Ini Alasan Sebenarnya Dibalik Menghilangnya Karakter Mushu di Mulan

2410

Seperti kita ketahui, gelombang protes sempat meledak di internet ketika Disney mengumumkan bahwa sosok karakter Mushu, naga cerewet yang menjadi favorit semua orang tidak akan dimasukkan dalam remake live-action Mulan. Hal ini membuktikan bahwa penonton sangat ingin menyaksikan Mushu dihidupkan, sayangnya para sineas yang membuat Mulan telah menyatakan bahwa hal ini tidak akan terjadi. Dan kini, produser Jason Reed (via Cinemablend) sekarang telah mengklarifikasi alasan di balik keputusan yang agak kontroversial ini.

“Jelas, Mushu adalah karakter yang dicintai dan salah satu karakter yang paling berkesan dari film animasinya. Ternyata penonton tradisional Tiongkok tidak terlalu berpikir bahwa itu adalah interpretasi terbaik dari naga dalam budaya mereka. Bahwa naga adalah tanda dari rasa hormat dan kekuatan dan kemampuan, menggunakannya sebagai sahabat konyol tidak akan mendapat sambutan dengan baik dari penonton tradisional Cina.”

Mungkin sebagian besar dunia barat mungkin hanya akrab dengan Mulan berkat film Disney, namun di China ceritanya sudah berusia berabad-abad dan telah diceritakan dan diceritakan kembali selama bertahun-tahun melalui berbagai media. Jadi, ternyata versi animasi Disney adalah salah satu yang paling tidak populer di Cina, dan ini sebagian besar disebabkan oleh simbol naga yang secara budaya penting direduksi menjadi karakter Eddie Murphy yang konyol.

Mushu

Masalah karakter Mushu mungkin tidak terlalu berarti bagi Disney ketika film animasi dirilis 20 tahun yang lalu, karena sebagian besar film barat bahkan tidak diperkenakan untuk tayang di Cina. Namun kini zaman telah berubah cukup signifikan. Saat ini Cina adalah ladang box office terbesar kedua di dunia untuk film-film Hollywood, jadi pendapat masyarakat China tentang film Mulan yang akan datang sekarang sangat penting. Dan jika melihat berbagai materi pemasaran yang telah neredar, masuknya karakter seperti Mushu sepertinya tidak akan berjalan seiring dengan filmnya yang lebih mengarah ke film perang yang sangat serius.

Baca Juga:  Animasi Nussa dapat ditonton di Bioskop Online

Mulan dibintangi oleh Lui Yifei yang berperan sebagai Hua Mulan, bersama dengan Donnie Yen (Star Wars: Rogue One, Ip Man); Jason Scott Lee (Crouching Tiger, Hidden Dragon: Sword of Destiny); Yoson An (The Meg); Utkarsh Ambudkar (Pitch Perfect); Ron Yuan (Marco Polo); Tzi Ma (Arrival); Rosalind Chao (Star Trek: Deep Space Nine); Cheng Pei-Pei (Crouching Tiger, Hidden Dragon); Nelson Lee; Chum Ehelepola; dengan Gong Li (Memoirs of a Geisha) dan Jet Li (Lethal Weapon 4).




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.