EoS 2021

Rangkaian lokakarya EoS 2021 memberikan pandangan baru

66

Antusiasme penonton terhadap festival dan film Eropa terus bertambah setiap tahunnya. Itulah yang menjadi salah satu alasan , mengapa EoS 2021 tetap diadakan tahun 2021 ini, walaupun dalam edisi online.

Salah satu kegiatan yang dilakukan sebelum para penonton ini mulai dapat menonton film-film yang dipilih melalui festivalscope nanti mulai tanggal 15-27 September 2021 , adalah lokakarya, yang telah berlangsung dan sedang dalam proses berlangsung.

Adapun lokakarya yang telah berlangsung adalah

  • Lokakarya Akting bersama Vincent Riotta (aktor pendukung dari film “The Two Popes” serta pemenang Aktor Terbaik dalam Barcelona Film Festival , pada tanggal 6-7 September 2021 pukul 14.00 WIB

 

  • Lokakarya Audio Visual bersama Alessandra Pastore (produser, anggota Akademi Film Eropa dan pembicara dalam Torino Film Lab 2014, 2017, 2018) , pada tanggal 8-11 September 2021 pukul 14.00 WIB.

Adapun lokakarya yang masih berlangsung

  • Lokakarya Film Editing bersama Cédric Zoenen (film editor for Albert Berger dan “Valley of Souls”), pada tanggal Rabu-Sabtu, 13-14 September 2021 pukul 14.00 WIB.

 

Salah satu lokakarya yang diikuti oleh Cinemags (diwakili Nuty Laraswaty) adalah lokakarya bersama Alessandra Pastore, yang merupakan memiliki 15 tahun pengalaman dalam industri audiovisual.
Dia telah bekerja di bidang produksi selama hampir 10 tahun dan dia telah terlibat dalam pengaturan dan koordinasi program pelatihan kejuruan internasional untuk para profesional baru.
Dia sering dipanggil untuk memberi kuliah tentang inisiatif pelatihan dan dia mengkhususkan diri dalam kuliah untuk produser baru.

Alessandra adalah pendiri dan pengelola LAND-Local Audiovisual Network & Development, sebuah format untuk mengembangkan keterampilan dan jaringan profesional di lingkungan lokal sehubungan dengan pekerjaan Komisi dan Wilayah Film.

Baca Juga:  Mau nonton apa di EoS 2021?

Sejak 2016, dia adalah Koordinator Industri di When East Meets West, forum produksi bersama di Trieste (Italia). Mulai tahun 2019, Alessandra menjadi Head of Industry of Meeting Point – Vilnius, acara Work In Progress industri di bawah Vilnius International Film Festival – Kinopavasaris. Dia telah duduk di 2019-2020 dewan Kementerian Kebudayaan Italia sebagai anggota komite evaluasi untuk skema produksi bersama Minoritas.

Alessandra adalah anggota Akademi Film Eropa.

Selama mengikuti lokakarya tersebut, dapat dirasakan begitu banyak ilmu dan pengalaman Alessandra yang dibagikan kepada para peserta.

Tanpa basa basi, dia membeberkan secara detil dan secara lengkap mengenai bagaimana proses produksi film, berikut dokumen legal dan finansial yang harus dihadapi dan dipersiapkan oleh para pembuat film, agar dapat mengantisipasi segala permasalahan yang timbul.

Dalam lokakarya ini, dia juga memberikan kesempatan agar para peserta dapat berdiskusi dan mengajukan pertanyaan, hingga hal-hal yang sangat detil, agar dapat tetap “survive” di industri film dengan segala rintangan yang dapat diprediksi maupun tidak dapat diprediksi seperti halnya Pandemi COVID-19.

Lokakarya yang sangat mendetil ini, merupakan salah satu acara yang sangat membantu para pemula hingga yang telah memiliki pengalaman lama di industri film