Perihal Informasi Film Minari

123

Salah satu film yang tengah menjadi unggulan di ajang Oscar 2021 yang akan digelar pada tanggal 26 April mendatang, Minari dipastikan tayang di bioskop tanah air. Menjelang masa rilisnya tersebut, berikut kami hadirkan pelbagai perihal mengenai film Minari yang sebaiknya diketahui bagi kalangan penonton yang berminat untuk menyaksikannya.

 

Premis film Minari

Film Minari berkisah tentang sebuah keluarga asal Korea Selatan yang pindah ke Arkansas dan mulai bertani pada tahun 1980-an. Fokusnya sendiri adalah pasangan Korea Amerika bernama Jacob dan Monica Yi yang berjuang mengejar apa yang mereka anggap sebagai American Dream mereka.

Dengan membawa kedua anaknya, Jacob dan Monica berharap bisa segera menyesuaikan diri dengan lingkungan baru di Arkansas dengan kondisi perekonomian keluarga yang lebih baik. Namun, sudah tentu memulai sesuatu yang baru mendatangkan tantangan besar tersendiri. Di tengah upaya beradaptasi tersebut, permasalahan dimulai ketika nenek (Yoon Yeo-jeong) yang memiliki watak keras kepala namun penyayang hadir dalam keluarga Jacob dan Monica Yi. Selain harus berkutat dengan lingkungan baru dan konflik keluarga, Jacob dan Monica juga harus menghadapi perbedaan budaya serta stereotip masyakarat sekitar terkait imigran.

 

 

 

Sumber inspirasi film Minari

Penulis dan sutradara Lee Isaac Chung menulis di Los Angeles Times tentang bagaimana ia bisa menulis Minari. Chung mengungkapkan bahwa ia akan mulai mengajar penuh waktu demi keluarganya dan berpikir ia akan menulis satu naskah terakhir dalam beberapa bulan sebelum pekerjaannya dimulai. Putus asa akan inspirasi, ia menutup matanya di kedai kopi biasa dan kata-kata “Willa Cather” terngiang di telinganya. Chung kemudian mengingat nama itu adalah novelis wanita yang menulis tentang kehidupan di Great Plains berjudul My Antonia. Dan Chung sendiri jatuh cinta dengan novel tersebut. Ia mengetahui bahwa Cather awalnya meniru novelis terkenal yang menulis tentang kehidupan kota, mengira pengalaman pedesaannya sendiri tidak akan diterima. Merasa tidak puas, Cather kemudian menulis cerita pedesaan yang sukses yang jujur โ€‹โ€‹pada dirinya sendiri. Ia berkata, “Hidup dimulai untuk saya, ketika saya berhenti mengagumi dan mulai mengingat.”

Baca Juga:  Ini Dia Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2021!

Merefleksikan hal ini, Chung berkata, “Saya bertanya-tanya apakah suara itu menuntun saya pada kata-kata ini, sehingga saya akan mulai percaya pada kata-kata saya sendiri. Sebagai latihan, saya menghabiskan sore untuk menulis kenangan masa kecil saya. Saya ingat keluarga kami. tiba di trailer satu lebar di padang rumput Ozark dan ibu saya kaget saat mengetahui bahwa ini akan menjadi rumah baru kami. Saya teringat bau tanah yang baru dibajak dan warna yang menyenangkan ayah saya. Saya teringat sungai tempat saya melemparkan batu ke ular sementara nenek saya menanam sayuran Korea yang tumbuh tanpa usaha. Dengan setiap ingatan, saya melihat hidup saya lagi, seolah-olah awan telah bergeser di atas bidang yang saya lihat setiap hari. Setelah menulis 80 kenangan, saya membuat sketsa narasi dengan tema tentang keluarga, kegagalan dan kelahiran kembali. Begitulah cara saya mendapat ide untuk menulis ‘Minari’; itu dimulai untuk saya, ketika saya berhenti mengagumi dan mulai mengingat.”

 

Inspirasi judul film Minari

Judul film Minari diambil dari nama salah satu sayur dalam bahasa Korea. Minari adalah peterseli air yang banyak tumbuh di Korea. Minari biasanya tumbuh di awal-awal musim semi. Minari memiliki batang yang panjang dan daun yang mirip peterseli di Amerika. Minari tumbuh paling subur di bagian selatan Korea Selatan. Ada banyak ladang dan lahan basah dengan sinar matahari yang baik untuk tanaman minari. Minari mulai dibudidayakan di daerah tersebut pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Saat itu, minari masih ditanam secara khusus di sawah dan di rumah kaca.

 

Pemain film Minari

Pemain utama film ini adalah Steven Yeun, aktor berdarah Korea yang angkat nama sebagai pemeran Glenn di serial The Walking Dead. Yeun sendiri beberapa tahun belakangan ini kariernya tengah meningkat tajam. Aktor pengisi suara protagonis utama serial animasi The Invincible ini berkat penampilannya di film Minari menjadikannya aktor Asia Amerika pertama berdarah Asia Timur yang menjadi nominator Oscar untuk Best Actor.

Baca Juga:  Komentar Dee Bradley Baker soal The Bad Batch , buat penasaran

 

Raihan penghargaan

Jadi salah satu unggulan di ajang Oscar mendatang, film Minari sudah banyak mengantungi pelbagai penghargaan bergengsi di ajang-ajang festival film internasional, baik itu untuk kategori filmnya, maupun insan film yang ikut ambil bagian di dalamnya, seperti Lee Isaac Chung dan Steven Yeun. Andaikata film Minari berhasil menjadi Best Picture di ajang Oscar mendatang, film ini akan menjadi kali kedua film terbaik Oscar yang berbahasa Korea, setelah Parasite di Oscar 2020 lalu.

 

Proses syuting

Seluruh proses syuting film ini berlangsung selama 25 hari dengan mengambil lokasi di Tulsa. Dimulai pada bulan Juli, proses produksinya menyedot lebih dari 170 penggerak industri di Oklahoma.

 

Film Minari dijadwalkan tayang di bioskop pada 21 April 2021




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.