Pinocchio Versi Guillermo del Toro Akan Sangat Berbeda Dari yang Sebelumnya, Begini Penjelasan Sang Sutradara

303

Salah satu impian terbesar sutradara asal Meksiko ini adalah menghadirkan cerita klasik anak-anak, Pinocchio. Usut punya usut, proyeknya telah diumumkan tahun kemarin, rencananya del Toro akan menampilkan versi stop motion animasi Pinocchio. Ia juga yang menulis, memproduseri, sekaligus menyutradarai versi terbaru dari kisah mengenai boneka yang ingin menjadi anak lelaki sungguhan ini, semua berdasarkan buku Pinocchio yang diilustrasikan Gris Grimly.

Jika Anda akrab dengan karya-karya Gris Grimly, ilustrator yang juga pernah berkolaborasi dengan Neil Gaiman (penulis The Good Omen, American Gods, Stardust) untuk buku The Dangerous Alphabet ini memiliki gaya visual ke-Tim Burton-an. Tidak seperti ilustrator buku anak pada umumnya yang bereksperimen dengan bentuk lucu serta warna colorful, Grimly seperti namanya, memiliki gaya visual yang terbilang suram bagi imajinasi anak-anak.

Hasilnya?, tentu saja Anda dapat berekspektasi Pinocchio versi del Toro nantinya akan sangat berbeda dari versi klasik animasi Diney atau versi pengarang aslinya, Carlo Collodi.

Filmnya mengambil seting di Italia pada era 1930-an, dimana negeri tersebut saat itu mengalami momen sejarah yang tengah bergejolak di bawah kuasa fasisme Benito Mussolini.

Dalam wawancara bersama Variety, del Toro menjelaskan bahwa baginya, “Pinocchio, sangat mirip dengan Frankenstein yang sama halnya seperti kanvas kosong (tabula rasa), ia mempelajari dunia sekitarnya dan bagaimana rasanya menjadi manusia. Saya sangat tertarik dengannya secara tematis – dan saya tidak ingin membocorkan spoiler mengenai apakah filmnya – it’s about something that is in all of my movies, which is choice. Itu tema yang sangat saya sukai. ”

Del Toro melanjutkan, “Saya pikir versi Collodi khususnya, sangat represif. Ini pada dasarnya adalah dongeng yang sangat brutal mengenai pembangkangan dan dosa. Dan saya pikir ketidaktaatan adalah awal dari kehendak, dan awal dari pilihan. … Saya pikir ada sesuatu yang sangat menarik tentang melihat ketidaktaatan sebagai suatu kebajikan, atau sebagai awal dari suatu kebajikan. ”

Baca Juga:  Lihat Penampilan Elric Bersaudara dalam Trailer Live-Action Fullmetal Alchemist

Stop-motion animasi Pinocchio baru akan tayang di Netflix pada tahun 2021.

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.