Inilah Film Hollywood yang Mengalami Kerugian Terbesar Sepanjang Sejarah

28415

Cleopatra adalah film termahal yang pernah dibuat pada tahun 1963 dengan anggaran $44 juta yang setara dengan $365 juta hari ini, dan hal itu membuat 20th Century Fox berada dalam krisis keuangan sehingga studio harus menjual petak tanah yang sekarang dikenal sebagai Century City. Tetapi apakah Cleopatra yang rilis pada tahun 1963 adalah kerugian film box office terbesar yang pernah ada?

Jawabannya adalah tidak, film yang dibintangi oleh Elizabeth Taylor ini ternyata berhasil merajai box office saat itu dengan menghasilkan $57,8 juta di dalam negeri ($480 juta hari ini) dan memenangkan empat piala Oscar.

Cleopatra

Bagaimana dengan kegagalan film tahun 1980 yang legendaris, Heaven’s Gate? Film epic karya Michael Cimino tersebut memiliki  biaya produksi sebesar $44 juta ($171 juta hari ini) untuk proses produksi yang berlangsung 10 bulan tetapi hanya menghasilkan $3,5 juta di dalam negeri. Dalam biaya yang telah disesuaikan dengan saat ini, film ini mengalami kerugian sebesar $128 juta.

Jadi, film apa yang merupakan pecundang terbesar? Adalah film sci-fi milik Disney yang rilis pada tahun 2012, John Carter yang menelan biaya $263,7 juta (ditambah setidaknya $100 juta untuk pemasaran) dan hanya memperoleh $284 juta di seluruh dunia – hanya setengah dari yang dibutuhkan untuk mencapai titik impas – memaksa studio untuk menanggung kerugian sebesar $200, meskipun kerugian yang terhubung ke film hanya $136,6 juta.

John Carter

Angka  itu menempatkan John Carter sedikit lebih “unggul” dari film Renny Harlin yang  Cutthroat Island yang rilis tahun 1995 dikabarkan menelan  kerugian $118 juta (disesuaikan dengan inflasi) menurut Guinness Book of World Records – yang tidak memperhitungkan biaya pemasaran internasional, yang biaya pastinya tidak diketahui.

Baca Juga:  Inilah Daftar Pemenang SAG Awards 2017!

Sumber The Hollywood Reporter.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.