Sean Connery Meninggal di Usia 90 Tahun, Ini Dia Sedikit Rangkuman Perjalanan Hidupnya!

1046

Pada akhir pekan yang lalu, dunia hiburan kembali dikejutkan berita duka dengan kabar bahwa aktor legendaris Sean Connery telah meninggal dunia pada usia 90 tahun. Sosok ini sangat terkenal karena memerankan James Bond pertama dengan lusinan peran utama di film lainnya, Connery adalah salah satu aktor yang paling dicintai dan dihormati oleh para kolega dan penggemarnya. Sampai saat ini, penyebab kematian belum diungkap, tetapi menurut putranya, Connery meninggal dalam tidurnya saat berada di kepulauajn Bahama setelah sempat tidak sehat selama beberapa waktu.

Aktor bernama lengkap Thomas Sean Connery ini lahir di Fountainbridge, Edinburgh, Skotlandia pada 25 Agustus 1930. Sebagai seorang pemuda, ia bertugas untuk Royal Navy dan dilatih sebagai binaragawan dan pesepakbola. Keputusannya untuk mengejar akting sebagian besar adalah karena masalah finansial, karena itu ia mulai membantu di belakang panggung di King’s Theatre di awal tahun 50-an untuk menambah penghasilannya. Hal ini menyebabkan Connery mengambil peran dalam produksi South Pacific, dan begitu dia mulai berakting, dia benar-benar menemukan hasratnya. Dan karena itu ia menjadi salah satu aktor terhebat Hollywood sepanjang masa.

Sean Connery berlatih adegan dengan Alf Joint di lokasi syuting ‘Goldfinger’ pada 20 Maret 1964.

Setelah memindahkan fokusnya di dunia film, Connery kemudian menemukan peluang besar ketika dia pertama kali berperan sebagai agen rahasia Inggris James Bond. Dia memulai debutnya sebagai 007 di Dr. No tahun 1962, melanjutkan peran tersebut dalam From Russia with Love, Goldfinger, Thunderball, dan You Only Live Twice. Setelah George Lazenby mengambil alih peran tersebut sebentar, Connery kembali untuk Diamonds Are Forever dan Never Say Never Again. Bagi banyak penggemar Bond, Connery tetap menjadi yang terbaik dari seluruh aktor yang pernah menghidupkan karakter ikonik tersebut.

Audrey Hepburn dan Sean Connery, dalam gambar promosi untuk ‘Robin And Marian’ pada tahun 1976.

James Bond adalah salah satu dari banyak peran yang diakui oleh penggemar Connery. Setelah memerankan Jimmy Malone dalam The Untouchables, Connery memenangkan Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik di Academy Awards. Dia juga mudah dikenali karena perannya yang tak terlupakan dalam film-film seperti Marnie, A Bridge Too Far, Indiana Jones and the Last Crusade, The Hunt for Red October, First Knight, Dragonheart, The Rock, dan Finding Forrester. Connery pensiun dari dunia akting setelah membintangi film The League of Extraordinary Gentlemen pada tahun 2003, meskipun setelah itu ia sempat ikut menarasikan film dokumenter Ever to Excel dan menjadi pengisi suara dalam film animasi Sir Billi.

Sean Connery di pemutaran ‘The League of Extraordinary Gentlemen’ pada tanggal 30 September 2003 di Berlin, Jerman.

Connery juga pernah mendapat pengakuan dari majalah People sebagai “Sexiest Man Alive” dan “Sexiest Man of the Century” pada tahun 1999. Dia dianugerahi gelar bangsawan pada tahun 2000 “New Year Honors” untuk jasanya membuat film drama. Pada 2008, Connery juga menerbitkan memoar Being a Scot yang ditulis bersama Murray Grigor.

Baca Juga:  Pemeran The Rock, Uli Latukefu Bergabung dengan Proyek Film Black Adam

Connery pernah menikah dengan aktris Diane Cilento dari tahun 1962-73; Cilento meninggal dunia pada tahun 2011. Connery kini meninggalkan istri keduanya, Micheline Roquebrune, yang telah dinikahi olehnya sejak 1975; putranya dari Cilento, Jason Connery; dan cucu dari pernikahan Jason dengan aktris Mia Sara.

Sudah pasti dunia akan berduka dengan kepergian aktor legendaris ini dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman Connery. Tak bisa dipungkiri, warisan Connery akan membuat ingatannya tetap hidup selamanya. Istirahat dengan damai Sir Sean Connery, the first James Bond.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.