The Secret Jay Chou

Review film The Secret , duel maut Jay Chou dengan musik dan perjalanan waktu dengan akhir yang mengenaskan

2211

Jay Chou  menyutradarai  film The Secret dan memerankan Ye Xianglun  tokoh utama dalam film ini yang akhirnya berhasil memperoleh box office senilai US$9 juta.

Jay Chou beradu akting dengan Gwei Lun-mei/Kwai Lun-Mei  , sebagai Lu Xiaoyu.  Alur cerita mengenai Jay Chou yang terpesona pada permainan musik Gwei Lun-mei, dan tanpa sadar lama kelamaan mulai menyukainya dikarenakan sifat misterius yang selalu diperlihatkan kepada dirinya.

Gwei Lun-mei sering menghilang dan muncul secara tiba-tiba di sekolah yang terkenal ketat dan taat akan aturan ini, sehingga kesalahan sedikit saja seolah menjadi alasan untuk mendapatkan hukuman dari guru, namun walaupun begitu tetap saja ada beberapa anak-anak yang sering melakukan kenakalan dan memberikan hiburan tersendiri dalam alur cerita dalam film ini.

Adegan-adegan yang diperlihatkan dalam film ini diatur sedemikan rupa dengan apiknya, sehingga penonton sebenarnya sudah dapat meraba arah alur cerita, namun juga tetap dibuat memahami secara logis, sebab dan akibat yang ditimbulkan, dengan pengecualian pada twist akhir cerita yang memberikan beberapa alternatif penyelesaian.

Dapat dikatakan akhir cerita yang sangat menarik dan seolah mempersilahkan masing-masing penonton yang memutuskan sendiri akhir ceritanya, tergantung pada penafsiran masing-masing penonton.

Namun yang pasti  alur cerita yang seolah mudah tertebak ini akan memberikan akhir yang berbeda dengan dugaan penonton.

 

Daya tarik film ini memang pada kemahiran Jay Chou yang diperlihatkan sepanjang film, menampilkan karya-karya musik klasik dengan beberapa improvisasi pribadi yang menarik untuk didengarkan.

Jay Chou sendiri adalah seorang musisi, yang tampil menarik dan fantastis, melalui peluncuran album perdananya berjudul Jay serta  mendapatkan  penghargaan Best Pop Vocal Album Golden Melody Awards , Penghargaan Musik Penjualan Top IFPI Hong Kong untuk 10 Album Mandarin Terbaik yang Terlaris pada awal tahun 2000 an.

Baca Juga:  Film Live-Action Chip 'n' Dale: Rescue Rangers Mulai Syuting Musim Semi 2021!

Hasil karyanya terus meluas hingga ke dunia film, dengan menjadi aktor , produser musik hingga produser film.  Selain The Secret , film layar lebar lainnya yang Jay Chou produseri adalah The Rooftop.

Jay Chou The Secret

 

 

Ide cerita perjalanan waktu dan romansa  semacam ini mirip dengan beberapa film Hollywood seperti Somewhere in Time 1980, Kate & Leopold 2001, namun dengan hadirnya Jay Chou alunan musik seolah selalu menemani penonton sepanjang masa pemutaran film dengan durasi 102 menit dan membuat betah menonton hingga akhir film.

Sebagai perbandingan, film ini lebih cocok jika dibandingkan dengan film tahun 2006 berjudul The Girl Who Leapt Through Time, yang terinspirasi dari novel karya Yasutaka Tsutsui. Karakter tokoh utama perempuan dalam kedua film ini, sama-sama masih dalam usia sekolah dan sama-sama mampu melakukan perjalanan waktu, dengan menggunakan peralatannya sendiri.

Asmara yang terjalin juga menggambarkan kelabilan remaja di masa sekolah, yang masih terombang ambing akan jalan kehidupan yang harus dilakukan, penyesalan akan hal-hal yang telah dilakukan dan ragam gejolak emosi lainnya, sehingga membuat penonton kembali terbawa kembali untuk mengingat masa remaja mereka masing-masing.

Menarik untuk diperhatikan adalah dalam setiap film romansa remaja, pasti banyak sekali adegan berlari, kejar mengejar, kesalahfahaman dari sepenggal sesuatu kejadian yang hanya difahami dari salah satu sudut pandang seseorang, penyesalan dan kemudian upaya untuk memperbaiki kesalahfahaman tersebut.

Berhasil atau tidaknya, dikembalikan kepada sudut pandang masing-masing penontonnya.

Film ini secara visual juga berhasil menampilkan gambar-gambar  dengan pewarnaan yang sendu namun romantis. Terlihat indah saat kedua tokoh karakter ini keluar dari sekolah dan mengendarai sepeda untuk pulang. Arsitektur gedung sekolah dan penekanan warna yang sesuai dari awal hingga akhir film. Semua adalah hasil karya dari Mark Lee Ping-bing , seorang sinematografer asal Taiwan yang juga telah memenangkan banyak penghargaan  atas puluhan film yang melibatkan dirinya.

Baca Juga:  Peninsula: Sinopsis Film dan Ulasan

The Secret      The Secret

 

Bagi yang ingin menyaksikan film drama musik petulangan  The Secret dan mendengarkan permainan piano Jay Chou dapat segera menontonnya melalui aplikasi HBO GO .

 

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.