Star Wars Fan Film Awards 2016

J.J. Abrams Mengumumkan Star Wars Fan Film Awards 2016

598

Star Wars Fan Film Awards 2016

Melalui akun YouTube Star Wars, J.J. Abrams mengumumkan mulainya Star Wars Fan Film Awards 2016 yang diselenggarakan oleh Lucas Film. Dalam video tersebut, Abrams memberitahu kepada seluruh fans Star Wars yang hobi membuat film untuk berpartisipasi dalam lomba ini. Abrams yang tak boleh mendaftar dalam lomba ini mengungkapkan kekesalannya dengan gaya ‘bercanda’.

Star Wars Fan Film Awards 2016

Acara tahunan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2002 ini kembali dengan format yang lebih segar. Star Wars Fan Film Awards 2016 kini menerima lebih banyak genre, style, tone, dan juga mempersembahkan banyak kategori penghargaan seperti Best Animation, Best Non-Fiction, Spirit of Fandom, Best Comedy, Best Visual Effects, dan Audience Choice. Para pemenang dari kategori tersebut akan diumumkan pada Star Wars Celebration 2016 yang diselenggarakan di Excel London Exhibition Centre pada tanggal 15-17 Juli.

Sayangnya, lomba ini tak bisa diikuti oleh semua fans Star Wars di dunia. Yang boleh berpartisipasi hanyalah warga berusia 13 tahun ke atas dari Amerika, Columbia, dan Canada (kecuali Quebec). Lalu warga 18 tahun ke atas dari Inggris, Jerman, Australia, Selandia Baru, dan Meksiko. Peraturan ini tentu  sedikit mengecewakan bagi para fans Star Wars yang tidak tinggal di negara tersebut, termasuk juga Indonesia.

Film yang dikirim untuk lomba ini tak boleh lebih dari 5 menit dan para filmmaker juga tak boleh menggunakan materi sound yang tak terdapat di official assets pack. Pendaftar yang berumur 18 tahun ke bawah harus mendapatkan izin dari orang tua.

Star Wars Fan Film Awards 2016 menggunakan sejumlah persentase penilaian untuk lomba ini. Setiap film akan dinilai dengan bermacam kriteria seperti “A clear grasp of animation and/or filmmaking as an art form (17%),” “Quality of storytelling (17%),” “Character development and character design (17%),” “Voiceover and acting talent (17%),” “Originality (17%)” and “Overall entertainment value (15%).”

Baca Juga:  Dinosaurus Baru yang Lebih Berbahaya Mengancam di Trailer Jurassic World: Camp Cretaceous Season 3

Dengan adanya ajang ini, tentu Star Wars bertujuan untuk semakin mempererat hubungan sang studio dengan para penggemar setianya. Menarik untuk ditunggu bagaimana hasil dari kompetisi ini.

Baca juga: Luke Skywalker Muncul di Teaser Pertama Star Wars Episode VIII