Ini Dia Tiga Versi Mechagodzilla Terbaik yang Pernah Menjadi Lawan Godzilla

1854

Semenjak trailer perdana Godzilla vs. Kong dirilis, banyak yang mengaitkan sosok Godzilla yang ada dalam trailer tersebut sebenarnya adalah Mechagodzilla yang sedang menyamar. Banyak teori tentang hal ini kemudian membanjiri dunia maya dan berharap dunia Monsterverse dari Legendary Pictures dapat benar-benar menghadirkan salah satu musuh legendaris dari Godzilla tersebut.

Godzilla telah berhadapan dan melawan Mechagodzilla berkali-kali selama hampir lima puluh tahun dalam berbagai film. Pertarungan pertama mereka terjadi di film Godzilla vs Mechagodzilla pada tahun 1974. Kemunculan karkater robot monster ini dengan cepat membuatnya menjadi slah satu favorit penggemar. Sejauh ini Mechagodzilla telah muncul dalam empat film yang diproduksi oleh Toho serta di anime, komik, dan video game.

Uniknya disetiap kemunculannya dalam film ataupun media lain, tidak ada versi Mechagodzilla yang sama persis. Robot Godzilla ini terus berubah bentuk disetiap kemunculannya. Beberapa perubahan tersebut cukup diterima dengan baik, sementara yang lain tidak begitu diterima. Berikut adalah tiga versi film Mechagodzilla yang cukup terkenal.

Alien Mechagodzilla dari Era Showa

 

Dalam debutnya pada tahun 1974 di Godzilla vs Mechagodzilla, robot monster tersebut adalah makhluk luar angkasa yang dikirim oleh penjajah asing/Alien untuk menaklukkan Bumi. Pada awalnya, Mechagodzilla menyamar sebagai Godzilla sendiri, namun serangan balik dari Godzilla yang sebenarnya mengungkapkan tubuh logam di bawah kulitnya. Mechagodzilla versi pertama ini tidak terlalu mencolok secara visual, sebagian besar bentuknya mirip dengan Godzilla, dari kepalanya yang seperti kadal hingga punggungnya yang berduri. Mechagodzilla mempunyai segudang senjata yang menakutkan, termasuk laser yang ditembak dari matanya, kemampuan terbang, medan gaya, dan rudal yang terletak di banyak bagian tubuhnya, termasuk jari dan lututnya.

Baca Juga:  Sony Pictures Hadirkan Dua Poster Keren dari Ghostbusters: Afterlife

Mechagodzilla II & Super Mechagodzilla dari Era Heisei

Mechagodzilla kemudian muncul kembali di Godzilla vs Mechagodzilla II pada tahun 1993. Kali ini bukan alien yang menyerang dan membangun robot monster tersebut, namun oleh sekelompok manusia. Mechagodzilla II dibangun dari teknologi Mecha King Ghidorah dari masa depan khusus untuk melawan ancaman yang ditimbulkan Godzilla kepada dunia. Model baru itu lebih besar, lebih tangguh, lebih banyak senjata, dan dipiloti oleh kru manusia.

Di puncak filmnya, mecha tersebut dikombinasikan dengan kapal raksasa bernama Garuda untuk menciptakan Super MechaGodzilla – model dengan kemampuan yang lebih kuat.

Mechagodzilla “Kiryu” dari Era Millenium

Mechagodzilla yang dipiloti manusia kembali lagi dalam Godzilla Against Mechagodzilla di tahun 2002. Sosok monster mekanik ini dibangun oleh manusia dari kerangka Godzilla asli, menciptakan cyborg besar yang merupakan sebagian kaiju, sebagian robot, dan dikendalikan oleh tim pilot manusia. Robout ini diberi nama “Kiryu,” dengan meriam besar, peluncur roket, rudal, dan bahkan beberapa pisau yang dapat diperpanjang untuk pertempuran jarak dekat. Seperti versi sebelumnya, Mechagodzilla ini juga dapat terbang.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.