Kingdom: Ashin of the North – Sinopsis dan Ulasan

471

Berbicara mengenai Kingdom: Ashin of the North mau tak mau kita juga harus menyinggung sedikit mengenai Kingdom. Ketika serial drama aksi horor asal Korea ini dirilis pertama kalinya di Netflix pada tahun 2019, Kingdom sukses memberikan napas segar untuk belantika genre film zombie. Memadukan sejarah periode dengan ancaman zombie berakhir sebagai langkah jenius, menaikkan taruhan dengan perpaduan menarik antara intrik drama politik dan aksi zombie.

Hasil berikutnya adalah salah satu pertunjukan terbaik tahun itu, dengan tindak lanjut tahun lalu sangat menawan. Akan tetapi, godaan mengenai perihal besar yang akan datang dan cliffhanger yang sangat mengundang rasa penasaran, membuat banyak penggemar serial ini tersiksa dalam penantian kehadiran season lanjutannya.

Disutradarai oleh Kim Seong-hun, yang mngarahkan kedua season serialnya, episode berdurasi 90 menit ini memperluas asal usul tanaman kebangkitan ungu, yang tampaknya merupakan penyebab wabah, dan bagaimana Ashin sangat penting dalam menyebabkan semenanjung Korea ke kekacauan.

Kingdom: Ashin of the North mengambil kejadian beberapa dekade sebelum peristiwa dalam serial Kingdom. Dengan fokus seorang giadis muda yang tinggal di sebuah desa perbatasan yang dikelilingi oleh musuh. Suku gadis tersebut, Seongjeoyain, adalah orang Jurchen namun sudah tinggal di Joseon begitu lama sehingga mereka tidak dianggap sebagai orang Jurchen lagi dan dicap sebagai pengkhianat.

Karena invasi Jepang ke daerah selatan, perang meluas di mana-mana. Ketegangan perang yang meningkat memburuk setelah banyak orang Jurchen hilang dan dibunuh di hutan. Mereka memberontak saat Joseon menyebarkan propaganda untuk melindungi kekuasaan mereka.

Ashin dan penduduk desanya menemukan diri mereka terjepit di tengah. Ketika bencana tak terhindarkan menyerang, Ashin mendapati dirinya sendirian dan merenungkan menggunakan bunga kebangkitan mitos, saengsacho, yang kebetulan tumbuh secara alami di sekitar area tersebut.

Baca Juga:  Wow, Shang-Chi akan Streaming Gratis di Disney+ pada Bulan November Mendatang

Pada intinya, Kingdom: Ashin in the North adalah thriller balas dendam yang dibungkus dengan getaran khas Kingdom. Tidak ada yang salah dengan itu tentu saja, dan pada akhir episode audiens pasti akan menemukan diri bertentangan dengan motivasi Ashin. Ini benar-benar disengaja dan penulis skenario Eun-hee Kim telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan perjalanan karakter ini untuk mencapai titik ini.

Bisa ditebak, banyak karakter pendukung yang tidak terlalu menonjol. Terlepas dari Ayah Ashin, yang mendapat banyak waktu layar sejak awal, banyak pemain di sini yang hanya sebagai pelengkap. Ini adalah pertunjukan Gianna Jun Ji-hyun – yang berhasil melakukan pekerjaan yang fantastis untuk menghidupkan Ashin.

Faktanya, penampilannya sangat membantu mengangkat cerita ini dari sekadar balas dendam sederhana menjadi sesuatu yang jauh lebih pribadi. Ekspresi wajah dan momen kerentanannya dengan mudah menonjol.

Digambarkan sebagai sidequel Kingdom, yang terbaik adalah menonton dua musim pertunjukan terlebih dahulu sebelum menyelam ke yang satu ini. Dengan melakukan itu, Kingdom: Ashin of the North terasa jauh lebih bermanfaat. Ada beberapa kejutan dan pengungkapan besar yang mengubah permainan di sini.

Kingdom: Ashin of the North adalah prekuel memikat dan mencekam dari awal hingga akhir yang melibatkan perjalanan emosional balas dendam. Jangan khawatir jika belum menonton serial Kingdom karena akan tetap bisa menikmatinya tanpa merasa sangat kebingungan.

Kingdom: Ashin of the North juga memberikan petunjuk dan pertanyaan yang berulang untuk seri mendatang termasuk karakter Ai Da Gan (Koo Kyo Hwan), kelompok utama Pajeowi yang mengganggu desa Ashin. Bisa disaksikan sebagai pelengkap serialnya maupun bisa juga menjadi kisah yang berdiri sendiri, Ashin of the North merupakan tontonan solid yang menghibur di bulan Juli ini.

Baca Juga:  Sinopsis Film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Kingdom: Ashin of the North dapat disaksikan secara streaming di Netflix.