Langkah 4 Facebook

Langkah Pencegahan Mendapat Informasi yang Salah tentang Virus Corona di Internet, dari Facebook

648

Informasi yang salah dapat menyebabkan kebingungan, bahkan bisa menimbulkan rasa takut dan panik di tengah- tengah masyarakat, terlebih saat ini pandemi virus corona, banyak orang yang mencari tahu mengenai virus corona ini. Kali ini Facebook memberikan beberapa langkah agar setiap orang memiliki tanggung jawab untuk membantu mengurangi penyebaran informasi yang salah dengan memastikan bahwa kita hanya memberikan informasi yang benar atau telah terverifikasi. Tujuannya untuk memastikan semua orang terhindar dari berita palsu dan informasi yang salah tentang pandemi virus corona ini

 

Langkah-langkah berikut ini, dapat membantu agar orang-orang dapat terhindar dari informasi yang salah tentang virus corona di internet: 

 

Langkah Facebook

Langkah pertama: Bersikaplah skeptis terhadap judul

Misinformasi atau berita palsu seringkali memiliki judul bombastis dengan huruf kapital dengan tanda seru. Jika judulnya kelihatannya mengejutkan dan tidak dapat dipercaya, maka kemungkinannya itu berita palsu alias hoax.

 

 

 

Langkah 2 Facebook

Langkah kedua: Perhatikan baik-baik URL dan isi halaman beritanya

Misinformasi atau berita palsu mungkin juga berisi linimasa yang tidak masuk akal, atau tanggal peristiwa yang sudah diubah. Banyak juga situs berita palsu yang salah eja atau punya tata letak yang canggung. Bacalah dengan seksama untuk melihat tanda-tanda ini.
Misinformasi atau berita palsu bisa juga berisi gambar atau video yang dimanipulasi. Atau terkadang foto tersebut memang asli, tetapi konteksnya berbeda. Bersikaplah skeptis terhadap penggunaan foto atau video yang seperti ini.

 

 

Langkah 3 Facebook

Langkah ketiga: Periksa sumber informasinya

Tahukah anda ? Kurangnya bukti atau ketergantungan terhadap ahli-ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan kabar berita palsu.

 

 

 

Langkah 4 Facebook

Langkah keempat: Lihat berita atau informasi lainnya

Baca Juga:  Bad Genius The Series: Ketika Contek Menyontek Menjadi Bahan Cerita Yang Menegangkan

 

 

 

Langkah 5 Facebook

Langkah kelima: Dapatkan informasi resmi terbaru mengenai COVID-19 dari otoritas kesehatan global dan lokal 

 

 

Sumber-sumber sebagai berikut, dapat dilihat terkait dengan Virus Corona Covid-19:

-Situs resmi Pemerintah Indonesia untuk COVID-19 (https://www.covid19.go.id/).

-Situs WHO untuk COVID-19: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

-Chatbot WhatsApp COVID-19 dari Kominfo di +62-811-3339-9000.

 

Facebook juga menyediakan Pusat Bantuan Facebook untuk info lebih lanjut tentang cara melaporkan sebuah postingan jika dianggap misinformasi , dengan mengunjungi : https://www.facebook.com/help/1380418588640631/

Adapun terkait informasi lebih lanjut tentang cara mengenali berita palsu, silakan kunjungi: https://www.facebook.com/help/188118808357379




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.