Filmmaker India Mengembalikan Penghargaan yang diberikan Pemerintah

792

Sebagai bentuk protes atas pembunuhan Malleshappa Kalburgi, sejumlah filmmaker di India mengembalikan kembali plakat penghargaan yang telah diberikan oleh pemerintah India. Para filmmaker ini mengikuti jejak para penulis di India yang sebelumnya telah mengembalikan penghargaan yang diberikan pemerintah India juga.
Aksi ini muncul setelah terjadinya pembunuhan terhadap Malleshappa Kalburg, seorang akademisi terkenal di India yang diduga dibunuh karena komentarnya yang dianggap menyerang sebuah kelompok agama tertentu di India. Malleshappa Kalburg dibunuh oleh tiga orang tak dikenal saat berada di rumahnya. Pembunuhan ini kemudian mendapatkan banyak kecaman dari berbagai kalangan di India.

Kecaman juga datang para penulis dan penggiat film di India yang memprotes pemerintah akan kurangnya kebebasan berbicara di sana. Anand Patwardhan dan Dibakar Banerjee adalah dua sutradara yang juga terlibat dalam aksi ini. Anand Patwardhan adalah seorang sutradara yang sering membuat film dokumenter sedangkan Dibakar Banerjee merupakan sutradara yang dikenal dengan film Shanghai.
“Sebagai warga negara biasa yang tidak percaya akan perjuangan bersenjata: ini adalah senjata protes kami,” ungkap Patwardhan.
 
 

Baca Juga:  Concept Art Mechagodzilla Ini Ungkap Detail Tampilan dari Robot Monster Tersebut di Godzilla vs. Kong



Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.