Legenda Mulan yang Tragis Dalam Kisah Rakyat Tiongkok Kuno dan Politik Dibaliknya

3845

Hua Mulan adalah salah satu wanita paling legendaris di Tiongkok kuno. Tindakan kepahlawanannya pertama kali direkam dalam teks-teks kuno, diceritakan kembali dalam puisi terkenal Ballad of Mulan, dan kemudian dipopulerkan dalam film Walt Disney 1998. Hingga kini, kisahnya terus diceritakan di sekolah-sekolah di seluruh Tiongkok.

Dalam bahasa Cina “Huā” berarti “bunga” dan “Mùlán” berarti magnolia. Bunga magnolia adalah salah satu simbol Tiongkok sejak zaman kuno. Namun, terdapat beberapa informasi berbeda mengenai asal muasal Mulan, serta nama keluarganya belum dapat dipastikan. Dalam teks History of the Ming, nama keluarganya adalah Zhu, tetapi dalam History of the Qing itu adalah Wei. Satu-satunya informasi yang pasti adalah bahwa kisahnya terhubung dengan sejarah Tiongkok pada abad ke-4 atau ke-5.

The Origin of the Ballad

Sumber asli cerita Mulan berasal dari satu lagu daerah di Dinasti Wei Utara (386 M – 557 M) yang disebut Balada Mulan. Transkripsi pertama yang diketahui dari The Ballad of Mulan berasal dari abad ke-6. Sayangnya, karya aslinya tidak ada lagi dan teks puisi ini berasal dari karya lain yang dikenal sebagai Koleksi Biro Musik. Ini adalah antologi lirik, lagu, dan puisi yang disusun oleh Guo Maoqian selama abad ke-11 atau ke-12. Penulis secara eksplisit menyatakan bahwa Catatan Musik Lama dan Baru adalah sumbernya untuk puisi tentang Mulan.

Mulan seperti yang digambarkan dalam album ‘Gathering Gems of Beauty.’

Penampilan selanjutnya dari kisah Mulan muncul di akhir Dinasti Ming. Pada 1593, dramawan Xu Wei mendramatisir legenda berjudul The Heroine Mulan Goes to War di Tempat Ayahnya. Itu adalah drama dalam dua babak. Versi terakhir Ballad yang paling penting dimasukkan ke dalam Sui-Tang Romance, sebuah novel sejarah yang ditulis oleh Chu Renhuo pada abad ke-17. Dengan demikian, kisah rakyat mengenai pejuang wanita Hua Mulan selalu hidup dalam ingatan orang.

Baca Juga:  Review Hitman's Wife's Bodyguard

Kisah Pahlawan Wanita Pemberani Dalam Puisi Tiongkok

Balada Mulan tertua yang diketahui terdiri dari 31 bait dan sebagian besar terdiri atas frasa lima karakter. Legenda Mulan telah ditulis dengan banyak variasi, tetapi alur ceritanya selalu sama: Mulan tengah mencuci pakaian ketika dia mendengar bahwa tentara sedang merekrut prajurit baru. Untuk menyelamatkan ayahnya yang tua dan sakit-sakitan, dia memutuskan untuk direkrut dengan menyamar sebagai “putranya.” Dia tahu bahwa ayahnya terlalu tua dan sakit untuk berperang, jadi dia memutuskan untuk menyamar sebagai seorang pria untuk menggantikan ayahnya.

 

Hua Mulan pergi berperang. (Teh Kung Fu)

Kisah berlanjut dengan Mulan berangkat ke medan perang membawa pedang yang diwarisi dari leluhur keluarga. Dia bertarung selama sepuluh atau dua belas tahun dan mendapatkan pahala yang tinggi, tetapi menolak imbalan apa pun dan malah pensiun ke kota asalnya. Selama perang, dia bertemu dengan seorang perwira bernama Jin Yong.

Hua Mulan bisa dibilang prajurit wanita paling terkenal di Tiongkok.

