Ini Dia Film Paling Menakutkan Menurut Sebuah Studi Ilmiah

1936

Menurut Anda, film apakah yang paling menakutkan dari sekian banyak karya sineas dunia yang pernah ditonton? Mungkin jawabannya akan beragam dan banyak sekali. Namun dari sebuah penelitian ilmiah ada satu film yang diyakinkan adalah sebuah film paling menakutkan sepanjang masa.

Adalah film horor  tahun 2012 karya sutradara Scott Derrickson (Doctor Strange), Sinister, yang telah dinobatkan sebagai film paling menakutkan sepanjang masa menurut sebuah studi ilmiah. Penelitian yang dijuluki “Science of Scare Project” dilakukan oleh broadbandchoices.co.uk., dan melibatkan penelitian dan pengamatan detak jantung peserta yang dilacak saat menonton lebih dari 100 jam film menakutkan.

Setiap peserta uji dilengkapi dengan monitor detak jantung untuk melihat seberapa besar detak jantung mereka naik rata-rata selama setiap film dibandingkan dengan detak jantung istirahat mereka. Studi ini dilakukan pada total 50 orang dengan berbagai rentang usia, dengan Sinister muncul sebagai pengalaman sinematik paling menakutkan yang mereka hadapi.

Disutradarai oleh Scott Derrickson, yang ikut merayakan hasil penelitain ini di media sosial, Sinister mengikuti kisah penulis kejahatan Ellison Oswald (Ethan Hawke) yang sedang mengalami masalah. Dia tidak memiliki buku terlaris selama lebih dari 10 tahun dan menjadi semakin putus asa untuk sukses. Jadi, ketika dia menemukan keberadaan film yang menunjukkan kematian sebuah keluarga, dia bersumpah untuk memecahkan misteri itu. Dia memindahkan keluarganya sendiri ke rumah korban dan mulai bekerja. Tapi, ketika cuplikan film lama dan petunjuk lain mengisyaratkan keberadaan kekuatan supernatural, Ellison mengetahui bahwa tinggal di rumah bisa berakibat fatal.

Baca Juga:  20th Century Studios Tunjuk Dan Trachtenberg untuk Mengarahkan Film Terbaru Predator

Film ini kemudian mendapat sukses finansial besar, meraup $87,7 juta dari anggaran $ 3juta, dan menelurkan sebuah sekuel, tetapi apakah itu benar-benar film horor paling menakutkan sepanjang masa? Daniel Clifford, orang di balik studi polarisasi ini mengatakan bahwa studi Science of Scare mereka dirancang untuk membantu orang menemukan film paling menakutkan secara ilmiah yang pernah dibuat, untuk menghemat waktu mereka menelusuri ribuan judul di layanan streaming seperti Amazon, Netflix, dan Shudder.

 




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.