Film Stillwater

Review film Stillwater; kembalinya Matt Damon ke layar bioskop

376

Film Stillwater telah dipromosikan oleh Matt Damon, Camille Cottin dan  Abigail Breslin beserta beberapa peran pendukung lainnya pada Festival Film Cannes 2021. Film ini juga mendapatkan penghargaan dari Jameson CineFest – Miskolc International Film Festival, untuk kategori Best Feature Film dari sutradara Tom McCarthy

Dalam film bergenre drama thriller yang berdurasi sekitar 2 jam ini, seolah menyambut para penonton yang rindu ke bioskop , untuk memuaskan segenap kerinduannya serta juga untuk menyambut kembalinya Matt Damon di layar lebar.

Secrets Run Deep adalah tagline yang disampaikan kepada para penonton dan ternyata ini membawa pengertian mendalam akan misteri yang pada akhirnya terungkap mengenai kejadian sebenarnya yang terjadi dan juga menggambarkan kompleksitas pikiran manusia.

Berikut adalah sinopsis film Stillwater

Bill Baker (Matt Damon)  berjuang  di  Marseille untuk membuktikan bahwa putrinya Allison Baker (Abigail Breslin) tidak bersalah atas vonis pembunuhan yang terjadi pada teman sekamarnya. Ia berjuang walaupun ada kendala bahasa , perbedaan sistim hukum dan budaya yang ia alami, agar tidak menghalanginya untuk mendapatkan keadilan bagi puterinya.

Film ini terinspirasi akan kejadian yang menimpa Amanda Knox , yang juga telah dipenjara di negara asing. Kemudian oleh pemenang Academy Award®️ Tom McCarthy  alur cerita dikembangkan dan diberikan pesan mendalam mengenai kehidupan manusia, terutama pada rahasia yang ditutup-tutupi dan pada akhirnya berkembang menjadi serangkaian tindakan keliru berdasarkan informasi berdasarkan rahasia yang ditutup-tutupi tersebut.

Still Water

 

Matt Damon yang biasa tampil dalam film-film bergenre aksi, kali ini mampu mengaduk emosi penonton akan aktingnya saat menjadi karakter pekerja kasar (Bill Baker) yang kurang memiliki pemikiran panjang dan hanya mengandalkan emosinya .

Hubungannya yang kurang baik dengan puterinya , seolah ingin ia tebus di Marseille dan selama beberapa saat semuanya berjalan baik , saat obsesinya untuk membuktikan bahwa puterinya tidak bersalah , mengambil alih semua akal pikiran sehatnya.

Walaupun durasi film ini cukup panjang, cara pengaturan dan alur berceritanya dapat mewakili hampir seluruh selera penonton sehingga tidak terasa membosankan.

Baca Juga:  Review My Name ; metamorfosis Han So-hee

Adapun peran Tom McCarthy, membawa alur cerita ini ke genre yang sama sekali tak diduga akan ditemui penonton, seolah kembali lagi membuktikan keberhasilannya membawakan topik cerita yang mengandung hal-hal sensitif dengan manjadikannya tontonan yang menarik, seperti halnya yang dilakukan dengan film Spotlight (2015).

Menariknya lagi tanpa disadari penonton belajar falsafah hidup yang banyak dicari oleh manusia , melalui sosok Allison Baker.  Aktris Abigail Breslin berhasil membawakan sosok karakter yang berapi-api ingin mendapatkan kembali kebebasannya, kemudian penonton dibawa kepada ke putus asa an nya di ambang kebebasan yang tentunya menimbulkan banyak pertanyaan yang baru terjawab pada akhir alur cerita, disertai juga dengan penebusan dan penerimaan diri.

Adapun sudut pengambilan film ini yang banyak menampilkan wide angle , berhasil menampilkan kerumitan dan kompleksitas masyarakat yang tinggal di Marseille.

Tekanan dan juga praduga lintas etnis ditampilkan seadanya, tanpa memberi penekanan yang berlebihan, namun mempertajam isyu sosial yang ternyata sama melanda di seluruh tempat di dunia.

Bagi yang ingin menonton dapat melihatnya di bioskop mulai tanggal 6 Oktober 2021, setelah kemarin menampilkan penayangan sneak preview nya pada tanggal 2 Oktober 2021 dan mendapat banyak respon yang positif.

 

Baca juga :Focus Features Ungkap Movie Clip Dan Promo Terbaru Film Matt Damon, Stillwater