The Rental. Debut Dave Franco yang Lumayan Impresif

555

Kisah kejadian mengerikan di luar dugaan saat liburan merupakan perihal yang sudah tidak asing lagi dalam formula film horror. Belum ditambah unsur-unsur klise seperti pasangan yang hubungan nya tengah di ujung tanduk, lokasi tempat tinggal sementara yang lokasinya jauh dari keramaian dan tuan rumah atau penjaga rumah yang misterius. Formula itu lah yang juga dihadirkan oleh Dave Franco dalam debut penyutradaraannya ini. Namun, yang menjadikan The Rental sedikit istimewa, adalah momentum perilisannya, di saat masyarakat dunia tengah tidak bisa bepergian dengan leluasa karena pandemi global Covid-19.

Kisah film ini diangkat dari skrip karyanya sendiri yang ia ramu bersama Joe Swanberg. Dengan inspirasi rasa kekurang nyamanan yang dialami Franco saat ia tengah memilih persewaan Airbnb, di mana si penyewa nantinya menghabiskan waktu dengan tinggal di rumah seseorang – yang memiliki kunci dan bisa datang dan pergi dengan bebas.

Dalam The Rental dikisahkan, pebisnis sukses bernama Charlie (Dan Stevens) berencana merayakan keberhasilannya dengan bersenang-senang mengadakan liburan akhir pekan dan memilih persewaan lewat aplikasi demi menikmati pemandangan laut bersama pasangan bisnis dan temannya, Mina (Sheila Vand). Padahal, Mina sejatinya adalah kekasih adiknya, Josh (Jeremy Allen White). Sementara, Charlie sendiri memiliki istri bernama Michelle (Alison Brie), yang kemudian ia ajak, meski hubungan mereka dalam situasi buruk.

Berempat, mereka kemudian berjumpa dengan Taylor (Toby Huss) pemilik properti yang akan mereka tempati. Saat bertemu, Mina kemudian mengungkapkan bahwa sebelumnya ia sudah mencoba untuk menyewa rumah itu namun ditolak oleh Taylor, berkenaan nama belakang yang dimilikinya, namun satu jam setelahnya, Charlie dapat persetujuan menyewanya.

Dan, memang nyatanya liburan itu lambat laun menjadi situasi yang intens. Potensi konflik yang sebenarnya sudah mengendap di antara empat individu ini mulai mengemuka dan makin bertambah parah saat kecurigaan terhadap Taylor mulai beralasan saat dua pasangan ini menemukan petunjuk-petunjuk yang mengindikasikan tidak hanya sekadar aneh namun juga ada yang tidak beres dengan si pemilik rumah.

Baca Juga:  Melissa McCarthy dan Warner Bros. Digugat karena Film Life of the Party

Dalam deskripsi singkatnya, tanpa terlalu mengumbar spoiler detail cerita filmnya, The Rental adalah film drama tentang percintaan yang kemudian bermanuver menjadi film slasher. Meski sejatinya, apa yang dikedepankannya tidak terlalu istimewa dan seperti sudah disinggung di atas mungkin sudah sering dijumpai di banyak film horor slasher, namun apresiasi boleh diberikan pada Dave Franco yang melalui hasil eksekusi perdananya ini mampu menyuguhkannya dalam takaran yang lumayan seimbang.

Pasalnya, dari paruh awal audiens sudah bisa mencium adanya potensi konflik yang tinggal menunggu waktu untuk meledak saja, namun tetap saja Franco seakan ingin membuat audiens menebak-nebak sekaligus memberikan kengerian yang skalanya makin meningkat secara perlahan. Dan, begitu konflik utamanya mulai menunjukkan jatidirinya, pace cerita seakan berkembang dengan cepat  yang membuat tensi ketegangan yang dibangun terasa efektif. Sebagai pengemban posisi vital, Dan Stevens dan Sheila Vand mampu menunjukkan permainan yang lumayan hidup, dan mampu menciptakan chemistry meyakinkan sembari masing-masing bersinar dalam karakter yang dimainkannya. Vand  mampu menjadikan karakternya, Mina menarik simpati, sementara Stevens terlihat pas sebagai sosok pria bajingan egois.

Untuk ukuran karya seorang debutan, The Rental bisa dikatakan start yang menjanjikan dan impresif bagi Franco, yang di sini membuktikan mampu mengeksekusi tidak hanya satu namun dua formula genre film yang berbeda dan memodifikasinya menjadi sajian yang dapat diterima dengan mudah. Dengan merujuk endingnya yang membuka kemungkinan babak lanjutannya, berharap saja semoga Franco tidak sesegera mungkin melompat ke proyek lain dengan genre yang berbeda, karena dari debutnya ini terkesan benar ia memiliki bakat untuk menjadi sineas horor kontemporer sukses di masa akan datang. Dan, jangan terlalu terkejut jika setelah menyaksikan film ini, Anda mulai makin berhati-hati dalam memilih lokasi hunian sementara Anda di aplikasi penyedia tempat saat akan merencanakan liburan.

Baca Juga:  Tiffany Haddish Bergabung dengan Proyek The Unbearable Weight of Massive Talent

 

 

 

 

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.