The Falcon and the Winter Soldier: Fakta Menarik

124

WandaVision telah usai, namun keseruan MCU / Disney + akan berlanjut mulai 19 Maret dengan serial The Falcon and the Winter Soldier – yang akan menghadirkan dua tokoh yang dikenal sebagai sahabat Steve Rogers alias Captain America, yakni Sam Wilson alias the Falcon dan James “Bucky” Barnes yang juga dikenal sebagai Winter Soldier. Awalnya direncanakan sebagai serial MCU pertama yang diproduksi tim Marvel Studios, penundaan kegiatan syuting akibat pandemi membuatnya menjadi serial MCU kedua yang ditayangkan setelah WandaVision. Sebagai penyegar ingatan sekaligus pemanasan sebelum menyaksikannya, berikut ini kami hadirkan pelbagai fakta menarik mengenai serial ini.

 

Siapakah Sam Wilson?

Tokoh ini diciptakan oleh Stan Lee dan Gene Colan, yang mengawali debutnya di Captain America#117. Sementara untuk di ranah MCU tokoh ini diperankan oleh Anthony Mackie. Ia pertama muncul di Captain America: The Winter Soldier. Di situ ia diceritakan pertama kali berkenalan dengan Steve Rogers saat tengah melakukan lari pagi. Sam Wilson yang merupakan anggota divisi khusus Angkatan Udara menjadi terlibat dan kemudian berjuang bersama Cap dan Black Widow untuk mengungkap konspirasi di S.H.I.E.L.D., dari situ persahabatannya dengan Cap semakin solid. Ia kemudian direkrut menjadi anggota Avenger. Saat Cap memutuskan pensiun pasca peperangan besar melawan Thanos dan pasukannya, ia mewariskan perisainya pada Wilson sebagai suksesornya.

Siapakah James “Bucky” Barnes?

Tokoh yang di MCU dimainkan oleh Sebastian Stan ini diciptakan oleh Joe Simon dan Jack Kirby, dan memulai debutnya di Captain America Comics #1. Barnes adalah sahabat karib Steve Rogers. Sempat dikira tewas dalam sebuah misi, Barnes muncul kembali sebagai mesin pembunuh fatal yang sudah dicuci otaknya berjulukan the Winter Soldier. Berkat kerja keras Cap, kesadaran Barnes perlahan mulai pulih, meski dalam prosesnya sejarah masa lalunya yang kelam memicu beberapa persoalan serius, salah satunya menjadi korban fitnah peristiwa yang menyebabkan tewasnya ayah T’Challa. Demi keamanan, Cap kemudian membawa Barnes ke Wakanda. Di sana, ia dirawat dan direhabilitasi, membuatnya kembali menjadi kompatriot Cap yang andal.

Baca Juga:  Masyarakat Jadi Penggerak Utama Regulasi Sampah Plastik Indonesia

 

Apa cerita The Falcon and The Winter Soldier?

Sejauh ini, dikarenakan materi promosi yang dirilis sangat terbatas, belum dapat diketahui banyak detail mengenai jalan ceritanya. Namun, dari pelbagai informasi yang dapat dikumpulkan, salah satu plot kisahnya akan menyoroti pada keputusan Sam menjadi suksesor Cap dan juga reaksi pemerintah AS akan hal itu, termasuk mencoba menciptakan Captain America lainnya. Sedangkan Barnes, menghadapi jalan yang lebih sulit untuk kembali ke kehidupan lamanya setelah peristiwa Endgame.

 

Karakter-karakter MCU lain yang kembali muncul

Dari materi promosi yang sudah ada, sudah diungkap bahwa Helmut Zemo, si biang onar di Captain America: Civil War akan kembali muncul. Kita juga berkesempatan melihat lagi sepak terjang Emily VanCamp sebagai Sharon Carter, cucu dari love interest Cap, Peggy Carter. Sedangkan, di kubu villain, Georges St. Pierre akan meneruskan perannya sebagai Batroc. Selain tokoh- tokoh itu, kabarnya akan ada pula penampilan cameo tokoh-tokoh penting MCU di sini.

 

Tokoh-tokoh baru

Yang sudah bisa dipastikan adalah karakter John Walker, yang di sini merupakan tokoh pilihan pemerintah untuk dijadikan Captain Amerika baru. Selain itu masih ada Adepero Oduye, Desmond Chiam, Miki Ishikawa, Noah Mills, dan Carl Lumbly juga berperan, meskipun karakter mereka masih menjadi misteri untuk saat ini.

 

The Falcon and the Winter Soldier dapat disaksikan secara streaming di Disney+ Hotstar mulai 19 Maret 2021.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.