Ini Dia Serangan Virus Mematikan dalam Film Hollywood

1277

Belakangan ini berbagai media di Indonesia dan luar negeri benyak membehas tentang penyebaran virus Corona jenis baru yang lebih ganas dan mematikan. Sejauh ini pemerintah pusat dan daerah sudah melaukan berbagai tindakan preventif untuk mencegah masuknya virus tersebut ke Indonesia.

Berhubungan dengan “kasus” tersebut dalam dunia perfilman Hollywood, kejadian penyebaran virus seperti ini sudah banyak di angkat ke layar lebar, dan seperti biasa selalu dibuat lebih menegangkan, lebih mengerikan dan lebih berbahaya. Untuk itu redaksi Cinemags telah menghimpun 5 film yang mengangkat tema virus berbahaya.

Outbreak (1995)

Film ini menceritakan seorang dokter tentara yang berjuang untuk menemukan obat untuk virus mematikan yang menyebar di seluruh kota California yang dibawa ke Amerika oleh monyet Afrika.

Dibintangi oleh Dustin Hoffman, Rene Russo, Morgan Freeman dan Kevin Spacey dengan arahan sutradara legendaris Wolfgang Petersen, Outbreak mampu memberikan gambaran bagaimana ganasnya virus mematikan tersebut jika tidak ditanggulangi secara cepat.

World War Z (2013)

Mengisahkan tentang mantan pegawai PBB bernama Gerry Lane yang melintasi dunia dalam perlombaan melawan waktu untuk menghentikan penyebaran virus zombie yang menggulingkan tentara dan pemerintah, dan mengancam akan menghancurkan umat manusia itu sendiri.

Dengan arahan sutradara Marc Foster, film ini dibintangi oleh Brad Pitt, Mireille Enos, Daniella Kertesz, dan James Badge Dale.

Contagion (2011)

Para pekerja medis professional, perawatan kesehatan, pejabat pemerintah dan orang-orang biasa menemukan diri mereka di tengah-tengah epidemic virus mematikan di seluruh dunia ketika CDC bekerjakeras  untuk menemukan obatnya.

Film ini menampilkan pemain ansambel yang terdiri dari Marion Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle. Dengan sutradara kenamaan, Steven Soderbergh sebagai nahkodanya film ini mendapat pujian dari para kritikus, yang memuji narasi dan penampilan berbagai aktor dan aktris serta juga diterima dengan baik oleh para ilmuwan, yang memuji akurasi ilmiahnya.

Baca Juga:  Serial Pendek HBO The Third Day Tayang Eksklusif di HBO GO dan HBO

28 Days Later (2002)

Film ini menceritakan tentang kisah empat minggu setelah virus misterius dan tak tersembuhkan menyebar ke seluruh Inggris dengan segelintir orang yang selamat mencoba mencari perlindungan. Film ini dianggap “memodifikasi” genre film zombie dan menawarkan atmosfir yang berbeda.

Film ini disutradarai oleh Danny Boyle, ditulis oleh Alex Garland, dan dibintangi oleh Cillian Murphy, Naomie Harris, Christopher Eccleston, Megan Burns, dan Brendan Gleeson. Kesuksesan film ini kemudian diikuti oleh sebuah sekuel di 2007, 28 Weeks Later, sebuah novel grafis berjudul 28 Days Later: The Aftermathdan seri buku komik yang terbit pada tahun 2009 berjudul 28 Days Later.

I Am Legend (2007)

I Am Legend adalah film yang diangkat berdasarkan novel 1954 dengan judul yang sama karya Richard Matheson. Kisah film ini bersetting di New York City setelah virus, yang semula diciptakan untuk menyembuhkan kanker, telah memusnahkan sebagian besar umat manusia, meninggalkan ahli virologi Angkatan Darat AS, Robert Neville sebagai manusia terakhir di New York, selain mutan malam hari. Neville kebal terhadap virus tersebut dan dia bekerja untuk mengembangkan obat sambil membela diri terhadap mutan yang ganas.

Film ini dibintangi oleh Will Smith, Alice Braga, Charlie Tahan dan Salli Richardson-Whitfield dengan arahan sutradara Francis Lawrence.

Notable Mentions: Train to Busan, Cabin Fever, Franchise Resident Evil, Pandemic, Carriers dan Quarantine




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.