Lebih Dekat dengan Si Cantik nan Tangguh, Felicity Jones

1369

Felicity-Jones

Apa yang terpikir ketika mendengar nama Felicity Jones? Cantik, cerdas, berbakat, atau berprestasi? Tampaknya dari keempat kata tersebut sudah merupakan satu kesatuan yang tepat dan tidak dapat dipisahkan untuk mendeskripsikan aktris yang satu ini, bukan?

Perempuan yang bernama lengkap Felicity Rose Hadley Jones ini lahir di Birmingham, Inggris, pada tanggal 17 Oktober 33 tahun silam. Dia tumbuh besar di Bournville bersama dengan ibu dan saudara laki-lakinya. Meski kedua orang tua Jones bercerai ketika dirinya masih berusia tiga tahun, dia mengungkapkan kalau keluarganya masih memiliki hubungan yang sangat dekat.

Jones menghabiskan waktu pendidikan awalnya di Kings Norton Girls’ School. Kemudian dia bergabung dengan King Edward VI Handsworth School untuk mengikuti program A Levels (program pendidikan yang setara dengan kelas 11 dan 12 sebagai persiapan untuk masuk universitas di Inggris). Jones pun masuk sebagai mahasiswi di Wadham College, Oxford dengan jurusan bahasa inggris. Di tahun 2006, dia berhasil lulus cukup memuaskan dengan kriteria upper second class.

Sebelum dirinya mantap mengambil jurusan bahasa inggris, Jones sempat nyaris masuk sebagai mahasiswi hukum di Oxford. Namun, guru bahasa inggrisnya menyarankan Jones untuk mengambil bahasa inggris di universitas dan dia bersyukur akan hal itu. Jika membicarakan hal ini sekarang, Jones sendiri tidak yakin kalau dirinya bisa bertahan dan mengembangkan bakat alaminya sebagai seorang aktris. Bahkan kemampuan aktingnya ini juga diakui oleh Ralph Fiennes, sutradara The Invisible Woman yang dibintangi oleh Jones pada tahun 2013 silam.

“Dia (Jones) adalah aktris yang sangat natural, yang bisa membuka mata para penonton. Melalui matanya, dia menyampaikan kekayaan hati yang penuh dengan emosi.”

(Ralph Fiennes – wawancara Vogue)

Dunia seni peran memang bukanlah dunia yang asing untuk perempuan dengan senyum manis yang satu ini. Jones merupakan keponakan dari seorang aktor kawakan Michael Hedley yang tidak hanya aktif di layar lebar, tapi juga serial televisi sejak tahun 1971. Selain itu, sejak kecil sang ibu juga sering mengajak Jones dan kakaknya ke bioskop ataupun teater. Jones yang memiliki ketertarikan untuk berakting pun bergabung dengan sebuah klub drama di Custard Factory.

“Tanpa ingin terdengar sombong, saya merasa pekerjaan saya (sebagai aktris) seperti menjadi seorang biksu atau biarawatiini merupakan sebuah panggilan.”

(Felicity Jones – wawancara Guardian)

Karier Jones sebagai seorang aktris profesional sudah dimulainya dari tahun 1996. Di usianya yang masih 11 tahun tersebut, perempuan yang pandai memasak masakan Italia ini mengambil peran dalam sebuah film televisi yang berjudul The Treasure Seekers. Jones juga sempat beberapa kali mendapat peran kecil dalam sejumlah serial televisi sebelum dirinya memperoleh peran besar dalam sebuah drama serial di radio BBC yang berjudul The Archers. Dengan berperan sebagai karakter bernama Emma Carter, Jones bertahan untuk drama serial tersebut sampai satu dekade.

Baca Juga:  Spontaneous: Film Drama Remaja tentang Pandemi Unik