mekah i'm coming

Review film Mekah I’m Coming, akting Ria Irawan yang berkesan sebagai Ibu Rizky Nazar

845

Film Mekah I’m Coming  bercerita tentang Eddy (Rizky Nazar), pemilik usaha bengkel di desa, yang menjalin hubungan dengan Eni (Michelle Ziudith), penyanyi grup kasidah. Namun hubungan mereka terancam kandas karena Eni akan dijodohkan dengan saudagar kaya bernama Pietoyo (Dwi Sasono). Berkat saran dari Ibunya (Ria Irawan), Eddy berhasil merayu orang tua Eni, Pak Soleh (Totos Rasiti) dengan mengatakan akan berangkat haji tahun ini.

Faktanya, untuk mendapatkan kuota visa haji resmi, Eddy diharuskan mengantri selama 10 tahun. Saat Eddy galau setengah mati, hidayah datang menghampiri.

Eddy tertarik mengambil jalur kilat dari agen travel haji yang sangat menjanjikan, dan dengan percaya diri ia menjual bengkel turun-temurun tempat ia mengais rejeki. Seluruh desa bersuka cita melepas kepergian Eddy berangkat ke tanah suci.

Sesampainya di Jakarta untuk transit, Eddy baru menyadari ternyata Ia ditipu Agen Travel Haji abal-abal. Dalam kebimbangannya, Eddy harus menyembunyikan hal ini dari siapapun, lalu pura-pura naik Haji. Eddy menunggu waktu yang tepat untuk pulang kampung, agar terlihat seperti benar-benar naik haji dan bisa segera menikahi Eni.

Ide film ini seolah terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi di Indonesia beberapa waktu lalu, sehingga menyentuh perasaan para penonton yang menyaksikan dan beberapa merasa terhubung dengan jalan ceritanya.

Menarik untuk memperhatikan akting antara Ria Irawan dengan Rizky Nazar disini yang berperan sebagai Ibu dan anak. Mereka berdua terlihat sangat kocak dan natural , membawa para penonton tertawa terpingkal-pingkal akan ulah akting mereka berdua.

Banyak adegan-adegan memorable dan didramatisir disuguhkan kepada penonton, adalah merupakan akibat dari cerita Sang Ibu kepada Eddy, yang sangat berharap agar anaknya ini sukses dan juga membanggakan keluarganya.

Baca Juga:  Teaser Baru Wonder Woman 1984 Memperlihatkan Cheetah Sedang Beraksi

Beberapa ide yang disampaikan Sang Ibu kepada Eddy, termasuk cerita mengenai alm Ayah Eddy yang dinilai berhasil membanggakan keluarga dan masyarakat. Berbekal semua inilah, Eddy memberanikan diri untuk membuktikan kepada semuanya, bahwa dirinya ini bukanlah pecundang, namun dapat membanggakan keluarga, dan juga keluarga Eni.

Hanung Bramantyo

Film Mekah I’m Coming yang tayang perdana (World Premier) di Jogja NETPAC – Asian Film Festival 2019 pada program Indonesia Screen Award, dapat dikatakan menarik dari segi ide cerita . Ditambah pula lagu-lagu yang terdapat dalam film ini, membawa nuansa kerinduan akan Mekah, juga terdapat kritik sosial mendalam, yang seolah mempertanyakan trend masa kini yang ingin semuanya serba instan dan cepat , tanpa memperhatikan segi keamanan dan  legalitas .

 

 

sumber foto https://news.jaff-filmfest.org/

 

Demi untuk mendapatkan yang instan inilah, membohongi orang tak lagi menjadi hal yang tabu , bahkan saat telah mengetahui bahwa dirinya tertipu, tetap berupaya membohongi sanak keluarga dan penduduk di kampungnya , tanpa memeperhitungkan efek yang dapat terjadi di belakangan hari.

Adanya kemasan adegan-adegan vloging , rekayasa foto yang saat ini juga tengah menjadi trend , membantu memberikan warna yang kocak dan segar. Penonton milenial dengan mudah mengaitkan kondisi ini dengan keseharian diri mereka sendiri dan hal ini merupakan sesuatu hal yang menyegarkan.

 

mekah i'm coming

 

Walaupun akhir cerita film ini terkesan klise , namun kekocakan yang ditimbulkan mampu menghibur dan dapat menjadi alternatif tontonan , bagi yang mencari sesuatu yang berbeda, ataupun sekedar ingin bernostalgia menyaksikan akting penutup dari aktris Ria Irawan .

Ria Irawan adalah seorang aktris yang telah dikenal mampu memerankan beragam karakter ini, seolah mengucapkan perpisahan dengan menyuguhkan suasana bahagia dan menyenangkan bagi para penggemarnya.

Baca Juga:  Zack Snyder Ungkap Kostum Hitam Superman Melalui Klip Baru Justice League



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.