Pemeran Darth Vader, David Prowse Meninggal Dunia di Usia 85 Tahun

491

David Prowse, atlit dan aktor Inggris yang sangat dikenal sebagai pemeran fisikal Darth Vader (suaranya di gantikan oleh James Earl Jones) dalam trilogi Star Wars pertama, telah meninggal pada usia 85 tahun. Karier Prowse di film dan televisi berlangsung selama enam dekade, dengan peran terakhirnya terjadi pada tahun 2016. Selama karirnya, Prowse tidak hanya terlibat dalam trilogi Star Wars orisinal karya George Lucas, tetapi dia juga muncul dalam A Clockwork Orange karya Stanley Kubrick dan serial orisinal Doctor Who.

Menurut laporan dari CNN, agen Prowse, Thomas Bowington mengumumkan melalui Twitter bahwa aktor Star Wars tersebut meninggal pada minggu pagi waktu setempat setelah pertarungan singkat dengan penyakit dideritanya. Prowse telah menjalani perawatan untuk kanker prostat pada 2018, tetapi tidak jelas apakah itu terkait dengan kematiannya. Berita kematian Prowse diumumkan melalui Bowington Management di Twitter: “Dengan penyesalan yang besar dan kesedihan yang menyayat hati bagi kami dan jutaan penggemar di seluruh dunia, untuk mengumumkan bahwa klien kami Dave Prowse M.B.E. telah meninggal dunia pada usia 85 tahun.”

Pemeran Luke Skywalker, Mark Hamill juga memberikan penghormatan kepada aktor Darth Vader pada hari Minggu, “Sangat sedih mendengar David Prowse telah meninggal. Dia adalah pria yang baik & lebih dari Darth Vader. Aktor-Suami-Ayah-Anggota dari Order of the British Empire, 3 kali Juara Angkat Besi Inggris & Ikon Keselamatan the Green Cross Code Man. Dia mencintai para penggemarnya seperti halnya mereka mencintainya.”

Darth Vader

Prowse mendapat perhatian di masa mudanya untuk dedikasinya sebagai atlet dan binaragawan untuk Inggris Raya di Commonwealth Games pada 1960-an. Kemudian, dia membuka gym di London dan bahkan membantu melatih Christopher Reeve untuk perannya sebagai Superman. Prowse memiliki tinggi dan bentuk fisik yang ideal, jadi tidak mengherankan jika pekerjaannya sebagai aktor menempatkannya dalam peran di mana karakternya diperlukan untuk membuat dampak fisik. Sebelum terpilih untuk berperan sebgai Darth Vader pada tahun 1977, Prowse pernah “menghidupkan” monster Frankenstein sebanyak tiga kali: Di Casino Royale tahun 1967, di The Horror of Frankenstein tahun 1970, dan di tahun 1974 melalui Frankenstein and Monster From Hell. Prowse juga pernah memerankan Julian si pelayan di A Clockwork Orange.

Setelah 20 tahun peran kecil di televisi dan film, kehidupan Prowse berubah selamanya ketika ia ditawari peran sebagai Darth Vader dan Chewbacca dalam Star Wars: Episode IV – A New Hope; sisanya adalah sejarah setelah itu. Dalam wawancara 2008 dengan NPR, Prowse ditanya mengapa dia memilih hanya untuk memerankan Darth Vader ketika ditawari dua peran. Prowse menjawab, “Nah, jika Anda mengingat kembali semua film yang pernah Anda lihat di mana ada hal-hal baik dan buruk … Anda selalu ingat sang penjahat.”

Sebagai bagian integral dari salah satu franchise terpenting dalam sejarah perfilman, Prowse akan selamanya menjadi legenda dan akan selalu dikenang. Rest in Peace Vader.

Baca Juga:  Trailer Voyagers Ungkap Kegilaan & Paranoia di Luar Angkasa

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.