Ini Dia Pemenang Palme d’Or di Festival Film Cannes 2021

427

Festival Film Cannes 2021 secara resmi berakhir dengan upacara penghargaan puncak di mana para juri kompetisi tahun ini memilih film dan pertunjukan terbaik dari festival tersebut. Dengan Spike Lee sebagai presiden, juri tahun ini terdiri dari sutradara Mati Diop, penyanyi/penulis lagu Mylène Farmer, aktris/sutradara Maggie Gyllenhaal, penulis/sutradara Jessica Hausner, aktris/sutradara Mélanie Laurent, penulis/sutradara Kleber Mendonça Filho, aktor Tahar Rahim, dan aktor Song Kang-ho.

Julia Ducournau mengukir sejarah dengan memenangkan Palme d’Or untuk filmnya, Titane, yang dirilis oleh Neon Entertainment di Amerika Serikat tahun ini. Hal ini menjadikannya sutradara wanita kedua yang memenangkan hadiah utama Festival Film Cannes, setelah Jane Campion pada tahun 1993 untuk film The Piano.

Karena festival tahun 2020 dibatalkan karena pandemi, film terakhir yang meraih Palme d’Or yang merupakan penghargaan utama festival tersebut adalah Parasite yang diarahkan oleh Bong Joon Ho pada tahun 2019, film yang juga meraih Oscar, dengan memenangkan Best Pictures pada tahun berikutnya.

Film Titane

Juri tahun ini memiliki banyak pilihan, dengan film-film baru dari para sineas berbakat seperti Leos Carax, Wes Anderson, Julia Ducournau, Paul Verhoeven, Asghar Farhadi, Sean Baker, dan banyak lagi. Seperti tradisi, film pemenang festival (dalam hal ini Titane) akan ditayangkan sekali lagi bagi mereka yang masih berada di Prancis pada akhir pekan lalu.

Cannes tahun ini menghadirkan pengalaman sinematik yang cukup luas, mulai dari film milik studio besar seperti The French Dispatch yang diarahkan oleh Wes Anderson dan penampilan memukau Matt Damon dalam Stillwater arahan Tom McCarthy hingga film baru yang provokatif dari Julia Ducournau (Titane) dan Leos Carax (Annette). Di awal festival, Jodie Foster memulai acara penghargaan ini dengan menerima penghargaan Honorary Palme d’Or dari festival tersebut. Sebuah Palme Kehormatan juga diberikan kepada Marco Bellocchio dalam Cannes tahun ini.

Baca Juga:  Trailer Anyar Last Night In Soho Ungkap Kisah Seram yang Mendebarkan

Inilah daftar para pemenang utama dari Festival Film Cannes 2021:

  • Palme d’Or: “Titane”
  • Grand Prix: (tie) “A Hero” and “Compartment No. 6”
  • Jury Prize: (tie): “Ahed’s Knee” and “Memoria”
  • Best Actress: Renate Reinsve, “The Worst Person in the World”
  • Best Actor: Caleb Landry Jones, “Nitram”
  • Best Director: Leos Carax, “Annette”
  • Best Screenplay: Ryusuke Hamaguchi, “Drive My Car”
  • Camera d’Or: “Murina” by Antoneta Alamat Kusijanović