Sekolah-sekolah Unik di Film

1027

Dikarenakan dampak pandemi Covid-19 banyak sekolah di seluruh penjuru dunia yang harus menghentikan kegiatan belajar-mengajarnya dan memanuvernya menjadi #SchoolFrom Home, guna meminimalisir dan memutus rantai penyebaran virus. Berbicara mengenai sekolah, begitu banyak film yang mengetengahkan lingkungan sekolah sebagai setting tempatnya. Memang banyak yang tergolong biasa- biasa saja, namun tidak sedikit yang menyajikan sekolah yang unik, baik dari segi kurikulum, para siswanya, maupun kebijaksanaan dan tenaga pengajar yang ada menjadikan film-film itu semakin berwarna. Sebagai pengingat bagaimana menariknya rutinitas kehidupan sekolah, berikut ini kami hadirkan sekolah-sekolah unik yang pernah hadir dalam film beserta alasannya.

Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry

As seen in: Harry Potter saga

Center of attention: Trio Gryffindor (Harry, Ron, Hermione)

Overview 

Bisa menyihir dan ingin mengembangkan potensi kemampuan itu lebih dalam lagi? Jika demikian adanya tidak ada salahnya masuk ke Hogwarts. Tempat kebanyakan orang menuntut ilmu sihir yang bahkan dianggap sekolah ilmu kepenyihiran paling besar di seluruh dunia. Jumlah siswanya mencapai 300 orang. Kurikulum yang diajarkan bertujuan agar siswanya menjadi penyihir dengan kemampuan mumpuni. Mirip dengan yang ada dalam Sky High, para murid Hogwarts sebelumnya harus menjalani proses seleksi the Sorting Hat untuk menentukan asrama mana yang bakal mereka masuki.

Beware of: Gangguan para murid Slytherin, Chamber of Secret,  Hutan Terlarang, beberapa guru Pertahanan terhadap Ilmu Hitam

 

Cromartie High School

As seen in: Sakigake!! Kuromati Kôkô: The Movie (2005)

Center of Attention: Takashi Kamiyama

Overview 

Cromartie High adalah SMA paling parah yang ada di Tokyo. Sekolah ini mempunyai sejarah yang lumayan mencengangkan di mana bangunannya pernah hancur sebanyak 6 kali sejak berdiri. SMA ini adalah tempat penampungan terakhir untuk para remaja aneh dan bengal. Para muridnya bisa dikatakan tidak wajar dalam arti lahiriah, karena murid yang bersekolah di sana tidak hanya terbatas pada spesies manusia saja. Dikarenakan sekolah ini sangat membutuhkan murid, mereka juga menerima murid spesies ‘lainnya’, seperti gorilla, dan robot kaleng. Jangan tanyakan lagi soal kurikulum yang dipakai, karena tidak ada satupun guru yang punya nyali mengajar di sini, meskipun setiap harinya mereka selalu masuk sekolah. Para murid di sini lebih banyak menghabiskan jam pelajarannya dengan berkelahi antar mereka sendiri maupun melawan murid sekolah lain.

Baca Juga:  Story of Kale: When Someone’s In Love

Beware of: Invasi makhluk angkasa luar

 

Sky High

As seen in: Sky High (2005)

Center of Attention: Will Stronghold

Overview 

Berlokasi di atas langit, sekolah ini diperuntukkan untuk anak-anak yang memiliki kemampuan super. Dikarenakan berada jauh tinggi di atas permukaan tanah, para murid sekolah ini setiap harinya dijemput oleh bis sekolah khusus yang bisa mengangkasa. Sebelum pembagian kelas, para calon murid harus mengalami tes bernama Power Placement, yang menentukan apakah murid tersebut layak masuk kelas heroes (kemampuan super yang sangat berguna atau kuat) ataukah kelas sidekick (sebaliknya). Pelajaran-pelajaran yang diajarkan ditujukan agar para muridnya kelak menjadi superhero yang berkualitas.   

Beware of: Teror mental maupun fisik dari murid-murid jumawa berkekuatan besar, serta para supervillain yang menyusup masuk dengan cara menyamar.

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.