Beberapa Hal yang Perlu Diketahui dari Liu Yifei, Pemeran Mulan

1291

Salah satu film produksi Disney yakni Mulan akan segera tayang pada 2020 mendatang. Film yang mengisahkan seorang pendekar wanita asal negeri tirai bambu bernama Hua Mulan ini merupakan versi live-action dari animasi Disney tahun 1998 dengan judul yang sama. Kisahnya merupakan adaptasi dari legenda Cina, Hua Mulan pada periode Dinasti Utara dan Selatan (420-589).

Aktris yang dipercaya untuk memerankan sang gadis pendekar ini adalah Liu Yifei (The Forbidden Kingdom, Outcast). Pada film besutan Niki Caro ini, Liu akan beradu peran dengan aktor-aktor Mandarin terkenal lainnya seperti Donnie Yen, Jason Scott Lee, dan Jet Li. Liu mungkin merupakan nama yang asing bagi beberapa orang yang jarang menonton film-film Mandarin. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai sosok Liu Yifei.

Nama Liu Yifei agak asing di Barat

Bagi masyarakat Barat, termasuk para fans Disney mungkin masih agak asing dengan nama Liu Yifei. Hal ini tak mengherankan, sebab Liu belum pernah mengambil peran dalam film-film Hollywood. Mungkin pamornya di Barat masih kalah tenar dengan Li Bingbing yang sudah seringkali muncul di layar Hollywood. Salah satu yang paling terkenal adalah perannya sebagai Ada Wong dalam Resident Evil: Retribution (2012).

Sedangkan Liu, jika dilihat dari daftar film yang pernah ia kerjakan, ia hanya sekali bermain dalam film non-Mandarin, yakni Outcast (2015) bersama Nicolas Cage dan Hayden Christensen. Namun di Cina, namanya sudah sangat terkenal.

Di China, Liu sangat popular

Berawal dari peran apiknya dalam film sukses The Forbidden Kingdom (2008), ia berhasil menuai ketenaran. Dalam film tersebut, ia memerankan Golden Sparrow dengan begitu badass. ia beradu peran dengan dua aktor besar Mandarin, yakni Jackie Chan dan Jet Li yang mana menjadi daya tarik terbesar film ini pada saat itu.

Baca Juga:  Jason Scott Lee akan Memerankan sosok Villain di Film Live Action Mulan

Di Cina, Liu dijuluki sebagai “Fairy Sisters” dan merupakan bagian dari “Four New Dan Actresses” yang merupakan julukan bergengsi di negeri tirai bambu. Perlu diketahui “Four Dan Actresess” merupakan julukan bagi empat aktris terlaris di tanah Tiongkok pada awal 2000-an, mereka adalah Zhang Ziyi, Zhao Wei, Zhou Xun, dan Xu Jinglei. Liu Yifei masuk sebagai “Four Dan Actresess” generasi baru pada 2009 bersama Yang Mi, Huang Shengyi, dan Wang Luodan.

Liu mengalahkan hampir 1000 aktris kandidat pemeran Mulan

Berdasarkan The Hollywood Reporter, Liu Yifei berhasil menang dalam perebutan tempat untuk mengisi peran Mulan. Ia berhasil menumbangkan hampir 1000 kandidat dari lima kontingen untuk peran Mulan. Liu memenuhi syarat untuk memerankan Mulan yakni seorang wanita asli Cina dengan kemampuan beladiri, kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dan berkualitas bintang.

Persyaratan di atas tentu dipenuhi dengan baik oleh Liu yang merupakan hasil didikan Beijing Film Academy. Ia juga tidak asing dengan beladiri Wuxia, dan tentunya dalam berbahasa Inggris, ia sukses melakukannya dengan apik di film The Forbidden Kingdom pada sepuluh tahun lalu yang berhasil melambungkan namanya. Patut ditunggu!

*Kontributor: Andy Alwan




Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.