden akan tayang terbatas mulai hari ini , Sabtu 8 Mei 2021 dan 9 Mei 2021  di bioskop tertentu.

The Secret Garden merupakan adaptasi dari novel terkenal karya  Frances Hodgson Burnett. Dikarenakan alur ceritanya yang menyentuh, maka dari pengamatan penulis, sejak tahun 1949, telah diadaptasi ke medium film hingga terakhir tahun 2020 sebanyak 5 kali.

Pada adaptasi tahun 2020 ini, penulis untuk medium film diserahkan kepada Jack Throne (His Dark Materials), yang dalam beberapa siaran persnya menyampaikan mengadakan banyak perombakan pada novel karya Frances Hodgson Burnett menjadi menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Berikut adalah trailer The Secret Garden


Tambahan alur cerita kali ini yang terlihat sangat menonjol ada pada penekanan hubungan antara orang tua. Sebuah sisi cerita yang tidak diceritakan secara detil dalam novelnya. Pengembangan ini tentunya menarik perhatian dan juga menimbulkan tanda tanya lagi bagi para penontonnya, mengapa hal ini yang menjadi pilihan dan apakah yang menjadi pertimbangan Jack Throne membuatnya menjadi seperti ini.

Namun bukan itu saja perubahan mendasar yang dilakukan oleh Jack Throne, alur waktu dan beberapa latar belakang terkait orang tua Marry Lennox dan Colin Craven juga mengalami perubahan.

Jika mengharapkan Marry Lennox ( diperankan oleh Dixie Egerickx ) akan muncul dengan karakter yang digambarkan pada novelnya, juga harus bersiap-siap dikagetkan pada karakter baru yang diciptakan oleh Jack Throne terhadapnya. Banyak perubahan mendasar yang membuat pembaca setia novelnya akan merasa terheran-heran dan bisa jadi akan bertanya, “Siapakah gadis ini?” , karena yang hadir melalui medium film kali ini adalah karakter baru yang jauh sekali berbeda dengan karakter Marry Lennox versi novel.

Baca Juga:  Review Film Pig

Pertanyaannya adalah apakah karakter baru ini lebih menarik dari pada karakter pada novel? Dalam beberapa sisi petualangannya, memang Marry Lennox versi Jack Throne lebih energetik dan imajinatif , namun bagi penggemar karakter Marry Lennox versi novelnya ini terasa seperti merusak imajinasi yang telah terbangun sejak membaca novelnya. Ya, karena perbedaannya bagaikan bumi dan langit.

Namun secara keseluruhan karakter baru  Marry Lennox versi Jack Throne cukup manis dan menarik, memberikan juga penjelasan akan aksi heroiknya dalam penyelamatan sang paman  Lord Archibald Craven ( diperankan oleh Colin Firth ).

Beberapa perubahan mendasar pada penutup alur ceritanya juga sangat mengikuti trend masa kini yang banyak melibatkan unsur supra natural . Bagi yang tidak menyukai elemen ini, tentunya akan merasa sangat terluka akan perubahan ini.

Sayangnya tak banyak juga yang bisa diceritakan mengenai Martha, Dickon dan Ibu mereka berdua Susan Sowerby , dikarenakan pada versi ini , karakter mereka tidak terlalu mendapat perhatian , yang tentunya sangat berbeda sekali jika dibandingkan dengan novelnya.

Namun segi baiknya  elemen saat Collin Craven (diperankan oleh Edan Hayhurst ) dipertemukan kembali dengan ayahnya Lord Archibald Craven , yang kemudian memandang Collin dari sudut pandang berbeda masih dipertahankan walaupun berbeda keadaannya, namun setidaknya lokasinya masih tetap sama yaitu di Secret Garden

the secret garden

Review : Secara keseluruhan film ini cukup menghibur namun tidak terlalu berkesan dan tentunya akan ada banyak kekecewaaan bagi penggemar garis keras novel Frances Hodgson Burnett.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.