Semua Perihal Serial Y: The Last Man yang Kami Ketahui

293

Kisah komik modern klasik Y: The Last Man mengalami proses yang panjang dan berliku-liku untuk dapat diadaptasi format tayangan live action. Karya penulis Brian K. Vaughan dan ilustrator Pia Guerra adalah salah satu seri petualangan paling kompleks yang pernah diterbitkan oleh DC Comics dan berhasil memenangkan banyak penghargaan selama enam tahun berjalan. Sekarang akan menjadi serial televisi untuk FX di Hulu. Berkenaan dengan makin dekatnya momen perilisan perdananya, berikut kami hadirkan semua perihal serial Y: The Last Man yang kami ketahui.

 

Tentang Apa Y: The Last Man?

Seri yang diterbitkan oleh lini Vertigo dari DC Comics berjalan selama 60 edisi dari 2002-2008. Dalam kisah komiknya, diceritakan wabah misterius telah menyebabkan kepunahan seluruh kaum jantan di muka Bumi, menyisakan kaum wanita di planet ini. Pengecualiannya, hanya dua pejantan yang mampu bertahan secara misterius —pemuda berusia dua puluh tahun bernama Yorick Brown dan monyet Capuchin peliharaannya, Ampersand. Yorick bersama Ampersand kemudian bekerjasama dengan seorang wanita tangguh bernama Agen 355 dan Dr. Allison Mann, ahli genetika dan kloning, guna mencari tahu apa yang menyebabkan Yorick bisa bertahan dari wabah tersebut untuk mencari cara memulihkan dan menyelamatkan kelangsungan umat manusia di Bumi. Y dalam judul seri adalah referensi ke Yorick, serta lambang kromosom laki-laki. 

 

Siapa para pemain karakternya?

Serial ini dibintangi oleh aktor Warcraft Ben Schnetzer sebagai Yorick Brown dan Diane Lane sebagai ibunya, Senator Jennifer Brown. Olivia Thirlby memerankan saudara perempuan Yorick, Hero Brown, dan Ashley Romans memerankan Agen 355. Juliana Canfield akan memerankan pacar Yorick, Beth. Marin Ireland, Amber Tamblyn, dan Timothy Hutton yang akan memainkan peran sebagai Presiden Amerika Serikat di serial ini.

Baca Juga:  Netflix akan Mengadaptasi Komik Grendel Menjadi Sebuah Serial Televisi

Akankah Setiap Episodenya Mencakup Satu Edisi Buku?

Berkenaan dengan total jumlah bukunya, dan tentunya serial ini akan bersumber dari sana, banyak penggemar  yang bertanya-tanya apakah hasil adaptasinya akan berisikan kisah satu edisi buku perepisodenya, yang berarti jika memang demikian, kemungkinan besar serial ini akan ada di kisaran enam season untuk mengakhiri kisahnya. Mengenai itu, dengan berkaca pada serial-serial hasil adaptasi lainnya, sepertinya serial Y ini tidak akan mengikuti format satu edisi / episode, meski bukan berarti tidak ada kemungkinan itu sama sekali.

Siapa Di balik Layar?

Serial ini awalnya dikembangkan oleh Michael Green, namun ia kemudian mengundurkan diri untuk fokus pada American Gods. Showrunner saat ini adalah Eliza Clark, penulis untuk seri AMC Rubicon.

Mengapa Proses Perealisasian Y Berliku-liku?

Upaya Pertama

Hak ciptanya dipegang oleh New Line Cinema, awalnya proyek adaptasi ini direncanakan sebagai format film layar lebar. Untuk proyek film pertamanya ini tadinya akan dibesut oleh DJ Caruso yang sedianya bakal kembali berkolaborasi dengan Shia LaBeouf sebagai Yorick Brown, setelah kerjasama mereka di Disturbia. Permasalahan mulai timbul ketika pihak studio mengharuskan Y menjadi saga trilogi, sang sineas tidak bisa berkomitmen untuk menggawangi tiga proyek film yang sudah ditetapkan. Pasca mundurnya Caruso, Dan Trachtenberg dari 10 Cloverfield Lane dipilih untuk menyutradarainya. Sayangnya, proses perealisasiannya kemudian terlunta hingga akhirnya hak cipta kisah ini dikembalikan ke kreator komiknya.

Upaya Kedua

Setelah menelaah pelbagai aspek, pihak kreator kemudian menyadari bahwa medium yang tepat untuk adaptasi Y: The Last Man adalah dalam bentuk serial televisi, dan bukan film layar lebar. Pada tahun 2015, pihak FX mengumumkan bahwa mereka tengah mengembangkan serial televisi dari kisah ini, dengan merekrut Brian K. Vaughan sebagai salah satu penulis naskahnya. Michael Green kemudian ditunjuk sebagai showrunnernya. Di tahun 2018, episode pilot eksperimen Y: The Last Man sempat dibuat dengan aktor Dunkirk, Barry Keoghan sebagai Yorick. Sayangnya, episode eksperimen ini hasilnya dinilai kurang memuaskan oleh pihak FX. Melihat ada potensi, materi serial ini kemudian dibuat ulang, meski pada bulan Februari 2020 lalu Barry Keoghan mundur dari peran Yorick, dan kemudian digantikan oleh Ben Schnetzer.

Baca Juga:  Trailer Baru Dopesick Menyoroti Epidemi Narkoba Terburuk di Amerika

Kapan Episode Pertama Y Mulai Tayang?

Y: The Last Man akan tayang perdana secara eksklusif di Hulu pada 13 September 2021.