Menurut legenda, setelah 10 tahun di medan perang Mulan dipromosikan menjadi jenderal. Ketika Jin Yong mengetahui bahwa Mulan adalah seorang wanita, ia menjadi lebih terikat padanya. Dalam banyak versi cerita, Mulan dan Jin Yong memiliki impian untuk menikah satu sama lain. Belakangan, tentara lain juga mulai mengetahui bahwa Mulan adalah seorang wanita.

Suatu hari, sebelum pertempuran yang sangat sulit, Mulan memutuskan untuk pergi ke medan perang dengan pakaian wanita sehingga para prajuritnya akan menyadari identitas aslinya. Reaksi para prajurit penuh dengan rasa hormat dan kekaguman. Karena itu, dia menginspirasi pasukannya untuk memenangkan pertempuran sekali lagi.

Mulan dalam pertempuran.

Setelah kemenangan heroik lainnya, kaisar ingin memberi penghargaan pada Mulan. Dia terkejut bahwa prajuritnya yang paling berani adalah seorang wanita. Namun, Mulan tidak meminta apa pun selain seekor kuda untuk pulang. Banyak variasi cerita mengatakan bahwa ketika Mulan kembali ke rumah, dia menemukan ayahnya meninggal. Dalam kisah-kisah ini, dia tidak merasa seperti pahlawan, tetapi malah seperti kehilangan sesuatu yang paling berharga di dalam hidupnya. Dia juga digambarkan dalam cerita rakyat ini sebagai sosok yang dihantui oleh pengalamannya di medan perang. Merasa kesepian dan depresi, legenda mengatakan bahwa dia memutuskan untuk bunuh diri.

Baca Juga:  Eternals Mendapat Poster Super Keren dari IMAX

The Real Mulan

Secara tradisional, kehidupan Mulan ditempatkan pada zaman Wei Utara, namun, banyak detail kisahnya ditambahkan pada masa pemerintahan dinasti Tang sekitar 620 Masehi. Pada 621, pendiri dinasti Tang menang atas Wang Shichong dan Dou Jiande, dan kisah lain tentang seorang wanita pejuang muncul pada saat ini. Legenda tentang kedua wanita ini akhirnya terhubung ke satu cerita.

Patung Mulan disambut di rumah, di kota Xinxiang, Cina.

Sejarah Mulan muncul karena pada abad ke-4 dan ke-5 saat Cina menderita di bawah invasi kelompok etnis nomaden. Pemerintah pusat dihancurkan sepenuhnya oleh kelompok “biadab”. Perang itu mengerikan dan para pejuang membutuhkan sumber harapan. Perang memakan waktu lebih dari tiga abad dan mempengaruhi banyak bagian Kekaisaran Cina. Oleh karena itu, seorang prajurit wanita (dalam bentuk Mulan atau yang lain) adalah fenomena yang mengilhami tentara untuk bertarung.

Mulan di Dunia Modern

Legenda Hua Mulan hidup kembali setiap kali Cina membutuhkan harapan dan inspirasi. Karakter Mulan tetap menjadi motif yang sangat populer dalam seni dan sastra. Dia tampil sebagai pahlawan wanita di lebih dari 10 film dan drama teater. Ia juga merupakan pahlawan wanita dalam novel-novel modern dan buku-buku yang diteliti. Monumennya terletak di banyak tempat di seluruh dunia. Bahkan kawah di Venus dinamai menurut namanya. Orang Tiongkok percaya bahwa sosok ini nyata dan selama dia menginspirasi mereka, mungkin tidak masalah bagi mereka apakah itu kebenaran atau hanya sekedar mitos.

Representasi artistik modern dari Mulan.

Film Disney Mulan meraup $ 22,8 juta pada akhir pekan pembukaannya, dan menghasilkan hingga £ 304 juta di seluruh dunia, menjadikannya film keluarga terlaris kedua tertinggi tahun ini. Sementara Disney berharap untuk meniru keberhasilannya di seluruh China, penerimaan tidak menguntungkan karena banyak orang Cina merasa bahwa versi Disney terlalu berbeda dari legenda asli seperti yang diceritakan dalam teks-teks kuno.

Baca Juga:  Update film Backstage : trailer & poster

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.