Teen Titans GO! See Space Jam: Sinopsis dan Ulasan

494

Waktunya bertepatan dengan perilisan Space Jam: A New Legacy, Teen Titans GO! See Space Jam adalah film animasi terbaru grup super DC, Teen Titans. Sebelumnya juga ditayangkan sebagai acara spesial di jaringan Cartoon Network pada akhir Juni lalu, film ini merupakan bagian dari rangkaian promosi kreatif pihak WB untuk mempromosikan Space Jam: A New Legacy, yang dibintangi superstar basket NBA saat ini Lebron James.

Sedianya Space Jam: A New Legacy dijadwalkan tayang di bioskop tanah air pertengahan Juli lalu. Sayangnya, kasus pandemi Covid-19 yang kembali meningkat grafiknya, membuat bioskop-bioskop kembali ditutup dan film-film terbaru, tidak terkecuali Space Jam: A New Legacy kembali mengalami penangguhan tayang.

Teen Titans GO! See Space Jam sendiri mengisahkan para anggota Titan yang tengah bersantai, tiba-tiba mendapatkan kunjungan para alien Nerdlucks (ras alien lucu di film Space Jam yang bisa berubah wujud menjadi monster), yang membawa kopi film Space Jam. Hal ini mendorong para Titan menjadi tuan rumah pesta menonton yang membawa para Titan dan Nerdlucks membahas dan membedah film animasi yang menampilkan mega bintang basket NBA Michael Jordan yang dirilis 25 tahun lalu. Hingga akhirnya maksud sebenarnya kedatangan para makhluk Nerdlucks ini terhadap kelompok Titans ini kemudian terungkap.

Teen Titans GO! See Space Jam dibawakan dengan gaya nyeleneh yang mirip dengan penuangan Mystery Science Theater 3000. Meski ada tambal-sulam di sana-sini baik berupa adegan tambahan ataupun peringkasan, sejatinya film berdurasi kisaran 90 menit ini pada dasarnya adalah film Space Jam yang disajikan ulang lebih ringkas. Di sela-sela adegannya, Robin, Starfire, Beast Boy, Cyborg, maupun Raven memberikan komentar tentang film populer tersebut. Baik itu berupa trivia menarik tentang film Space Jam itu sendiri atau apabila ada adegan repetitif yang muncul.

Baca Juga:  Anugerah untuk Karya Film Pendek Nasional dan Internasional di Minikino Film Week

Cyborg muncul untuk memberikan informasi hal-hal sepele tentang film tersebut, Beast Boy melacak jumlah syut ‘fokus tertentu’ yang berlebihan dalam film, dan Starfire siap menunjukkan semua plothole. Ada juga beberapa pengamatan menyenangkan tentang bagian-bagian Space Jam yang menurut standar saat ini akan dianggap tidak dapat diterima secara sosial, termasuk adegan yang menampilkan merokok dan senjata.

Seperti biasa, seperti halnya juga dalam serial televisi maupun film layar lebarnya, Teen Titans GO! To The Movies, mereka tetap lucu, dan memiliki pengalaman dalam membuat lelucon metatekstual. Digabungkan dengan film yang sarat dengan karakter Looney Tunes, dan tidak lupa sisipan twist, di pengujung akhir, memberi sentuhan tersendiri.

 

Permasalahan yang dimiliki film ini hanya satu. Keseluruhan proyek ini pada dasarnya adalah untuk mempromosikan film Space Jam terbaru. Ini sebenarnya bukan film Titans, ini hanya cara baru untuk menjual kembali Space Jam kepada penggemar.

Hal yang membuat frustrasi tentang Teen Titans GO! See Space Jam adalah fakta bahwa ketika bekerja dengan baik, film ini menyenangkan untuk ditonton. Adegan-adegan animasi dipenuhi dengan kegembiraan yang terkenal dari pertunjukan tersebut, sementara komentarnya sangat bagus.

Sebagai penutup, andaikata Space Jam: A New Legacy adalah salah satu film yang Anda nantikan, ada baiknya untuk mempertimbangkan Teen Titans GO! See Space Jam sebagai alternatif pilihan tontonan. Namun, perlu diingat, jangan berekspektasi tinggi. Anggap film ini sebagai pemanasan atau penyegar ingatan sebelum menyaksikan Space Jam: A New Legacy.

Teen Titans GO! See Space Jam dapat disaksikan Cartoon Network melalui app maupun secara on demand, sedangkan paket digitalnya baru saja beredar.