Rekap Saga Halloween Jelang Rilis Halloween Kills

133

Halloween Kills adalah entri berikutnya dalam franchise Halloween dan yang kedua dalam trilogi reboot, jadi film mana yang perlu Anda tonton terlebih dahulu sebagai rekap saga Halloween? Halloween menceritakan kisah Michael Myers, yang pada malam Halloween 1963, membunuh kakak perempuannya ketika ia baru berusia enam tahun. Michael kemudian dikirim ke Smith’s Grove Sanitarium. Lima belas tahun kemudian, pada 30 Oktober 1978, Michael melarikan diri dan kembali ke kampung halamannya Haddonfield, Illinois, dan mulai menguntit Laurie Strode (Jamie Lee Curtis) dan teman-temannya. Laurie menjadi satu-satunya yang selamat dari pembunuhan Michael pada malam Halloween dan terus menjadi target utamanya di sebagian besar film. Sekarang, franchise Halloween telah melalui beberapa retcon, dan timeline saat ini membuat beberapa perubahan besar pada cerita Michael dan Laurie.

Pada tahun 2018, Halloween mengalami reboot dengan film baru yang disutradarai oleh David Gordon Green dan ditulis olehnya, Danny McBride, dan Jeff Fradley. Halloween menyatukan kembali pemirsa dengan Laurie Strode dan melihat pelarian baru dan pembunuhan besar-besaran dari Michael, dan ini hanyalah awal dari trilogi baru. Halloween Kills dan Halloween Ends akan menyelesaikan trilogi reboot, dan menjelang perilisan Halloween Kills, ini adalah saat yang tepat untuk membuat rekap saga Halloween dan meninjau kembali film-film paling penting dalam franchise untuk memahami cerita baru ini. Halloween Kills akan melanjutkan kisah Michael Myers dan Laurie Strode setelah peristiwa Halloween besutan David Gordon Green, dan inilah rekap saga Halloween untuk memilih film-film mana yang perlu Anda tonton ulang.

Film Halloween manakah yang merupakan canon?

Franchise Halloween mencakup 13 film (termasuk Halloween Kills dan Halloween Ends) meski sejatinya beberapa filmnya tidak mengikuti kontinuitas yang sama. Setidaknya ada empat timeline yang diakui membagi universe Halloween, dengan pengecualian Halloween III: Season of Witch yang tidak berkaitan dengan saga Michael Myers.

  • Laurie asli (Jamie Lee Curtis)
Baca Juga:  HBO Max Ungkap Dua Poster Unik dari Peacemaker

Mulai dari film Halloween pertama hingga Halloween: The Curse of Michael Myers. Timeline ini sempat mengalami perubahan protagonis ketika Laurie diceritakan tewas karena kecelakaan mobil antara Halloween II dan Halloween 4: Returns of Michael Myers. Putrinya, Jamie Lloyd menggantikan posisinya sebagai target baru Michael, dan di Halloween: The Curse of Michael Myers, bayi laki-laki Jamie menjadi target setelah kematian Jamie.

  • H20

Mencakup H20: 20 Years Later dan Halloween Ressurection, di sini diceritakan Laurie memalsukan kematiannya dan mengubah indentitasnya. Tokoh Jamie tidak ada di timeline ini, sebagai gantinya adalah putra Laurie, John. Sementara Ressurection menceritakan pasca kematian Laurie, Michael menargetkan sekelompok orang yang mengambil alih rumahnya untuk sebuah program reality show.

  • Remake Rob Zombie

Terdiri atas Halloween dan Halloween II, ini adalah hasil remake Rob Zombie terhadap premis saga asli Halloween dengan menambahkan perubahan besar pada latar belakang Michael dan Laurie, serta dosis kekerasan dan lebih berdarah.

  • Versi reboot

Dimulai pada tahun 2018 lewat Halloween, film ini berfungsi sebagai sekuel langsung dari film pertama Halloween asli John Carpenter sekaligus mengapus semua kekacauan timeline bercabang yang sudah ada.

Berdasarkan hal itu berikut ini judul Halloween mana saja yang sebaiknya perlu ditonton ulang untuk rekap saga Halloween sebelum menyaksikan Halloween Kills.

Halloween (1978)

Halloween II (1980)

Meski sekarang bukan bagian dari timeline canon, Halloween II ada baiknya ditonton ulang, karena Halloween Kills memiliki beberapa referensi untuk itu. Halloween II melanjutkan langsung film pertamanya, dan merupakan film yang memperkenalkan plot twist Laurie menjadi adik Michael yang disiapkan untuk diadopsi setelah kematian orang tua mereka, sehingga memberikan Michael alasan (walaupun salah satu) untuk mengejarnya.

Baca Juga:  Oh Wonder Hadir di Mola Chill Fridays

Halloween: The Curse of Michael Myers

Juga bukan bagian timeline reboot tapi juga dikabarkan memiliki beberapa referensi untuk Halloween Kills. Beberapa di antaranya adalah tokoh Tommy Doyle, pria yang kemudian terobsesi dan menemukan kebenaran tentang motif “kejahatan murni” dari Michael Myers.

Halloween (2018)

Seperti sudah disebutkan, film ini mengabaikan semua sekuel dari film aslinya. Jadi di sini Michael dan Laurie bukan saudara kandung dan memiliki keluarga yang berbeda. Di sini diceritakan Michael yang ditangkap pada tahun 1978 dikirim kembali ke Smith’s Grove selama 40 tahun. Setelah berhasil kabur lagi, Michael kembali ke Haddonfield. Bersama putrinya, Karen, dan cucunya, Allyson, Laurie, bergabung untuk melindungi satu sama lain dan kota. Di akhir Halloween, keluarga Strode menjebak Michael dan membakarnya, tetapi itu pun tidak cukup untuk membunuhnya. Halloween Kills akan mengisahkan penduduk Haddonfield membentuk kelompok untuk memburu Michael Myers, dipimpin oleh Laurie, Karen, Allyson, Tommy, dan Lindsey.