Doom Patrol

Review Doom Patrol

996

Setelah season pertama Doom Patrol memperoleh sambutan baik dari penontonnya, maka season kedua pun kali ini menampilkan permasalahan baru , namun masih berhubungan dengan kejadian-kejadian pada season pertama.

 

 

Season kedua menampilkan lagi rahasia-rahasia gelap yang juga merupakan emosi terpendam para anggota Doom Patrol, yang kali ini anggotanya terbagi menjadi dua tipe yaitu versi mini dan versi normal.

Doom Patrol

 

Doom Patrol merupakan sekelompok mahluk-mahluk aneh dengan kekuatan super yang melawan sebuah dunia yang tak menginginkan mereka. Mereka bersama-sama melakukan investigasi fenomena paling aneh di bawah pimpinan ilmuwan gila masa kini,   The Chief atau Niles Caulder (diperankan oleh Timothy Dalton – “The Living Daylights”, “Licence to Kill”).

Para anggota yang lain adalah Crazy Jane  (Diane Guerrero), Elasti-Girl atau Rita Farr  (April Bowlby), Robotman atau Cliff Steele (Brendan Fraser), Negative Man  atau Larry Trainor  (Matt Bomer), Cyborg atau Victor Stone (Joivan Wade).

 

Season pertama

Dalam season pertama, sepanjang alur film telah dinarasikan oleh Mr Nobody (Alan Tudyk). Para anggota Doom Patrol harus mencari The Chief yang menghilang dalam dimensi lain bersama Mr Nobody.

Sepanjang pencarian tersebut, mereka juga bersama-sama belajar untuk mengatasi trauma, rahasia-rahasia gelap , hal ini disebabkan karena setiap anggota Doom Patrol telah mengalami kecelakaan mengerikan yang membuat mereka memiliki kemampuan manusia super, namun juga meninggalkan luka dan cacat secara fisik maupun dalam jiwa mereka masing-masing.

 

Penonton disuguhi kejadian-kejadian aneh yang membuat kehidupan manusia menjadi tidak normal dan para anggota Doom Patrol mau tak mau, suka atau tidak, terbawa dan terlibat dalam kejadian-kejadian aneh ini. Sebagian besar kejadian-kejadian aneh ini , sebagian besar dibuat oleh musuh bebuyutan The Chief yaitu Mr Nobody. Ini juga menjelaskan, alasan penyebab sepanjang alur film dinarasikan oleh Mr Nobodykarena dirinya adalah sutradara dari sebagian besar kejadian-kejadian aneh baik yang dialami bersama oleh para anggota Doom Patrol maupun sendiri-sendiri.

Baca Juga:  Dream Raider 《獵夢特工》direncanakan tayang 16 Agustus 2020 eksklusif di HBO GO dan HBO

Para anggota Doom Patrol seolah dipaksa harus menyelesaikan kejadian-kejadian aneh ini, sebelum membuat keadaan menjadi semakin buruk bagi diri mereka sendiri maupun kehidupan manusia lainnya. Mereka juga akhirnya belajar menerima sisi gelap mereka masing-masing, berjuang untuk tetap hidup di tengah bayang-bayang trauma mendalam mereka.

Sepanjang season pertama, penonton akan disuguhi hal-hal absurb dan juga gambar-gambar bertema komikal yang menarik .

Sebagai penutup season pertama, para anggota Doom Patrol bersama The Chief  menjadi versi mini, hanya satu yang selamat yaitu  Negative Man. Kemudian ada juga tokoh baru yaitu putri The Chief yang memiliki kekuatan super lainnya yang dapat menjadi tak terkendali, yaitu Dorothy Spinner (Abigail Shapiro) serta Animal-Vegetable-Mineral Man (Steven Larson), pria yang merupakan bagian dari tanaman, sebagian batu, dan sebagian dinosaurus

Steven_Larson      Doom Patrol

 

 

 

DC      DC

 

Season kedua

Setelah kekalahan Mr. Nobody, Doom Patrol kini mendapati diri mereka dalam vesi mini dan terkurung dalam mainan trek mobil balap Cliff Steele. Disinilah mereka harus berhadapan dengan perasaan berkhianat mereka dengan  The Chief .

Kali ini tidak ada narasi dari Mr Nobody, serta penonton lebih banyak disuguhi humor yang sarkastis beserta set lokasi mainan yang lucu.

Pada season ini, mulai juga diperkenalkan kekuatan super Dorothy Spinner yang muskil , namun seperti Crazy Jane , mampu menghancurkan dunia jika tidak bisa dikendalikan.

Jika pada season pertama, penyatuan karakter yang berbeda-beda antar anggota Doom Patrol telah mengakibatkan emosi dan konflik menarik, hingga akhirnya menjadi team yang agak kompak. Tentunya akan menarik untuk menyaksikan bagaimana kehadiran Dorothy  Spinner mampu memberikan dampak bagi masing-masing anggota yang lain, baik menjadi semakin baik atau memberikan hasil lain yang tak terduga.

Baca Juga:  Film Batman: Death in the Family Menempatkan Takdir Robin di Tangan Penggemar

 

Melalui alur cerita yang unik ini, ada suatu pembelajaran bahwa seburuk apapun masalah yang dihadapi, seseorang masih dapat bermanfaat bagi yang lain. Super hero pun dapat saja merupakan sekelompok orang-orang yang dianggap tidak normal dan berbeda dengan yang lainnya, serta memiliki cacat secara fisik maupun mental  namun tetap dapat menolong yang lain, selama percaya bahwa diri mereka mampu melakukannya.

 

 

Mengenai serial Doom Patrol

Doom Patrol diproduksi oleh Berlanti Productions bersama Warner Bros. Television.

Serial ini dikembangkan oleh Jeremy Carver (“Supernatural”, “Frequency”, “Being Human”) dan  executive produce  Geoff Johns (“Suicide Squad”, “Aquaman”, “Wonder Woman”, “Justice League”), Greg Berlanti (“Arrow”, “Titans”, “The Flash”, “Supergirl”, “DC’s Legends of Tomorrow”), Sarah Schechter (“Supergirl”, “Riverdale”, “Blindspot”) dan Chris Dingess (“Agent Carter”, “Eastwick”, “Kevin (Probably) Saves the World”).

Serial ini disadur dari karakter ciptaan komik DC karya Arnold Drake, Bob Haney dan Bruno Premian

komik Doom Patrol

Cover salah satu Komik Doom Patrol


Doom Patrol dapat ditonton melalui aplikasi HBO GO ini telah mulai tayang mulai tanggal 27 Juni 2020, dengan episode baru yang hadir setiap hari Jumat.

Penonton sudah dapat pula menyaksikan keseluruhan season pertamanya melalui aplikasi tersebut.

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.