the third day

Review serial The Third Day, tayang mulai tanggal 15 September 2020

621

Bagi kamu penyuka film bergenre seperti film layar lebar Hereditary  , maka kali ini ada sebuah drama thriller  mini seri karya Dennis Kelly dan Felix Barrett yang diproduksi oleh  Sky dan HBO , yang mampu memberikan sebuah pengalaman menonton seperti pengalaman kamu menonton Hereditary.

Serial The Third Day  yang dibintangi oleh Jude Law  dan Naomi Harris ini terbagi menjadi dua  bagian.

Serial The Third Day

Bagian pertama bertema ‘Summer’, sosok pria bernama Sam (Jude Law)  terbawa ke sebuah pulau misterius dengan penduduk yang masih terikat tradisi dan dengan cara rahasianya mengungkap trauma yang terkubur dalam.

Bagian kedua, bertema ‘Winter’ membawa Helen (Naomie Harris)   berkemauan keras ke pantai , di pulau yang sama dimana kehadirannya memicu konflik.

Dalam sesi screening yang telah diberikan kepada media, adegan demi adegan pada dua bagian ini berbeda penekanannya, namun sama-sama memberikan rasa penasaran yang mendalam untuk mengikuti dan mengetahui lebih lanjut misteri yang berada di pulau ini.

Dalam babak pertama,  terlihat bahwa Sam  masih ingin keluar dari pulau ini namun karena kondisi geografisnya, tidak memungkinkan dirinya untuk keluar. Di saat yang lain kejadian masa lalunya yang seolah terlupakan perlahan mulai muncul dan menariknya untuk tetap berada di pulau dan semakin lama dirinya berada di pulau semakin terbenam pula dirinya dalam ikatan masa lalunya .

Apakah yang sebenarnya dialami oleh Sam dan mengapa ia bisa melupakan masa lalunya? Teka teki ini nampaknya yang akan terus menguras perhatian penonton untuk mengikuti hingga akhir cerita.

Dalam episode pertama bertema “Summer” ini , penonton dibawa juga ke dalam penjelasan cerita bahwa penduduk di pulau ini memiliki kepercayaan yang bebrbeda dari umumnya orang , kepercayaan ini cenderung melibatkan banyak pengorbanan yang melibatkan pembunuhan hewan hingga memeragakan hewan yang telah dibunuh ini dalam suatu tampilan yang mengerikan bagi orang kebanyakan.

Baca Juga:  Do Do Sol Sol La La Sol dan Private Lives sudah dapat ditonton loh di Netflix

Dari tampilan gambar seperti ini, penonton sudah bisa meraba bahwa kepercayaan yang dijadikan pedoman hidup oleh penduduk di pulau ini agak gelap dan lebih ke arah penyembahan kepada sesuatu kekuatan tertentu . Mereka juga memiliki alam pemikiran tersendiri mengenai suatu kondisi yang disebut benar atau buruk, kejahatan atau kebaikan .

 

Serial The Third Day

Bagian kedua “Winter” , penonton dibawa kesal dengan penampilan Helen yang sangat keras kepala mempertahankan sesuatu, bahkan cenderung agak histeris , tidak peduli dengan kondisi sekitarnya , ia dengan beragam dan segala cara berupaya mendapatkan apa yang diinginkannya. Namun pada kenyataannya kebaikan hatinya justru membawanya kedalam situasi yang sulit dan membuat penonton semakin penasaran dengan apa yang akan menimpa  dirinya.

 

Penampilan Jude Law memerankan karakter Sam yang terlihat “bingung” , mampu memberikan warna tersendiri , ia seolah memiliki banyak ragam kepribadian namun tetap mencintai keluarganya. Adapun penampilan Naomie Harris , memang membuat geram penontonnya dengan sifatnya yang meledak-ledak seolah tidak stabil, namun ternyata ada alasan tertentu di balik tingkah lakunya ,hal ini  hanya dapat difahami jika kita memperhatikan dialog Helen.

Kedua bagian ini masing-masing berdiri sendiri, namun juga memiliki benang merah yang tidak bisa dipisahkan. Untuk segi sinematografinya , mampu memberikan penonton pengalaman rasa takut dan mencekam perasaan dengan pengambilan gambar kamera jarak dekat dan nuansa warna gelap. Terutama saat menampilkan keganjilan demi keganjilan yang terjadi dalam pulau ini.

Serial The Third Day yang merupakan serial  terbatas ini , mulai tayang hari ini di HBO GO dan HBO, untuk selanjutnya akan tayang episode lanjutannya setiap minggu depan di jam 08.00 WIB.

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.