humans

Review serial Humans

1050

Bagi kamu penggemar film bergenre sci-fi, ada satu serial yang pastinya tak akan dilewatkan untuk segera ditonton hingga selesai, karena setiap episodenya selalu menampilkan adegan-adegan yang seru dan mengejutkan. Serial ini berjudul Humans. Ceritanya ditulis Sam Vincent dan Jonathan Brackley.

Humans merupakan adaptasi dari Real Humans (Äkta människor) karya penulis Lars Lundström.
Humans memang menggambarkan suatu kondisi dimana manusia dan robot synths hidup berdampingan.Robot-robot synths ini didesain dalam bentuk meniru manusia, mulai dari
tubuh, gerak gerik dan mimik wajah, sehingga sekilas memang mirip dengan manusia pada umumnya.Walaupun begitu robot ini memiliki ciri khas yaitu matanya yang berwarna hijau.

Manusia banyak menggunakan robot synths untuk membuat hidup mereka menjadi lebih mudah. Ini disebabkan karena robot synths memiliki kemampuan luar biasa yaitu mereka dapat bertindak sebagai asisten rumah tangga dan membantu mengerjakan pekerjaan manusia seperti mencuci serta menyetrika baju, memasak, membersihkan rumah tanpa merusak barang-barang, menemani anak-anak dan lain-lain.

Mereka dengan patuh mengikuti semua perintah yang diberikan, karena pemrograman ditujukan agar para robot synths ini tidak mengganggu manusia dan selalu menempatkan manusia sebagai prioritas utamanya, sehingga tidak akan mencederai maupun membuat celaka manusia yang berada di sekelilingnya.
Tingkat kepatuhan inilah yang sangat dibutuhkan juga dalam menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang berbahaya seperti bekerja di industri kimia, pertambangan hingga perusahaan yang kegiatannya membutuhkan tingkat ketelitian dan kesabaran sangat tinggi seperti psikiater. Diprediksi juga kedepan akan bisa menggunakan robot synths ini sebagai robot yang mengoperasi manusia.

Humans

Cerita dimulai saat sebuah robot Synth dengan paras cantik bernama Anita (Gemma Chan) dibeli oleh Joe Hawkins (Tom Goodman-Hill) untuk membantu urusan rumah tangga keluarganya.
Joe Hawkins merasa kewalahan mengurus rumah tangga seorang diri karena istrinya Laura Hawkins (Katherine Parkinson) tak kunjung pulang, dikarenakan perubahan jadwal pekerjaannya yang tak menentu sebagai seorang pengacara.
Dengan adanya Anita, Joe Hawkins merasa senang karena rumahnya menjadi rapih. Sarapan dan makan malam nikmat selalu tersedia, serta anaknya yang paling kecil Sophie Hawkins (Pixie Davies) ada yang menemani. Maklum kakak-kakak Sophie walaupun berada juga di rumah, seolah hidup dalam dunianya sendiri, terutama Mattie Hawkins (Lucy Carless) yang sangat cerdas dan senang mengamati serta mengulik dunia AI.

Baca Juga:  Patty Jenkins Memberi Sedikit Update Tentang Spin-off Wonder Woman Tentang Prajurit Amazon

Walaupun akhirnya Laura Hawkins merasa terbantu , namun instingnya merasakan sesuatu hal yang berbeda dengan Anita. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Mattie Hawkins, yang  memperhatikan adanya banyak kejanggalan pada Anita jika dibandingkan dengan robot synths lainnya.

Ternyata ada rahasia besar dibalik sosok Anita, yang melibatkan sekelompok orang mencarinya. Sekelompok orang yang merupakan pemilik dan teman lama Anita.
Alur cerita berikutnya berkembang menjadi isyu sosial yang saat ini memang sering dibahas juga,yaitu bagaimana jika AI yang mampu belajar sendiri ternyata menjadi memiliki kesadaran seperti manusia?

humans

Disinilah para penggemar sci-fi tentunya semakin penasaran dan alur cerita serial ini memang mampu memberikan kejutan-kejutan di akhir setiap episode, sehingga membuat penonton ingin
melanjutkan menonton untuk mencari jawaban dari kejutan-kejutan tersebut.
Laura Hawkins sendiri akhirnya memang mendirikan dan memimpin sebuah organisasi yang memperjuangkan hak para robot Synths.

Robot synth yang menjadi semakin menyerupai manusia dalam segala hal mulai tidak disukai oleh banyak orang, terlebih semenjak Mattie Hawkins terpaksa menyebarluaskan sebuah bahasa
pemrograman yang dimiliki oleh Anita dan teman-temannya, demi menyelamatkan Anita. Bahasa pemrograman tersebut telah ia sempurnakan dari pencipta awalnya, David Elster, kreator Anita dan beberapa robot synth yang menyerupai Anita.

Laura Hawkins berusaha membendung gelombang kebencian manusia pada robot Synths, yang dianggap bertanggung jawab akan terjadinya tragedi internasional, menyebabkan banyak sekali
manusia meninggal serta kehancuran skala internasional.
Mattie Hawkins yang terus menerus diliputi perasaan bersalah pun terlihat mengalami konflik emosional yang tinggi, terlebih lagi ternyata ia pun menjadi salah satu kunci utama yang mampu
menjembatani antara manusia dan robot synths.

humans

Serial Humans ini terasa dekat dengan kondisi manusia saat ini, dikarenakan pesatnya kemajuan teknologi AI dan sebagaimana dipesankan oleh Albert Einstein kepada pemimpin dunia, yaitu kekhawatirannya pada potensi penyalahgunaan sains dan teknologi dengan cara-cara yang bisa membawa bencana bagi masa depan umat manusia.

Baca Juga:  Komik Pertama Batman Memecahkan Rekor Penjualan!

Serial Humans  mampu menyampaikan kekhawatiran ini dalam bentuk visual dan story telling yang memikat hati.

Penampilan Gemma Chan sebagai robot synths juga terlihat sangat nyata dan benar-benar membuat penonton percaya bahwa dirinya adalah seorang AI yang telah mengalami evolusi dan mampu membawa emosi penonton hingga titik akhir cerita.
Belum lagi pemenang BAFTA Awards, aktris Katherine Parkinson mampu menampilkan emosi dalam konflik dengan tingkat keragaman dan kedalaman masing-masing. Di suatu saat
penonton melihatnya sebagai ibu dan istri, di episode lain tampil cemerlang sebagai pengacara gigih pembela hak robot-robot synths .

Tentu saja tak dilupakan Lucy Carless, pemeran Mattie. Ia mampu menampilkan beragam akting menarik, diawali dari karakternya yang anti akan robot synths, menjadi yang menyukai dan membela mereka. Kekhawatiran Mattie tentang synths yang mengambil alih prospek masa depannya valid dan terjadi sekarang di seluruh dunia, sebenarnya merupakan cerminan dari rasa khawatir Albert Einstein.
Sayangnya perannya dalam serial ini seolah terputus dikarenakan serial ini hanya terdiri dari tiga episode saja, membuat para penggemar Humans mengharapkan masih ada episode kelanjutan serial ini.

humans

Bagi yang penasaran, sudah dapat menonton secara streaming di bioskop exclusive Mola TV, sebuah platform hiburan yang menyajikan berbagai konten eksklusif dan menarik, terdiri dari Mola Movies, Mola Living, Mola Sports, dan Mola Kids.

Paket langganan movie dari Mola TV tersedia mulai dari harga Rp 12.500,- Ada juga paket terbarunya adalah paket Mola TV HBO GO senilai Rp 65.000/bulan.




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.