Sutradara Senior, Francis Ford Coppola Mendukung Pernyataan Martin Scorsese Mengenai MCU

1305

Beberapa waktu yang lalu Martin Scorsese membuat pernyataan mengejutkan ketika ia dengan berani mengklaim bahwa film Marvel/MCU, bukan sebuah karya film. Dan kini salah satu sutradara senior kelas kakap, Francis Ford Coppola, sineas di belakang film klasik  seperti The Godfather dan Apocalypse Now, juga mengatakan hal serupa. Hanya saja Coppola. Lebih berani dengan menyebut film MCU adalah karya-karya yang hina/tercela.

Berbicara kepada para jurnalis (via Yahoo!) ketika menerima pemberian penghargaan Prix Lumiere yang prestisius karena kontribusinya bagi industri film, Coppola dengan jujur berbagi perasaannya atas kritik Scorsese kepada film-film Marvel. Dan mendukung rekan sutradara seangkatan dengannya tersebut.

“When Martin Scorsese says that the Marvel pictures are not cinema, he’s right because we expect to learn something from cinema, we expect to gain something, some enlightenment, some knowledge, some inspiration. I don’t know that anyone gets anything out of seeing the same movie over and over again, Martin was kind when he said it’s not cinema. He didn’t say it’s despicable, which I just say it is.”

Ada begitu banyak hal yang harus ditinjau dari pernyataan Coppola, tetapi tampaknya masalah utamanya dengan MCU adalah kurangnya keragaman dalam menuturkan alur cerita, yang bukan tanpa alasan. Selama bertahun-tahun, MCU telah dikritik karena film-film di dalamnya dihadirkan dengan format tiga babak. Ini juga berarti bahwa Coppola mungkin benar-benar menonton beberapa dari film tersebut untuk memiliki pendapat yang kuat tentang hal ini, walaupun dia tidak secara eksplisit mengatakannya. Namun sebenarnya Marvel Studios sudah mulai bereksperimen lebih lanjut dalam film-film terbaru mereka, terutama dengan Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame yang memiliki alur narasi yang lebih rumit.

Bertentangan dengan kedua sutradara senior tersebut, banyak orang menyukai film Marvel, terutama yang ada di MCU. Anda hanya perlu melihat hasil box office untuk itu. Mereka telah mendominasi lanskap sinematik selama dekade terakhir. Dan beberapa tokoh MCU merespons, termasuk Robert Downey Jr dan James Gunn, yang paling tidak setuju dengan pendapat Scorsese.

Baca Juga:  Trailer Perdana Alita: Battle Angel Hadirkan Adaptasi Gila dari Robert Rodriguez



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.