Cinta Lokasi Indonesia

Pemenang “CINTA LOKASI INDONESIA” sudah diumumkan

114

Pada tanggal 16 September, Motion Picture Association (MPA) bermitra dengan Forum Bisnis & Pasar Film AKATARA, APROFI, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk mengumumkan pemenang kompetisi video “Cinta Lokasi Indonesia”.

Belinda Lui, President & Managing Director, Asia Pasifik, Motion Picture Association, mengatakan, “Kami sangat senang dengan tanggapan dari kompetisi video lokasi syuting ini. Kami menerima peserta dari daerah seperti Aceh, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Kilimantan Timur, Sulawesi Utara, Papua Barat, dan banyak lainnya. Jelas bahwa Indonesia kaya dengan lokasi yang bagus untuk syuting film dan acara televisi, dan juga begitu kaya dengan bakat kreatif. Kami berterima kasih kepada pemerintah dan mitra industri kami untuk berkolaborasi dalam konsep inovatif ini, dan berharap semua pembuat film berhasil dengan proyek masa depan mereka.”

 

Lima juri menilai karya peserta berdasarkan berbagai faktor, termasuk tingkat kreativitas dan keorisinilan, dan seberapa efektif video tersebut mempromosikan keistimewaan dari lokasi pembuatan film yang mereka pilih.

Ibu Hanifa Makarim selaku Direktur Akses Keuangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan pemenang kompetisi ini, dan mengomentari kualitas video para peserta, ia mengatakan, “Film sebagai media komunikasi cukup efektif untuk mempromosikan destinasi wisata dan menggali potensi di berbagai daerah. Program cinta lokasi adalah program yg sejalan dengan target promosi pariwista melalui film yg diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi destinasi wisata yang dimunculkan dalam film, antara lain adanya peningkatan yang signifikan dalam sektor pariwisata, mulai dari awareness masyarakat terhadap destinasi wisata, peningkatan popularitas, sampai pada peningkatan jumlah pengunjung wisata tersebut.”

Baca Juga:  The King’s Affection ; bisa jadi ini akan jadi tontonan favoritmu

“Kami mengucapkan selamat kepada pemenang kompetisi Cinta Lokasi Indonesia, Ivan Oeilex, untuk karya video favorit juri, Sulawesi Selatan.”

Ivan Oeilex akan menerima drone Phantom 4 Pro v2.0, yang merupakan solusi pengambilan gambar dari udara lengkap, yang dirancang untuk pembuat konten profesional.

Juri terdiri dari :

Ibu Wulan Guritno – Aktris, Produser dan anggota APROFI,

Ibu Hanifah Makarim – Direktur Akses Keuangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,

Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto – M.Eng Direktur Pemberdayaan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika,

Bapak Ahmad Mahendra – Direktur Film, Musik dan Media Baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Bapak Agung Sentausa – Direktur/Kepala Pembiayaan Film, BPI & Pendiri AKATARA.

 

Penghargaan kedua diberikan kepada video terpopuler yang dipilih oleh masyarakat yang mengunjungi website Cinta Lokasi Indonesia.

Pemenangnya adalah Billy Prayoga, dari Pasundan, untuk video promosinya The Part of Pasundan. Billy akan menerima Hero Kit Smartphone MPA 2021 dari Treehouse Smartphone Storytelling. Termasuk dalam Kit ini adalah beberapa aksesori profesional untuk mengubah Smartphone menjadi kit pemotretan profesional siap pakai.

Kompetisi video untuk pembuat film dan pembuat konten ini ditutup pada tanggal 31 Juli dengan 98 peserta dari seluruh nusantara.

Untuk melihat video yang dimaksud, klik disini

(cinemags)