Film Robot Raksasa Terpopuler di Jagat Sinema

2154

Robot-robot raksasa mungkin sangat populer di ranah serial kartun dan anime, tetapi jika ditelusuri, sejatinya sangat jarang di film. Berkenaan dengan dirilisnya trailer film live action dari karakter mecha (robot raksasa: bahasa Jepang-red) populer legendaris Voltes V beberapa waktu lalu, berikut ini deretan film robot raksasa paling populer  yang pernah hadir di jagat sinema hingga sekarang.

 

Transformers

Diangkat dari serial animasi yang awalnya diperuntukkan untuk memasarkan seri mainan robot produksi Hasbro bertajuk sama. Sejak awal pertama kemunculan film live action pertamanya di tahun Transformers merupakan franchise film robot raksasa yang paling sukses dari segi raihan komersialnya. Saga film live action tentang perang besar berkepanjangan antara dua kubu robot asal luar angkasa yang saling berseteru ini: Autobot dan Decepticon hingga sekarang sudah mencapai total lima film dan satu buah spinoff, serta tidak menutup kemungkinan masih akan bertambah di masa depan. Tokoh robot ikonik di saga ini antara lain Optimus Prime, Bumblebee, dan Megatron.     

Godzilla vs. Mechagodzilla

Franchise Godzilla memiliki pesaing lain untuk dapat bercokol di daftar ini, namun apa yang dihadirkan di sini menjadikan film ini sangat layak. Godzilla vs Mechagodzilla berkisah tentang kehadiran robot raksasa berwujud Godzilla namun terbuat dari metal. Robot ini usut punya usut adalah senjata pemusnah massal buatan kaum alien yang berniat menginvasi Bumi secara diam-diam. Punya kekuatan dahsyat, Mechagodzilla terbukti menjadi lawan yang sangat tangguh bagi Godzilla, hingga mengalami luka parah saat menghadapinya. Film ke-14 dari franchise Godzilla ini mendapat sambutan hangat hingga dibuatkan beberapa cerita  lanjutannya, The Terror of Mechagodzilla, Godzilla vs Mechagodzilla II, dan versi rebootnya yang berjudul Godzilla Against Mechagodzilla.    

Iron Giant

Baca Juga:  Channing Tatum akan Kembali Sebagai Mike Lane di Magic Mike 3

 

Film animasi produksi Hollywood ini kisahnya diadaptasi dari novel berjudul The Iron Man. Film ini mengisahkan tentang kisah persahabatan yang terjalin antara seorang bocah laki-laki dengan robot raksasa pemakan besi berukuran 50 kaki yang asal usulnya misterius, yang dalam satu kesempatan secara tidak sengaja ditemuinya. Film yang mengetengahkan setting tahun 1950an saat masa perang dingin antara Amerika dan Uni Sovyet (sekarang Rusia-red) itu hingga sekarang menjadi salah satu film animasi modern produksi Warner Bros paling signifikan.    

Pacific Rim

Mengisahkan tentang kisah perjuangan umat manusia dalam menghadapi invasi alien yang mengirim monster-monster raksasa (Kaiju). Untuk mengatasinya, diciptakan beberapa Jaeger, robot berukuran raksasa yang membutuhkan dua pilot dengan sinkronasi tinggi satu sama lain untuk mengendalikannya. Film yang lahir dari buah pikiran Travis Beacham dan Guilermo del Toro ini merupakan homage untuk genre kaiju, mecha, dan anime serta seakan menjadi jawaban bagaimana seandainya film animasi mecha jika diadaptasi ke format live action. Sangat menghibur dan memuaskan terutama dari segi visualnya, film ini kemudian mendapatkan sekuelnya yang berjudul Pacific Rim: Uprising.    

Evangelion 1.0 You Are (Not) Alone

 

Sangat tidak mungkin untuk membuat daftar film tentang robot raksasa tanpa menyertakan Evangelion. Secara garis besarnya, film ini memiliki plot yang sama dengan apa yang dihadirkan di diversi serialnya, yakni tentang sepak terjang seorang pemuda bernama Shinji Ikari dan beberapa rekannya menjadi pilot dari para robot raksasa yang disebut unit Evangelion untuk memerangi invasi makhluk-makhluk raksasa yang misterius. Versi film layar lebar Evangelion ini hingga saat ini total tiga film, dua lainnya adalah Evangelion: 2.0 You Can (Not) Advance dan Evangelion: 3.0 You Can (Not) Redo. Sejatinya masih ada lagi satu film yakni Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time yang sedianya rilis pada 23 Januari nanti, namun kabarnya karena dampak pandemi Covid-19, ditunda perilisannya untuk waktu yang belum ditentukan.      

Baca Juga:  Motion Poster dari Scream Kembali Mengingatkan Teror Mematikan dari Ghostface




Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.