Semenit Animasi Dalam Sebulan: 6 Pertanyaan Seputar Film Terbaru Hayao Miyazaki yang Rilis Tahun 2024

282

Salah satu pendiri StudioStudio Ghibli, Hayao Miyazaki mengumumkan pengunduran dirinya pada tahun 2013 setelah rilis The Wind Rises, tetapi ia kembali bekerja lagi sejak tahun 2016. Rumor awal tentang apa yang sedang dikerjakannya menyarankan ia mengubah film pendeknya Boro the Caterpillar menjadi sebuah feature , namun sebuah wawancara dengan produser Toshio Suzuki baru-baru ini menjelaskan lebih lanjut apa yang Miyazaki kerjakan. Dari judul hingga tanggal penyelesaian cerita, inilah beberapa fakta mengenai film Miyazaki berikutnya.

APAKAH JUDUL FILM BARU MIYAZAKI ?

Film ini berjudul How Do You Live? dari buku Yoshino Genzaburo 1937 yang mengisahkan seorang bocah lelaki berusia 15 tahun bernama Junichi Honda, atau juga dijuluki Koperu. Junichi tinggal bersama pamannya. Film ini mengisahkan kehidupannya yang berefleksi pada pengalaman menjadi manusia serta pertumbuhan spiritual.

APAKAH FILMNYA PERSIS BERDASARKAN BUKU?

Film ini tidak berdasarkan buku. Sebaliknya, buku ini adalah batu ujian penting bagi protagonis film. Detail mengenai alur film ini langka, meskipun telah digambarkan sebagai “kisah fantastik yang besar.” Suzuki mengatakan dia awalnya cukup was-was terhadap Miyazaki membuat film lagi, karena dia sudah mencapai banyak hal, sehingga jika mengerjakan sesuatu yang baru dan segar akan menjadi lebih sulit.

BAGAIMANA PENCAPAIAN SEJAUH INI?

Menurut Suzuki, salah satu pendekatan baru yang diambil film terbaru Miyazaki adalah prosesnya. “Salah satu ide yang keluar dari situ adalah, mengapa tidak menghabiskan lebih banyak waktu dan menghabiskan lebih banyak uang untuk membuat film?” Kata Suzuki. Mengingat bahwa rumor Miyazaki keluar dari pensiun dimulai pada tahun 2016, maka How Do You Live? sudah pasti menjadi salah satu film Ghibli paling lama memakan waktu.

Baca Juga:  HBO Perry Mason: Wawancara Eksklusif Bersama Matthew Rhys (Perry Mason)

APA SAJA KEMAJUAN YANG TELAH DICAPAI OLEH FILM INI?

Meskipun film pendek Boro the Caterpillar dikerjakan dengan animasi komputer, How Do You Live? Adalah proyek animasi yang Digambar oleh tangan. Proses yang ketat, yang semakin intens dengan komitmen untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk produksi, telah menghasilkan rekaman selama 36 menit sejauh ini. Suzuki memperkirakan bahwa studio sedang menyelesaikan satu menit animasi per bulan, jadi 12 menit rekaman akan selesai dalam setahun.

JADI KAPAN SEBENARNYA FILMNYA AKAN RILIS?

Suzuki mengatakan bahwa film ini diharapkan akan selesai dalam tiga tahun ke depan. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, itu artinya kita akan melihat How Do You Live? sekitar tahun 2023 atau 2024.

MENGAPA MIYAZAKI MEMBUAT FILM LAGI?

Selain fakta bahwa ia tampaknya hidup untuk membuat film, ia membuat film ini untuk alasan pribadi juga. Suzuki mengatakan Miyazaki ingin meninggalkan film untuk cucunya: “Ini caranya mengatakan,” Kakek akan pindah ke dunia berikutnya, tapi dia meninggalkan film ini. “




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.