Joker Memenangkan Penghargaan Utama di Festival Film Venesia

519

Joker telah membawa pulang piala Golden Lion di Festival Film Venesia (Venice Film Festival) 2019, menjadikannya film adaptasi komik pertama yang memenangkan penghargaan tersebut. Film karya Todd Philips ini ditayangkan perdana di acara tersebut pada akhir bulan lalu dan mendapat sambutan luar biasa, dengan banyak kalangan yang menyatakannya sebagai sebuah film yang mendobrak genre buku komik.

Pada saat yang sama, Joker sudah terbukti kontroversial karena menggambarkan Arthur Fleck (Joaquin Phoenix), seorang komedian gagal yang secara bertahap berkembang menjadi Clown Prince of Crime. Namun, mungkin ini adalah sebuah hal yang membuat lebih banyak orang tertarik untuk menonton film ketika dirilis secara resmi pada bulan Oktober mendatang.

Joker sekarang telah dianugerahi Golden Lion di Festival Film Venesia tahunan ke-76, di acara puncak festival pada akhir pekan lalu. Phillips berterima kasih kepada Warner Bros dan DC “karena telah keluar dari zona nyaman mereka dan melakukan langkah berani seperti itu pada film ini “selama pidato penerimaan untuk penghargaan. Dia kemudian memuji Phoenix, yang bergabung dengannya di atas panggung, mengatakan (via Variety):

“Tidak ada film ini tanpa Joaquin Phoenix. Joaquin adalah ‘singa’ paling ganas, paling cerdas, dan paling berpikiran terbuka yang aku tahu. Terima kasih telah mempercayaiku dengan bakat gilamu.”

Sedangkan pemenang Golden Lion tahun lalu adalah Roma dan tahun sebelumnya itu adalah The Shape of Water, sehingga Joker berada di antara para film yang sangat berkualitas. Pemenang masa lalu lainnya adalah Brokeback Mountain, The Wrestler, dan Lust, Caution.

Pemenang kedua yang mendapatkan piala Grand Jury Prize tahun ini jatuh kepada fillm milik Roman Polanski, An Officer and a Spy, sementara Best Director diraih oleh Roy Andersson untuk film About Endlessness.

Baca Juga:  [Pooling] Siapa Joker Favorit Anda?

Dengan beberapa kritikus di Festival Film Venesia yang  mengatakan film ini adalah “mahakarya”, tak heran Joker sekarang dianggap sebagai calon peraih Oscar yang bonafide. Phoenix, khususnya, sepertinya harus dinominasikan dalam kategori Best Actor untuk penampilannya, yang digambarkan sebagai transformatif dan sekaligus menakutkan.

Phillips menulis naskah film Joker bersama dengan Scott Silver (The Fighter), sedangkan para pemeran pendukung film ini adalah Zazie Beets, Robert De Niro, Marc Maron, Shea Whigham, Glenn Fleshler, Bill Camp, Douglas Hodge, Josh Pais, dan Brett Cullen.

Baca lebih lengkap tentang Joker di majalah Cinemags! Pesan dan dapatkan segera majalah Cinemags terbaru, untuk pemesanan via online silahkan klik banner Joker “disini” untuk pemesanan langsung via whatsapp bisa ke 0812-1257-1688

Mau majalah cinemags 227 gratis? Caranya gampang, asah pengetahuan kalian tentang Joker disini. Selain dapat majalah gratis, kalian juga bisa dapatkan juga voucer OVO, Gopay dan puluhan hadiah menarik lainnya di kuis Joker ini. Yuk ikutan!




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.