Kampanye Viral 10 Cloverfield Lane Telah Dimulai

752

10 Cloverfield Lane

Kehadiran film 10 Cloverfield Lane yang diproduseri oleh J.J. Abrams secara tiba-tiba seakan mengagetkan semua pihak. Tidak ada pemberitaan dan marketing yang jauh sebelum film ini akan dirilis. Jadwal rilis film ini direncanakan akan dilakukan pada bulan Maret 2016 ini. Seperti “saudaranya” film Cloverfield yang dirilis tahun 2008 yang lalu., film ini juga melakukan viral marketing untuk mempromosikan filmnya.

10 Cloverfield Lane juga akan melakukan kampanye viral dengan Augmented Reality Games (ARG) seperi film terdahulu Cloverfield. Salah satunya adalah melibatkan sebuah perusahaan pengeboran bernama Tagruato. Terdapat email yang menyatakan tentang website perusahaan ini melalui staf public relation perusahaan ini. 

From: 18kagashimad@tagruato.jp

Hello,

Due to new security protocols, this account is no longer active. All correspondence is monitored and will be responded to appropriately.

Thank you for your interest.

Sincerely,
Vanessa Gwon
Director of Public Relations
*Employee of the Month: 2016 January

Selain itu promosi melalui minuman bersoda bermerk Swamp Pop juga dilakukan oleh film ini. Swamp Pop merupakan minuman yang dapat anda pesan melalui media online, dan dalam promonya stock minuman ini sudah habis karena dipesan untuk persediaan di ruangan perlindungan (seperti yang terlihat dalam teaser trailernya).  Dalam situs tersebut terdapat angka yang cukup mengganjal yaitu angka 4813. Sebuah angka yang sepertinya dimasukan oleh karakter John Goodman dalam awal teaser trailernya. Angka 4813 ini sepertinya akan berguna dalam ARG-nya kelak.

10 Cloverfield
10cvlfld

Dalam pernyataannya kepada Collider, Abrams mengatakan bahwa ia akan membuat film ini sebagai film petualangan yang mempunyai hubungan “saudara” dengan Cloverfield. Dengan memakai judul yang hampir sama tentunya semua orang akan mengaitkannya dengan film yang dirilis pada tahun 2008 tersebut.

“The idea came up a long time ago during production. We wanted to make it a blood relative of Cloverfield. The idea was developed over time. We wanted to hold back the title for as long as possible.”

Dari penjelasan Abrams tadi memang belum jelas apakah 10 Cloverfield Lane merupakan sekuel ataupun prekuel Cloverfield. Yang dapat disimpulkan  dari pernyataan Abrams tersebut, jelas kedua film ini memiliki hubungan. Film 10 Cloverfield Lane diarahkan oleh sutradara pendatang baru, Dan Trachtenberg dengan skenario dari John Campbell dan Matthew Stuecken. Film ini dijadwalkan rilis pada 11 Maret 2016. Para pemain film ini adalah  Mary Elizabeth Winstead (Abraham Lincoln: Vampire Hunter) , John Goodman (Trumbo ) dan John Gallagher Jr (Jonah Hex). Berdasarkan informasi yang dihimpun dari IMDB dan Wikipedia, sinopsis resmi film ini adalah:

“After a car accident, a young woman wakes up in an underground cellar, where most of the action takes place. She fears she has been abducted by a survivalist, who tells her he saved her life and that a chemical attack has left the outside world uninhabitable. Uncertain what to believe, she decides she must escape, whatever dangers she may face outside”

Baca Juga: 10 Cloverfield Lane Sebuah Kejutan Dari J.J. Abrams

Baca Juga:  Keseruan konser Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Sebagai penyegar ingatan film Cloverfield adalah sebuah film monster/horor yang diluncurkan pada tahun 2008. Film ini diproduseri oleh J.J. Abrams, disutradarai oleh Matt Reeves dengan naskah yang ditulis oleh Drew Goddard. Sebelum film ini diluncurkan, Paramount Pictures melakukan kampanye viral marketing untuk mempromosikan film ini. Termasuk dalam kampanye ini adalah tie-in viral yang mirip dengan alternate game reality berjudul Lost Experience. Film ini berkisah pada lima orang muda penduduk New York yang mengadakan pesta perpisahan untuk seorang teman pada malam yang sama ketika monster Cloverfield menyerang kota New York. Film ini disajikan sebagai serangkaian adegan yang diambil dengan kamera digital tangan yang diperoleh Departemen Pertahanan Amerka Serikat berhubungan dengan Case Designate “Cloverfield” di US-447, suatu daerah yang dulu dikenal sebagai Central Park. Seluruh gambar yang ada di dalam film ini diambil dalam konteks kamera video personal yang dioperasikan oleh beberapa karakter di sepanjang film.