Legenda Marvel, Stan Lee Meninggal Dunia

1746

Legenda komik dunia yang membesarkan Marvel Comics, Stan Lee meninggal dunia. Kabar ini sudah tentu membuat seluruh penggemar komik di seluruh dunia berduka. Tidak hanya itu dunia perfilman juga terkena dampaknya, ia juga telah dianggap sebagai legenda film-film superhero terutama yang berada di bawah naungan Marvel.

Dikenal juga sebagai Stan “The Man” Lee, legenda ini telah dalam kondisi sakit dalam beberapa bulan terakhir dan telah berhenti melakukan penampilan konvensi komik mulai awal tahun ini. Dia dilarikan dari rumahnya di Hollywood Hills dini hari tadi melalui ambulans ke Cedars-Sinai Medical Center, di mana dia meninggal.

Lahir dengan nama Stanley Martin Lieber pada tahun 1922, ia dikenal sebagai pencipta sebagian besar karakter utama pada masa awal Marvel. Karirnya di perusahaan penerbit Martin Goodman dimulai pada tahun 1939 ketika ia menjadi asisten di perusahaan yang kemudian dikenal sebagai Timely Comics. Ia menghabiskan beberapa dekade berikutnya menulis kisah cinta dan komik western, tetapi pada akhir tahun 50-an ketika perusahaan itu sedang berjuang, Lee memutuskan untuk mencoba bersaing dengan popularitas komik DC “Justice League” dengan menciptakan “Fantastic Four” # 1 pada bulan November 1961. Dibuat bersama dengan artis Jack Kirby, komik ini menjadi populer dan merevolusi perkembangan komik superhero dengan mengeksplorasi kelemahan pahlawan, kerentanan, kegagalan dan konflik interpersonal.

Bersama dengan dengan Kirby, Lee kemudian menciptakan berbagai karkater komik seperti The Incredible Hulk, The Mighty Thor, The Iron Man, The Ant-Man dan The X-Men. Dengan Steve Ditko ia turut menciptakan Doctor Strange dan Spider-Man, serta Daredevil dengan Bill Everett. Dia juga menghidupkan kembali pahlawan lama dari tahun 1940, termasuk Sub-Mariner dan karya Joe Simon & Jack Kirby, Captain America. Kelompok The Avengers kemudian dihadirkan pada tahun 1963. Sementara karakter ikonik lainnya mengikuti; The Inhumans, Silver Surfer, Black Panther dan The Falcon. Hal ini membuktikan kontribusi kreatif utama Lee di awal 60-an berhasil membentuk inti dari Komik Marvel.

Baca Juga:  Naskah Film Gambit Kembali Bermasalah

Di era milenial setelah komik-komik Marvel berhasil difilmkan, terutama ketika Marvel’s Cinematic Universe berhasil memukau dunia, Lee juga ikut ambil bagian dengan menjadi cameo di berbagai film tersebut. Bahkan di film animasi sekalipun ia turut menjadi “tamu.”

Selamat Jalan Stan Lee, dunia akan mengenang dan merindukan mu.

 




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.