Oscar Snub 2021: Kandidat Kuat yang Tidak Dilirik Para Juri Oscar

187

Daftar para nominator Oscar 2021 akhirnya telah resmi diumumkan. Dan, seperti biasa, meski nominator Oscar tahun ini termasuk salah satu yang paling beragam, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, terdapat deretan film maupun kandidat yang meski digadang-gadang akan menjadi calon kuat malah diabaikan oleh para juri ajang penghargaan paling bergengsi di ranah perfilman dunia ini. Padahal, baik film maupun para pelakonnya menuai pujian dan dijagokan banyak kalangan pengamat maupun penikmat film. Tanpa berpanjang lebar lagi, inilah daftar Oscar Snub 2021 yang berhasil kami kompilasi dari pelbagai sumber.

 

Snub Paling Mengejutkan Banyak Kalangan: Da 5 Bloods

Sineas Spike Lee dan bintang utama film ini, Delroy Lindo sama sekali tidak dilirik para juri Oscar. Terlebih untuk Lee, ini dibilang sangat menyakitkan. Pasalnya, beberapa tahun yang lalu, sineas veteran ini mendapat pujian setinggi langit lewat BlacKKKlansman yang dirilis di Netflix. Tidak masuknya Da 5 Bloods sangatlah mengejutkan, mengingat film yang juga salah satu pemain pendukungnya ada mendiang Chadwick Boseman ini sempat bercokol di deretan lima besar film pengumpul ajang penghargaan film terbanyak. Sedangkan untuk Lindo, makin menambah panjang daftar kekecewaannya, karena sebelum pengumuman Oscar ini namanya juga tidak tercantum di Screen Actors Guild, Spirit Awards, serta Golden Globe. Tak ayal, banyak yang berpendapat bahwa Da 5 Bloods adalah Oscar Snub 2021 paling mengejutkan.

 

Oscar Snub Kategori Sutradara Terbaik

 

Selain Spike Lee, para juri Oscar juga tidak menominasikan dua nama eks pemenang Oscar yang sejatinya menuai banyak pujian berkat kinerja mereka di bangku penyutradaraan: Regina King (One Night in Miami) dan Aaron Sorkin (The Trial of the Chicago 7). Padahal jika itu tidak terjadi, ini tak pelak adalah debut penyutradaraan yang sangat gemilang bagi Regina King sekaligus makin mengokohkan track record apiknya setelah kemenangannya sebagai Aktris Pendukung Terbaik lewat penampilannya di If Beale Street Could Talk. Tidak masuknya Sorkin juga agak sulit dipercaya. Yang lebih mengejutkan lagi, terjadi pada Judas and the Black Messiah dan The Father, yang meski dua-duanya masuk kandidat film terbaik pun juga dengan para pemainnya yang masuk nominasi di kategori acting, namun para sutradaranya tidak lolos jadi kandidat Sutradara Terbaik.

Baca Juga:  Drama Korea The King’s Affection sudah dapat tanggal tayang

 

Oscar Snub Kategori Akting Terbaik

Bintang muda Helena Zengel lewat penampilannya di News of the World meski berhasil masuk nominasi Golden Globe dan SAG, namun tidak lolos seleksi Oscar, pun juga dengan lawan mainnya di situ, Tom Hanks. Michelle Pfeiffer yang menuai banyak pujian lewat French Exit juga tidak berhasil masuk daftar. Masih ada lagi aktris legendaris Sophia Loren (The Life Ahead) dan juga Dominique Fishback yang meski tampil apik di Judas and the Black Messiah tidak cukup meloloskannya. Yang paling mengejutkan adalah Jodie Foster yang berkat penampilannya di The Mauritanian mampu meraih Golden Globe, namun tidak masuk nominasi Oscar.

 

Oscar Snub Kategori Film Terbaik

Kejutan paling besar di kategori ini adalah tidak masuknya Borat Subsequent Moviefilm: Delivery of Prodigious Bribe to American Regime for Make Benefit Once Glorious Nation of Kazakhstan. Pada akhirnya Borat 2 hanya mendapat nominasi di kategori Aktris Pendukung Terbaik dan Adaptasi Skrip Terbaik. Menariknya, bintang utamanya, Sacha Baron Cohen masuk nominasi lewat performanya di The Trial of the Chicago 7. Kejutan lain adalah tidak masuknya Ma Rainey’s Black Bottom, meski dua pemain utamanya, mendiang Chadwick Boseman dan Viola Davies berhasil masuk.

 Oscar 2021 atau Oscar ke-93 rencananya akan digelar pada Minggu, 25 April 2021.




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.