Perbedaan Kostum Captain America Sam Wilson dari Steve Rogers

1057

PERINGATAN: berikut ini berisi SPOILER untuk yang belum sempat menyaksikan episode finale serial  The Falcon and the Winter Soldier, di mana Sam Wilson akhirnya resmi menjadi Captain America Sam Wilson.

Pada episode final serial The Falcon and the Winter Soldier, akhirnya Sam Wilson resmi menjadi Captain America. The Falcon and the Winter Soldier mengikuti Sam Wilson (Anthony Mackie) saat ia memutuskan apakah akan menjadi suksesor Captain America atau tidak, dan Bucky Barnes (Sebastian Stan), yang masih berjuang dengan hantu masa lalunya yang kelam sebagai Winter Soldier.

Bersama-sama, Sam dan Bucky berhadapan dengan kelompok radikal yang dikenal sebagai The Flag Smashers. Tetapi, mereka bukan satu-satunya masalah yang harus dua sahabat karib Steve Rogers ini tangani. Karena Sam awalnya menyerahkan perisai Captain America pada pemerintah, para pejabat tinggi kemudian mendaulat John Walker (Wyatt Russell) sebagai Captain America yang baru, meski kemudian terbukti bahwa sepak terjang Walker tidak layak untuk itu. Setelah beberapa pergumulan batin, Sam akhirnya memutuskan untuk memenuhi keinginan Steve Rogers sebagai penerusnya sebagai Captain America yang baru.

Atas jasa Bucky yang membuat perjanjian dengan Dora Milaje atas nasib Baron Zemo (Daniel Brühl), Sam dihadiahi kostum baru yang dibuat dengan teknologi mutakhir Wakanda. Kostum ini memadukan dua sisi terbaik dari sepak terjangnya sebagai the Falcon dan karakter spesifiknya, serta karakteristik khas kostum Captain America.

 

Merujuk pada penceritaan di jagat komiknya, Sam Wilson memang diceritakan juga menjadi Captain America dan mengenakan kostum baru. Untuk versi hidupnya, meski tentunya ada beberapa perubahan guna lebih sesuai dengan gaya MCU, secara keseluruhan tampilan kostum Captain America Sam Wilson ini setia pada desain dari komiknya.

Baca Juga:  Disney Kembali Hadirkan Trailer Seru dan Menarik dari Hawkeye

Dari tampilannya, logo yang ada di kostum Captain America Sam Wilson versi hidup ini dibuat lebih sederhana dari logo yang diperlihatkan di versi komiknya, guna lebih menonjolkan pelbagai detail lain di kostumnya. Sedangkan, komposisi warnanya sama dengan versi komiknya (biru, merah, dan putih) yang membuatnya pas sebagai paduan kostum Falcon dengan Captain America.

Sebagai perbandingan di Avengers: Endgame, Steve Rogers mengenakan kostum yang dilengkapi sabuk tambahan di kedua sisi bahunya untuk menyandang perisainya, ia juga kembali memasang lambang bintang di dadanya, setelah sempat ia copot karena konflik Civil War, dan juga logo Avengers. Mengingat Steve adalah seorang Super Soldier, sangat dimaklumi kalau ia tidak membutuhkan banyak area perlindungan di kostumnya.

Sementara untuk Sam yang notabene manusia biasa, ia butuh area perlindungan khusus. Dan ini begitu kentara terutama di bagian dadanya, kedua sarung tangannya juga berubah menjadi sarung tangan besi, bagian visor matanya kini dilengkapi dengan teknologi sensor, dan ditambahkan sayap yang membuatnya bisa terbang atau melindungi dirinya dari ledakan atau benturan keras. Tidak lupa, ‘asisten pribadinya’, Redwing juga menjadi bagian dari kostum barunya ini.

Perlu diingat juga bahwa Sam bukanlah seorang Super Soldier meski ia menguasai pelbagai teknik tempur, ia membutuhkan lebih banyak perlindungan daripada Steve dan karakter lain dengan kekuatan super. Jadi, teknologi Wakanda pasti ada di dalam kostum ini- meskipun apakah bagian dari setelan itu, terbuat dari vibranium seperti kostum Black Panther atau tidak, saat ini belum diketahui.

Sudah tentu, episode finale dari serial The Falcon and the Winter Soldier tidak akan menjadi kali terakhir fans Marvel melihat Sam dalam setelan kostum Captain America baru ini, mengingat perjalanan sepak terjangnya sebagai Captain America Sam Wilson baru saja dimulai, dan pencanangan dari Marvel sendiri bakal menghadirkan Captain America 4 sebagai salah satu proyek masa depan mereka.

Baca Juga:  Promo Baru Dune Menyoroti Visi Epik & Ambisius dari Denis Villeneuve

Serial The Falcon and the Winter Soldier seluruh episodenya dapat disaksikan di Disney + Hotstar




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.