Review Barb and Star Go to Vista Del Mar Tayang Di Bioskop 29 Maret 2021

189

Satu dekade sejak kolaborasi pertama mereka di Bridesmaids, Kristen Wiig kembali bekerja sama dengan rekan penulis skrip Annie Mumolo untuk Barb and Star Go to Vista Del Mar. Film bergenre komedi aksi ini disutradarai oleh Josh Greenbaum, sineas yang lebih dikenal dengan karya-karya dokumenternya.

Barb (Annie Mumolo) dan Star (Kristen Wiig) adalah dua wanita paruh baya yang telah menjalin persahabatan sejak lama hingga seakan sulit dipisahkan. Mereka tinggal bersama dan sama-sama bekerja sebagai bagian penjualan di toko yang sama.

Suatu ketika, keduanya kehilangan pekerjaan, setelah perusahaan ritel toko itu bangkrut. Berusaha keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru, Barb dan Star memutuskan mendatangi Vista Del Mar, sebuah resort hiburan di kawasan Florida, yang membawa mereka mengalami petualangan dan pengalaman terliar yang tidak pernah mereka duga sebelumnya.

 

Dalam fitur naratif pertamanya, sutradara Josh Greenbaum, tampaknya menguasai segalanya. Secara keseluruhan, ia membiarkan Mumolo dan Wiig melakukan urusan mereka sendiri dan jika lelucon tidak terdengar secara visual, masih banyak lelucon lain yang bisa membuat audiens tertawa.

Berbanding lurus dengan karakteristik dua tokoh utamanya, yang diperlihatkan sangat yakin dengan diri mereka dan segala keeksentrikkannya, jalan cerita film ini seperti mengikuti jejak karakternya yang absurd, berani menghadirkan momen-momen random, plotnya yang kacau dan beberapa dialog yang mungkin membuat kening berkerut.

Pun juga dengan segi visualnya yang sepertinya sengaja ditabrakkan. Betapa tidak, penampilan dua tokoh utamanya bergaya ala 1980an sementara setting film jelas bergulir di masa kini.

Sebagai sebuah paket hiburan, Barb and Star Go to Vista Del Mar adalah komedi kocak absurd yang rasanya akan mudah menjadi film cult klasik di masa akan datang. Pasalnya, sajian ceritanya secara mengejutkan tergolong berani sesuai dengan kesintingannya yang nyaris tidak terkendali.

Baca Juga:  Gina Gershon & Cheyenen Jackson Ramaikan Film Adaptasi Game Borderlands

Harus diakui memang Barb and Star Go to Vista Del Mar, bukan film untuk semua orang. Setidaknya, Anda harus sudah pernah menyaksikan Bridesmaids untuk dapat menikmati sajian film ini dengan lebih nyaman.

Formula kisahnya ibarat pencampuran Dumb and Dumber, Austin Powers, Zoolander, Airplane!, dan Wet Hot American Summer. Baik itu dari adanya tokoh antagonis unik ala-ala film James Bond, adegan musikal tiba-tiba, pun juga dengan perkembangan penceritaan yang sulit diduga. Film ini sinting, juga cerdas, dan sedikit konyol โ€“ tiga elemen solid untuk komedi sempurna.

Ditilik dari tema utamanya, Barb and Star Go to Vista Del Mar adalah kisah tentang persahabatan. Penampilan dan chemistry Kristen Wiig — Annie Mumolo merupakan letak magis dari film ini. Keberanian mereka berdua melakukan hal konyol apa saja untuk tujuan memancing tawa dan sama-sama bersinar dalam kerjasama di depan layar ini layak mendapat pujian. Ditambah dengan kejutan penampilan Jamie Dornan yang komedik, menambah greget kelucuan di film ini.

Setelah beberapa rilis komedi sangat lucu di platform streaming selama beberapa bulan terakhir, seperti: Borat: Subsequent Moviefilm, Palm Springs dan The Prom dari Ryan Murphy, film yang mungkin di bawah radar adalah Barb dan Star Go to Vista Del Mar. Film ini terlalu gila dan hiperaktif untuk tidak dinikmati dan sajiannya adalah sesuatu yang jarang kita lihat dalam komedi saat ini. Inilah yang membuat film ini terasa segar dan menonjol dari banyaknya komedi yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir.

Barb and Star Go to Vista Del Mar akan bisa disaksikan di bioskop tanah air mulai 29 Maret 2021

Baca Juga:  Press Conference Launching Official Trailer dan Poster Film "Tarian Lengger Maut"



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.