Richard Donner

Richard Donner, Sutradara Superman dan Lethal Weapon Meninggal di Usia 91 Tahun

217

Sineas film legendaris, Richard Donner telah meninggal pada usia 91. Berita duka ini diungkap oleh istri Lauren Shuler Donner. Namun pihak keluarga sampai saat ini belum mengungkap penyebab kematian sang sutadara. Sudah tentu berita ini merupakan kabar yang cukup menyedihkan, karena Donner adalah sosok yang telah menginspirasi banyak orang melalui deretan karya filmnya yang serba bisa dan menyiapkan panggung bagi sejumlah pembuat film yang mengikuti jejaknya.

Karir Donner sebagai sutradara mulai menanjak dengan film horor The Omen di tahun 1976 dan kemudian setelah menelurkan film horor yang cukup sukses tersebut, ia menghadirkan sebuah film yang akan memperkenalkan dan merevolusi seluruh genre film: yaiu film superhero. Ya ia mengarahkan film Superman pada tahun 1978, dan membawa pahlawan fantastis yang diperankan oleh Christopher Reeve tersebut ke layar lebar dengan cara yang sangat manusiawi. Donner menyulap tontonan petualangan superhero DC Comics tersebut dengan romansa dan humor yang membuat Superman dapat diterima dengan baik oleh para penggemarnya, dan dia juga mengatur fondasi selama beberapa dekade untuk kisah-kisah film superhero yang mengikuti “jejaknya”.

Richard Donner bersama Christopher Reeve di lokasi syuting film Superman

Donner memulai karirnya di dunia televisi — setelah menghabiskan waktunya untuk beberapa proyek iklan — ia kemudian mengarahkan berbagai episode dari beberapa proyek layar kecil seperti The Loretta Young Show, Wanted: Dead or Alive, The Rifleman, The Twilight Zone, Sam Benedict, Mr. Novak , The Man from U.N.C.L.E., Gilligan’s Island, Perry Mason, Get Smart, The Wild Wild West, dan banyak lagi.

Kemudian setelah kesuksesan The Omen dan Superman, Donner terus menyutradarai sejumlah film blockbuster dan film favorit penggemar selama karirnya,seperti The Toy, Ladyhawke, The Goonies, franchise Lethal Weapon, Scrooged, Radio Flyer, Maverick, Conspiracy Theory, dan banyak lagi. Dua film terakhir Donner sebagai sutradara adalah Timeline di tahun 2003, yang dibintangi mendiang Paul Walker, dan film thriller aksi 16 Blocks, yang dibintangi Bruce Willis.

Baca Juga:  Poster Karakter Free Guy Memperkenalkan Para Sahabat Ryan Reynolds

Selain itu, Donner dan istrinya juga memproduseri banyak film seperti Free Willy, seri film X-Men, Assassins, Any Given Sunday, serta serial TV Tales from the Crypt dan banyak lagi. Donner sebelumnya berencana untuk kembali ke franchise Lethal Weapon dan mengatakan pada tahun 2020 bahwa film kelima dalam seri tersebut akan menjadi film terakhir yang dia sutradarai. Sayangnya, dia tidak pernah mendapat kesempatan tersebut. RIP Richard Donner.