Google Memberi Penghormatan Kepada Tyrus Wong, Kreator Bambi

589

Selama beberapa dekade, penggemar film terpikat oleh gaya visual kartun Bambi tanpa mengetahui sumber aslinya. Tidak banyak diketahui orang, penampilan mencolok klasik tahun 1942 ini diciptakan oleh Tyrus Wong, seorang seniman Asia-Amerika yang mendapat inspirasi dari lukisan lanskap dinasti Song ketika ia menciptakan warna-warna pastel sebagai background lukisan film.

Salah satu seniman Asia-Amerika paling terkenal pada abad ke-20, Wong menciptakan beberapa gambar yang paling dikenal dalam budaya Amerika selama karirnya. Dia bekerja sebagai ilustrator kartu ucapan untuk Hallmark Cards, seorang juru mural untuk Works Progress Administration, dan bahkan seorang desainer layang-layang.

Untuk kontribusi yang dia buat yang awalnya tidak dicatat dengan baik, Google menghormati Wong dengan video doodle pada hari ulang tahunnya yang ke-108, Kamis ini. Wong, pada awalnya dipercaya sebagai salah satu dari beberapa artis latar belakang untuk film tersebut, meskipun ia sebenarnya berperan besar sebagai seniman utama dalam proyek tersebut – suatu kontribusi yang tidak sepenuhnya diakui selama beberapa dekade.

Tak lama setelah menyelesaikan pekerjaannya di Bambi, Wong dipecat pada tahun 1941 oleh Disney setelah pemogokan karyawan pada awal tahun itu – meskipun dia telah memilih untuk tidak bergabung dengan para pemogok. Dia kemudian bekerja sebagai ilustrator di Warner Bros. Studios selama 26 tahun.

Selama waktunya di Warner, Wong juga bekerja di beberapa film Hollywood baik sebagai desainer set atau storyboard artist. Beberapa film terkenal yang ia garap termasuk Rebel Without A Cause tahun 1955, The Great Race tahun 1965, dan The Wild Bunch tahun 1969.

Wong berimigrasi ke AS dengan ayahnya pada tahun 1920 pada usia 9 tahun, tidak pernah melihat ibu atau saudara perempuannya lagi. Ayahnya adalah guru seni pertamanya yang mengajari Wong seni kaligrafi di malam hari. Tapi mereka terlalu miskin untuk membeli tinta, jadi Wong malah melukis dengan air di koran.

Baca Juga:  Rogue One Hadirkan Deretan Poster Karakter Keren

Dengan bantuan beasiswa, Wong belajar di Sekolah Tinggi Seni dan Desain Otis, lulus pada tahun 1932 di puncak Depresi Hebat. Seperti banyak artis lain, termasuk Jackson Pollock, Wong menemukan pekerjaan di WPA, lukisan mural untuk gedung perpustakaan dan gedung-gedung pemerintah sebelum pergi bekerja untuk Disney pada tahun 1938.

Pekerjaan Wong di Disney dimulai setelah Walt Disney mengunjungi sebuah restoran Cina di Chinatown LA untuk makan dan melihat lukisan dinding Wong di sana. Pada tahun 2001, sebagai pengakuan atas karyanya di Bambi, Wong dinobatkan sebagai Legenda Disney dan dihormati sebagai salah satu orang yang telah membuat dampak signifikan pada warisan Disney. Ia meninggal pada tahun 2016 di usia 106.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.