Inilah 4 Film Hollywood Tentang Kecelakaan Pesawat

2642

Baru-baru ini dunia penerbangan Indonesia kembali dikejutkan dengan berita kecelakaan pesawat yang dialami oleh maskapai Lion Air. Penerbangan dengan kode JT610 tersebut diberitakan mengalami hilang kontak dan kecelakaan di wilayah perairan Karawang. Berita duka ini sudah tentu membuat sedih para anggota keluarga dari penumpang dan awak pesawat tersebut, kita hanya bisa berdoa dan berharap masih ada keajaiban dibalik peristiwa ini.

Dalam dunia hiburan dan perfilman Hollywood terdapat beberapa film yang menyangkut kisah tentang peristiwa kecelakaan pesawat terbang. Namun hanya ada 4 film yang cukup memorable menurut redaksi, dan inilah film-film tersebut:

Sully (2016)

Film ini berlatar belakang kejadian pendaratan darurat pesawat komersial di sungai Hudson oleh Kapten Sully yang diperankan oleh Tom Hanks pada tanggal 15 Januari 2009. Karena aksi heroiknya tersebut, sang Kapten berhasil menyelamatkan 155 orang yang ada di dalam pesawat tersebut. Meskipun mendapat predikat seorang pahlawan karena menyelamatkan nyawa banyak orang, Kapten Sully tetap diinvestigasi oleh pihak berwenang yang mengarah pada kehancuran reputasi dan karirnya. Adegan dramatis sang pilot yang tetap tenang dalam menghadapi situasi mencekam digambarkan dengan sangat brilian oleh sang sutradara, Clint Eastwood yang didukung oleh akting memukau Hanks.

Selain Hanks, film biopik ini dibintangi juga oleh Aaron Eckhart (Olympus Has Fallen, The Dark Knight) sebagai co-pilot Sully bernama Jeff Skiles, dan Laura Linney (The Savages, Kinsey) sebagai istri Sully, Lorraine Sullenberger.

Alive (1993)

Film yang diangkat dari kejadian nyata ini menceritakan tentang sekelompok pemain Rugby asal Uruguay yang selamat setelah pesawat yang mengangkut mereka mengalami kecelakaan di pergunungan Alpen/Andes. Kejadian naas yang menimpa pesawat yang ditumpangi oleh tim Rugby digambarkan dengan cukup menegangkan.

Dibintangi oleh Ethan Hawke, Vincent Spano dan Josh Hamilton, film ini disutradarai oleh Frank Marshall

United 93 (2006)

Film ini terinspirasi dari kisah penerbangan United Airlines dengan nomor penerbangan 92 yang jatuh karena perlawanan para penumpangnya terhadap para teroris yang membajak pesawat tersebut. Pesawat ini jatuh di Philadelphia pada tanggal 11 September 2001 yang lalu.

Film yang disutradarai oleh Paul Greengrass menampilkan sebuah potret semi fiksi dari kejadian di dalam pesawat tersebut dan adegan jatuhnya pesawat tersebut juga dihadirkan dengan cukup dramatis dimana hanya diperlihatkan dari jendela sebuah rumah.

Flight (2012)

Merupakan sebuah film pencarian jati diri dari seorang pilot alkoholik yang berhasil menyelamatkan penumpangnya setelah pesawat yang dikemudikannya mengalami masalah. Di awal film, sang pilot bernama Whip yang diperankan oleh Denzel Washington tersebut tersadar dari mabuknya ketika pesawatnya mulai bermasalah, dan dengan cekatan ia berhasil mendaratkan pesawat tersebut di sebuah padang rumput.

Sisa film ini menceritakan akibat dari tindakannya tersebut yang juga kemudian mengungkap masalah kecanduan alkoholnya. Beberapa adegan dalam film yang disutradarai oleh Robert Zemeskis ini memang terlihat kurang akurat dan tidak realistis namun setidaknya berhasil membuat penonton terpaku di tempat duduknya.

Akhir kata, pihak redaksi Cinemags turut menyatakan rasa dukanya atas peristiwa yang menimpa pesawat Lion Air JT610, semoga keluarga korban diberi ketabahan dan keteguhan hati dalam menghadapi musibah ini.

Baca Juga:  Abbey Lee bergabung dengan Idris Elba dan Matthew McConaughey di Proyek The Dark Tower



This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.