Paranormal Activity: Sinopsis dan Ulasan

391

Untuk kesekiankalinya kembali terbukti bahwa bujet bukanlah faktor mutlak yang menentukan sukses atau tidaknya raihan keuntungan yang dicapai suatu film, mau tidak mau itulah yang pertama terbersit di kepala, selain semakin yakin bahwa film-film yang diambil dengan pendekatan tayangan reality show umumnya selalu berhasil (The Blair Witch Project, Cloverfield, Quarantine, REC, District 9, bahkan film nasional Keramat).

Betapa tidak setelah kesuksesan besar yang berhasil ditorehkan oleh District 9, pencapaian yang jauh lebih luar biasa dihasilkan oleh film horor karya perdana sutradara Oren Peli ini, yang setidaknya mengurangi kekecewaan terhadap banyaknya film-film unggulan rilisan 2009 yang meraup hasil yang di bawah perkiraan.

 

Khususnya Paranormal Activity tak tersangkalkan lagi kalau film ini adalah film 2009 yang paling fenomenal, pasalnya film yang dibuat dalam bujet sangat minim itu mampu meraup keuntungan hingga ratusan kali lipat bujet produksinya, sekaligus menempatkan film ini sebagai penghasil laba bersih paling tinggi di antara seluruh film rilisan 2009.

Berbeda dengan film-film sukses lainnya, yang umumnya dibuat dengan biaya yang ekstravaganza guna mampu menyuguhkan tampilan yang spektakuler, film ini sangatlah simpel dalam makna yang sesungguhnya. Hanya berisikan dua pemain sentral dan pemain figuran yang jumlahnya bahkan lebih sedikit dari hitungan jari tangan. Begitupun dengan setnya, hanya berada di dalam satu rumah. Soal efek apalagi, boleh dikatakan bahkan tayangan serial televisi fantasi maupun fiksi ilmiah bisa berisikan spesial efek yang unggul jauh di atasnya.

Cerita yang diusung pun sangatlah sederhana, Paranormal Activity  hanya berkisah tentang pasangan muda yang sering mendapat gangguan supranatural selepas tengah malam menjelang pagi menjelang. Dari kerangka cerita yang sangat minimalis itu, bergulir kemasan film yang terbukti berhasil menghadirkan atmosfer rasa takut yang maksimal dan komersil, serta tensi ketegangan yang terus naik hingga puncak.

Baca Juga:  Aaron Taylor-Johnson Bergabung dengan Proyek Terbaru Bard Pitt, Bullet Train

Pasangan muda, Katie dan Micah, pindah ke rumah baru dan Micah merekam aktivitas mereka di kamera videonya. Setelah kejadian aneh di malam hari, Katie mengakui saat masih kecil, dia pernah mengalami kehadiran hantu di kamarnya. Dia merasakan dan sekarang khawatir itu mungkin telah mengikutinya ke tempat baru mereka. Micah skeptis dan memasang kameranya di kamar mereka untuk merekam aktivitas semalam. Setelah beberapa hari, mereka melihat pintu kamar tidur mereka bergerak dan jelas ada kehadiran di rumah mereka. Dan itu semakin memburuk.

 

 

Adalah gaya penyajiannya yang membuat film ini istimewa. Diambil dengan media CCTV dan handheld camera, gaya yang kerap ditemui dalam berbagai tayangan reality show yang kini menjadi tren program acara televisi berdampak sangat efektif, nuansa seram yang ada di film ini bisa terekspos secara maksimal, karena adegan-adegan yang ada menjadi terlihat sangat nyata yang pada kelanjutannya sanggup menghadirkan rasa takut psikologis dalam diri penontonnya.

Satu nilai lebih lagi, berbeda dengan sajian horor biasa yang adegan seramnya muncul tanpa peringatan, porsi horor film ini dibuat berkotak-kotak (penunjuk waktu berjalan lambat setiap akan ada adegan seram) seakan-akan menantang nyali para penontonnya. Penggunaan sepasang aktor-aktris yang sama sekali tidak terkenal juga merupakan langkah pintar pada film ini, di mana sempat banyak publik yang mengira sajian dalam Paranormal Activity adalah nyata adanya.

Pencapaian Paranormal Activity juga semakin spektakuler jika mengetahui fakta bahwa film ini sebenarmya sangat diragukan oleh banyak studio bahkan oleh pihak yang kemudian merilisnya (Paramount Pictures dan DreamWorks Pictures), tadinya film ini bakal mendapat ‘polesan’ total sebelum kejelian dan pengalaman Spielberg menyelamatkan format asli film ini.

Baca Juga:  Ini Dia Tanggal Rilis Baru Ghostbusters: Afterlife

Dilihat dari berbagai aspek, meski apa yang dihadirkan di sini tak sepenuhnya baru dan tidak mutlak pasti menghadirkan rasa takut psikologis di setiap individu yang menyaksikannya, hasil manis yang dicapai film ini semakin menegaskan bahwa apa mau dikata, sekarang memang zamannya tayangan reality show, di mana meski lama kelamaan membuat muak karena ternyata banyak yang merupakan hasil rekayasa, format seperti ini lebih mudah mendapatkan respon yang menggembirakan disebabkan aspek kedekatan emosionil serta lebih dekat ke kenyataan, yang dampaknya menular ke perkembangan teknologi film,  beruntunglah Paranormal Activity karena memiliki seluruh unsur tersebut. Baca juga mengenai fakta-fakta menarik mengenai film ini di sini.

Paranormal Activity bisa disaksikan secara streaming atau melalui layanan video on- demand




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.